Ultimate magazine theme for WordPress.

Pesona Air Terjun Tiu Kelep Lombok Yang Memukau

Berlibur ke Lombok memang memberikan pengalaman tersendiri dengan banyaknya potensi wisata yang ditawarkan. Anda bisa menikmati suasana berlibur di pantai, pegunungan hingga wisata budaya. Pada kategori wisata alam pilihannya pun sangat beragam. Selain pantai dan gili yang sudah banyak dikunjungi, wisata air terjun juga cukup menarik untuk dilirik.

Ada banyak air terjun di kawasan kaki Gunung Rinjani, salah satunya Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun ini merupakan air terjun yang cukup terkenal selain Air Terjun Sendang Gile yang sama-sama berlokasi di kawasan kaki Gunung Rinjani. Di lokasi air terjun ini Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih alami lengkap dengan kesegaran air terjun yang mengalir dari sumber air di Gunung Rinjani.

Lokasi Air Terjun Tiu Kelep dan Aksesnya

Air Terjun Tiu Kelep tepatnya berlokasi di Desan Senaru yang masuk di wilayah administratif Kecamatan Bayan di Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini berada di jalur pendakian yang menuju ke puncak Gunung Rinjani, sehingga lokasi ini bisa dikunjungi sembari menempuh perjalanan mendaki.

Apabila Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, Anda bisa mencapainya dengan menempuh perjalanan melalui jalur pesisir barat ataupun melalui jalur Lendang Bajur. Jalur pesisir barat bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Sementara itu jalur Lendang Bajur bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum melalui daerah hutan Baun Pusuk dengan lama perjalanan sekitar 2,5 jam.
Sesampainya di pintu gerbang lokasi wisata ini Anda bisa menuju air terjun dengan berjalan kaki melalui rute yang sudah disediakan. Pada jaur ini Anda akan menyusuri anak tangga dan jalan setapak yang memang dibuat untuk mempermudah wisatawan. Air terjun ini bisa dicapai dengan perjalanan kurang lebih 40 menit menembus hutan serta menyusuri sungi di dalam hutan. Jika Anda menyukai medan yang lebih menantang, Anda bisa mengambil jalur melalui saluran irigasi. Rute ini menyajikan pemandangan alam yang lebih indah.

Fakta Menarik Tentang Air Terjun Tiu Kelep

Setelah sampai di lokasi Air Terjun, Anda akan disuguhi pesona alam yang sulit ditemukan di perkotaan. Rindangnya pepohonan, gemericik air dan kesegaran udara akan melepas seluruh lelah perjalanan yang telah Anda tempuh. Berikut ini ada beberapa hal menarik tentang air terjun di Lombok Utara ini yang perlu Anda ketahui :

  • Air terjun ini memiliki kontur bertingkat-tingkat yang semakin menambah keindahannya.
  • Aliran air tidak terlalu deras dengan ketinggian kurang lebih 42 meter.
  • Ada mitos yang percaya bahwa membasuh wajah dengan air dari air terjun akan membuat awet muda
  • Di bagian bawah air terjun terdapat bentukan kolam alami yang tidak terlalu dalam, cocok untuk berenang santai.
  • Nama Tiu Kelep diambil dari kata “tiu” yang artinya kolam renang dan “kelep” yang artinya terbang.

Tips Liburan ke Air Terjun Tiu Kelep

Sebelum berangkat berlibur ke air terjun yang satu ini, ada beberapa tips yang mungkin akan sangat berguna untuk mempersiapkan liburan sempurna Anda, yaitu :

  • Hindari berkunjung pada musim hujan
    Pada musim hujan aliran air akan lebih deras dari biasanya dan ada risiko banjir yang bisa datang sewakti-waktu. Sebaiknya jangan berkunjung pada musim hujan untuk keselamatan diri Anda dan rombongan.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan lingkungan
    Jangan rusak apapun yang ada di alam dan biasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Lokasi yang masih alami di kawasan air terjun ini perlu dijaga dengan baik.
  • Siapkan pakaian ganti
    Sebaiknya bawa pakaian ganti yang cukup agar Anda dapat bebas bermain air sepuasnya di lokasi air terjun.
  • Bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup
    Di lokasi ini tidak terdapat pedagang makanan dan minuman, maka bawalah perbekalan Anda dengan jumlah yang cukup.

Ulasan tadi semakin membuat Anda penasaran bukan? Segera rencanakan liburan Anda ke Air Terjun Tiu Kelep untuk dapat menikmati keindahannya secara langsung. Dari beberapa tips liburan tadi yang paling penting siapkan kondisi fisik Anda agar dapat menikmati liburan dengan lebih maksimal.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp