Ultimate magazine theme for WordPress.

Gili Nanggu Surga Tersembunyi di Pinggir Lombok Barat

Pulau Lombok menyimpan berbagai keindahan alam yang mungkin Anda baru pertama kali mendengarnya. Salah satu daya tarik dari Pulau Lombok adalah pulau-pulau kecilnya yang disebut dengan gili. Mungkin banyak wisatawan yang lebih mengenal trio Gili yang paling terkenal di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Namun, di samping ketiga Gili tersebut, Pulau Lombok masih menyimpan banyak gili yang lebih indah. Nah, salah satu gili yang menjadi rekomendasi destinasi wisata baru adalah Gili Nanggu.

Gili Nanggu terletak di pesisir barat pulau Lombok tepatnya di wilayah kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Untuk bisa mencapai pulau kecil ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 27 km dari kota Mataram menuju pelabuhan Lembar. Dari pelabuhan, Anda bisa menyewa kapal cepat (speed boat) untuk menyeberang laut selama 35-45 menit. Selain dari pelabuhan Lembar, Anda bisa menyewa kapal lokal milik para nelayan di daerah Tawun, Sekotong.Wilayah ini terbilang lebih dekat dari Gili Nanggu, hanya 15 menit berlayar. Sekotong bisa Anda capai dengan berkendara sepanjang 47 km dari kota Mataram atau 45 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Menikmati Keindahan Wisata Air di Gili Nanggu

Gili Nanggu
Wisata Gili Nanggu Lombok

Gili Nanggu memiliki luas pulau sekitar 12.5 hektar yang dikelilingi oleh hamparan pantai pasir putih. Ukuran pulau yang cukup kecil ini membuat Anda bisa coba mengililingi pulau dalam waktu sebentar sekitar 20 menit saja dengan berjalan kaki. Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor sama sekali. Hanya ada sepeda yang bisa disewa untuk berkeliling pulau. Sesampainya di Gili Nanggu, Anda akan disambut dengan keindahan panorama pulaunya yang indah.

Hamparan pasir putih akan segera menyambut Anda, bertemu dengan biru dan jernihnya air lautnya. Saking jernihnya, Anda bisa melihat dengan jelas batu-batu karang di bawah air. Pulau ini terhitung masih sepi dari para wisatawan. Jadi, berwisata ke Gili Nanggu cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan di tengah pulau yang sepi. Atau, Anda bisa memilih Gili Nanggu sebagai destinasi bulan madu bersama pasangan.

Tidak hanya menikmati keindahan pantai, Anda bisa menghabiskan waktu di sini dengan bermain wisata air lainnya. Agenda wajib saat ke Gili Nanggu adalah snorkeling dan diving. Biota bawah laut di Gili Nanggu masih sangat terjaga terutama di bagian timur dan selatan pulau.Ada beragam jenis ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar pulau. Selain itu, masih banyak terumbu karang indah yang jadi tempat para ikan bersembunyi.

Ketika snorkeling atau diving, sangat disarankan untuk membawa remah-remah roti di dalam botol. Ketika disebar ke laut, ikan-ikan akan segera menyerbunya. Momen berenang bersama ikan-ikan ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto yang apik. Selain itu, Gili Nanggu juga dijadikan tempat konservasi penyu sejak 1995. Jadi, jika beruntung Anda juga bisa berenang bersama para penyu. Jika bosan bermain di bawah air, Anda bisa menyewa kano. Ombak di Gili Nanggu sangat tenang sehingga Anda bisa mendayung berkeliling pulau dengan nyaman sembari menikmati segarnya angin pantai.

Mencari Fasilitas Umum di Gili Nanggu

tempat wisata Lombok Barat
Pantai Gili Nanggu

Apakah satu hari tidak cukup untuk menikmati keindahan Gili Nanggu? Jika iya, maka sebaiknya Anda bermalam di pulau ini. Walaupun Gili Nanggu memiliki ukuran pulau yang kecil, namun sudah tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap seperti tempat makan, toilet, hingga kamar untuk menginap. Sayangnya, hanya ada satu pengelola yang menyewakan tempat menginap jadi sebaiknya Anda reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan kamar. Pengelola tunggal ini membuat tidak ada pedagang lain yang memenuhi lokasi sehingga masih sangat terjaga keasriannya. Jadi, Anda bisa bersantai dengan tenang seakan sedang berada di pulau pribadi.

Jika Anda mengambil paket wisata ke Gili Nanggu, biasanya Anda akan ditawarkan mengambil paket lengkap dengan mengunjungi gili lainnya. Ya, di sekitar Gili Nanggu masih ada gili lain seperti Gili Kedis, Gili Sudak, dan Gili Tangkong. Jangan khawatir kecewa karena semua gili ini mempunyai keindahan yang sama seperti Gili Nanggu.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Gili Nanggu yang sayang jika Anda tidak kunjungi, karena keindahan dari gili ini harus diacungi jempol. Ayo buruan berwisata ke pulau Lombok dan rasakan sendiri bagaimana indahnya pulau Lombok.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp