4 Hal Yang Menarik di Pantai Tanjung Aan Lombok

 info wisata

Siapa tak pernah dengar Pulau Lombok? Terletak dekat dengan Pulau Bali dan menjadi bagian dari Provinsi NTB, pulau ini menawarkan sejuta pesona bagi para wisatawan dan salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan Lombok. Yang menarik, pantai ini berdekatan dengan pantai terkenal di Lombok bernama Kuta. Wajar bila Anda wajib mengunjungi keduanya karena memang menjadi satu paket ketika berkeliling pulau surgawi ini. Satu hal yang membedakan Tanjung Aan dengan Kuta adalah suasana yang lebih sepi dan minim pengunjung. Otomatis, Anda bisa memanfaatkan suasana tersebut untuk bersantai dan melepas penat karena kesibukan sehari-hari.

Suasana di Pantai Tanjung Aan Lombok

Dengan garis pantai hanya sepanjang 1 km, Tanjung Aan cocok untuk menikmati liburan damai baik itu untuk seorang diri maupun bersama keluarga maupun teman. Fitur laut yang menjorok ke daratan membuat ombak disana amat aman untuk berenang, baik itu untuk dewasa maupun anak-anak. Asal berenang tidak terlalu jauh ke tengah, siapa saja bisa menikmati aktifitas tersebut dengan aman. Fitur unik lain adalah adanya dua bukit karang yang mengapit pantai ini, menjadikannya terlihat tersembunyi dan teduh. Mengenai pengunjung, hanya segelintir turis lokal dan beberapa turis asing terlihat terutama ketika musim liburan tiba (meski tidak seramai Pantai Kuta Lombok).

Menikmati Wisata di Pantai Tanjung Aan Lombok

Bagi pengunjung yang belum pernah atau ingin ke pantai ini, mungkin agak sedikit kebingunan seputar hal menarik apa yang bisa dilakukan disana. Karena terkenal dengan suasana tenang dan ombak yang damai, hal paling populer untuk dilakukan tentu saja relaksasi. Anda cukup bersantai di bibir pantai atau bahkan berjemur diatas pasir merica (julukan yang diberikan warga lokal untuk pasir pantai disana). Jika masih kurang, Anda bisa bermain air dan berkeliling pantai / “beach walking” bersama keluarga atau teman-teman.  Saking tenangnya, tak banyak wisatawan terlihat sehingga Anda serasa liburan di pantai pribadi. Hal menarik kedua untuk dilakukan di Pantai Tanjung Aan Lombok adalah berenang. Ombak yang tenang dan air laut yang hangat membuat aktifitas berenang amat aman dan nyaman bagi siapa saja. Tetap saja Anda tidak boleh gegabah ketika berenang dan jangan biarkan anak Anda melakukan aktifitas tersebut sendirian. Sebagai alternatif, terdapat spot berenang unik disekitar pantai yaitu kolam karang yang terbentuk karena proses abrasi. Tempat terbaik berenang disana adalah ketika air pasang! Tak perlu khawatir, jika kesulitan menemukan lokasinya, Anda bisa menyewa guide atau orang lokal dengan harga terjangkau.

Wisata Lombok – Hal ketiga yang wajib dilakukan di Pantai Tanjung Aan adalah trekking! Mungkin terdengar aneh kenapa Anda melakukan trekking di kawasan panta, benar kan? Namun faktanya kehadiran dua bukit di sekitar pantai tersebut memikat pengunjung yang hobi berpetualang. Hanya perlu beberapa puluh menit untuk sampai ke puncak bukit dan suasananya amat nyaman, dikelilingi pohon lebat dan suasana dingin (terutama di pagi hari). Dari puncak bukit, pemandangan pantai dan laut terlihat jelas! Pastikan untuk membawa kamera dan mengambil beberapa foto alam ataupun selfies ketika berada disana. Jangan lupa juga untuk mengenakan alas kaki nyaman dan bekal minum maupun snack.  Hal keempat yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Aan adalah menikmati indahnya sunset di senja hari. Suasana syahdu dan romantis muncul ketika matahari mulai terbenam perlahan dan tertutup bukit dari kejauhan. Tidak perlu diragukan, Anda bisa membawa pasangan dan menikmati suasana menakjubkan tersebut. Meskipun tergolong sepi, terdapat beberapa penjual souvenir dan snack di sekitar pantai serta toilet dan fasilitas-fasilitas sederhana lain.