Ultimate magazine theme for WordPress.

Keeksotisan dan Mitos Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep memeliki ketinggan 42 meter dan mempunyai beberapa tingkat. Air Terjun ini cukup deras dan besar dengan kolam untuk penampung di bawahnya tidak terlalu dalam hanya sekitar sepinggang orang dewasa saja. Dasar kolam yang tidak kasar dan datar memungkinkan para pengunjung untuk dapat berenang di kolam tersebut dengan nyaman. Menurud Mitos yang beredar dari penduduk sekitar seseorang yang  mandi di Kolam Air Terjun Tiu Kelep ini akan terlihat lebih awet muda.

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep berasal dari Bahasa Suku Sasak dan merupakan Bahasa sehari-hari masyarakat Lombok.“Tiu” mempunyai arti Kolam dan “Kelep” mempunyai arti Terbang. Nama Tiu Kelep bisa diartikan sebagai kolam tempat air-air berterbangan. Pada waktu tertentu, terbangan air tersebut dapat memunculkan pelangi di ujung air terjun yang menambah pemandangan menjadi indah.

air terjun tiu kelepAir terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, dan sumber airnya berasal dari Danau Segara anak dari Puncak Gunung Rinjani. Di kawasan Air Terjun ini terdapat dua Air Terjun lagi yaitu Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Batara Lejang. Posisi Air Terjun Tiu Kelep terletak diantara dua air terjun tersebut. Tingkatan pertama Dari air terjun ini yaitu dimana jatuhnya Air dari ujung Air Terjun Tiu Kelep ini melewati tebing miring yang berlumut hijau membentuk Air Terjun Sendang Gila, sedangkan yang kedua berada di hulu. Air Terjun Tiu Kelep ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Anda bisa menempuh dengan jarak sekitar 60 km dari Kota Mataram. Untuk bisa menuju ke Desa Senaru memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan pribadi dari Pusat Kota Mataram. Ada dua rute yang bisa anda lewati yang pertama melewati Pusuk atau melewati Pantai senggigi, karena tidak ada kendaraan umum desa yang langsung menuju Senaru, oleh sebab itu biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung lebih memilih untuk menyewa dari rental-rental mobil atau motor yang sangat banyak di temukan di Pusat Kota Mataram atau Cakranegara. Namun sayangnya akses jalan menuju air terjun yang terkenal dengan keindahannya ini masih kurang baik. Dengan menyusuri jalan setapak yang berbatu, menembus hutan, naik turun beberapa batu besar dan batang pohan yang berjatuhan, itupun belum sampai tujuan karena masih menyebrangi sungai yang berbatu licin dan mempunyai arus yang cukup keras.

Layanan Jasa Lombok Tour Plus

Nah, mungkin itu penjelasan dari saya mengenai objek wisata Air Terjun Tiu kelep, anda merasa tertarik untuk mengunjunginya bukan ? pastinya merasa tertarik setelah anda menyimak penjelasan dari objek wisata tersebut. Kami dari Lombok Tour Plus juga bersedia untuk menemani perjalanan wisata anda selama sehari mengelilingi objek wisata yang ada di Lombok dengan pelayanan dan fasilitas yang maksimal. Tunggu apalagi, silahkan berwisata ke Air Terjun Tiu Kelep, bukan cuma air terjun tersebut saja bahkan objek wisata lainnya yang ada di Pulau Lombok.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp