Ini dia 7 oleh-oleh khas Lombok yang wajib untuk dibeli

 info wisata

Biasanya jika anda berwisata oleh-oleh adalah ‘pajak’ khusuS yang biasa diminta oleh sanak keluarga, teman ataupun tetangga bukan? Bukan berwisata jika anda tidak membawakan mereka oleh-oleh sebagai bukti. Lombok memiliki berbagai oleh-oleh yang harus anda beli untuk orang-orang tersayang anda. Bukan hanya makanan, barang berupa kain pun merupakan oleh-oleh khas Lombok yang harus anda beli.

Oleh-oleh Lombok berupa makanan dan minuman

Desa Banyumulek

Desa Banyumulek

1. Dodol rumput laut
Dodol rumput laut adalah salah satu makanan yang biasa dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Dodol ini terbuat dari rumput laut yang kaya akan serat dan baik untuk pencernaan. Rasanya yang beragam membuat dodol ini pun memiliki aneka warna. Oleh-oleh mudah ditemui bahkan hampir di setiap pantai yang terkenal dikalangan wisatawan, akan ada banyak yang menjual dodol rumput laut ini.
2. Madu Lombok
Madu Lombok adalah salah satu oleh-oleh yang menyehatkan. Madu Lombok ada yang berwarna keemasan dan putih. Juga ada madu rempah yang sudah dicampur dengan rerempahan membuat madu ini semakin berkhasiat. Sebenarnya madu Lombok dan madu Sumbawa itu hanya berbeda tempat pengambilannya saja. Namun keduanya tetap memiliki khasiat yang sama tingginya.
3. Permen susu kuda liar
Permen susu kuda liar ini terbuat dari bahan alami yang hanya bisa anda dapatkan di Sumbawa. Rasanya manis dan gurih berhasil mengambil banyak perhatian wisatawan. Kemasannya yang transparan dan rasanya yang unik menjadikan permen susu kuda liar ini wajib untuk anda jadikan oleh-oleh.
4. Tuak manis Lombok
Tuak manis adalah minuman yang banyak disukai wisatawan karna rasanya yang manis dan menyegarkan. Jika anda berkunjung ke pulau gili maka minuman ini akan mudah ditemukan. Namun, jika anda hendak menjadikan tuak manis sebagai oleh-oleh sebaiknya pastikan minuman ini tidak ditinggalkan lebih dari semalam karna bisa memproduksi alkohol yang memabukan.
5. Peyek kangkung rumput laut
Peyek kangkung rumput laut ini memang sangat bermanfaat. Vitamin yang terkandung dalam kangkung dan serat rumput laut bisa dijadikan satu dalam cemilan yang renyah ini. Tentu makanan ini wajib anda beli sebagai cemilan pun oleh-oleh.

Oleh-oleh berupa barang

Wisata Ibu Mailani & Rekan mengunjungi wisata suku sasak Lombok, Melihat Hasil Tenun Khas Lombok

1. Kain tenun
Kain tenun merupakan salah satu oleh-oleh khas Lombok yang sangat terkenal. Kain yang pembuatannya sulit ini memiliki berbagai motif dan jenis kain. Semakin bagus motif dan jenis kainnya harganya pun akan semakin naik. Anda bisa langung menyaksikan cara pembuatannya di desa sade.
2. Kain soket
Kain soket merupakan pakaian adat suku sasak. Pakaian ini berupa selendang, ikat pinggang atau bisa aksesoris lainnya. Untuk laki-laki biasanya hanya berupa ikat pinggang. Sedangkan untuk wanita sebagai aksesoris dengan baju utama serba hitam.
3. Mutiara
Oleh-oleh terakhir yang biasa dibeli wisatawan adalah mutiara. Lombok memiliki bahari yang sangat beragam pun menawan. Maka mutiara adalah sebuah hal lumrah untuk ditemukan bukan? Mutiara disini biasanya dijadikan aksesoris seperti gelang ataupun kalung. Jadikanlah oleh-oleh mewah ini sebagai hadiah bagi orang tersayang anda.

Itulah beberapa oleh-oleh khas wisata Lombok yang wajib anda bawa pulang untuk diberikan kepada orang tersayang.