Keindahan Gili Trawangan di Pulau Lombok Yang Mampu Kalahkan Bali

 info wisata

Preferensi berlibur Anda mungkin berbeda dengan orang lain, namun tidak mungkin bisa menolak jika ditawari paket wisata ke pulau surgawi seperti Lombok bukan? Terdiri dari banyak pantai cantik dan banyak atraksi lainnya, Lombok siap memukau semua pengunjung. Salah satu pentolannya tidak lain adalah kepulauan Gili yang terletak tak jauh dari pulau utama. Kali ini Anda akan mengenal Gili Trawangan, pulau terbesar dan paling populer dibandingkan dari gugusan kepulauan Gili lain. Bahkan keindahan dan affordabilitasnya mampu mengalahkan pulau Bali!

Pulau Gili Trawangan Yang Bebas Polusi

Pesona wisata Gili Trawangan Lombok

Pesona wisata Gili Trawangan Lombok

Tidak seperti pulau utama (Lombok), Bali, maupun pulau-pulau tropis lain, Trawangan memiliki satu keunggulan tersendiri, yaitu tidak ada polusi maupun kemacetan sepanjang jalan. Ini karena warga lokal tidak memakai kendaraan bermotor sama sekali disana. Wajar bila Anda takkan menemui sepeda motor, mobil, maupun kendaraan bermesin lain. Terlebih, ada larangan untuk menggunakannya demi keasrian lingkungan dan menjaga kualitas udara di pulau ini. Namun tak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan kendaraan ramah lingkungan khususnya Cidomo (andong khas NTB) dan sepeda.

Hal paling indah yang ditawarkan pulau Gili Trawangan tidak lain adalah hamparan pasir putih di sepanjang pantai, yang nampak indah dan nyaman untuk keperluan bersantai. Selain itu, pantai-pantai eksotis siap menghipnotis Anda dengan warna air laut pirus serta ombaknya yang tenang. Terlebih, angin sepoi-sepoi serta hangatnya sinar matahari membuat suasana pantai amat nmat nyaman. Ada fakta menarik kenapa Anda perlu mengunjungi semua pantai disana, yaitu pilihan suasana berbeda karena beberapa pantai menghadap ke timur sedangkan yang lain menghadap ke barat! Jika Anda suka keramaian dan ingin melihat aktifitas nelayan, pergilah ke pantai bagian timur. Sebaliknya, jika ingin rileks dan menikmati suasana sepi, pantai-pantai barat merupakan pilihan terbaik.

Menikmati Ragam Keindahan Pulau Gili Trawangan

Jika berbicara mengenai wisata ke pulau Gili Trawangan, dua aktifitas seperti snorkeling dan scuba diving takkan terlewatkan. Pemandangan bawah laut sekitar pulau amatlah menakjubkan, dengan ragam binatang laut seperti penyu, gurita, ikan lionfish, ikan stong, dan lain-lain. Tidak perlu ahli untuk bisa ikut ambil bagian dari kegiatan menyenangkan ini. Pasalnya, ada kursus menyelam yang ditawarkan disana. Terlebih, ada banyak pilihan spot menyelam serta snorkeling berbeda, tergantung kemampuan dan level Anda.

Jika ingin snorkeling, ada beberapa layanan sewa peralatan dengan harga murah di sekitar pantai. Biasanya turis bisa menyewa selama setengah hari atau bahkan lebih. Pastikan tanya terlebih dahulu seputar harga dan lokasi snorkeling terbaik untuk Anda.

Setelah puas menikmati keindahan bawah laut pulau G. Trawangan, Anda bisa bersantai di sore hari sembari menyaksikan indahnya sunset! Spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam adalah bagian selatan pulau, karena memiliki landscape tinggi serta lokasi strategis. Namun bagian barat pulau juga tak kalah menarik karena terdapat beberapa warung kecil dan fasilitas lain.

Masih kurang? Setelah matahari terbenam, aktifitas disana justru semakin meriah dengan adanya warga lokal yang menjajakan makanan serta minuman khas pulau Lombok seperti sate Bulayak, nasi puyung, plecing kangkung, dan masih banyak lagi. Tempat terbaik untuk jajan kuliner adalah di dekat dermaga pantai. Biasanya warga sudah mulai berjualan pada sore hari, jadi siapkan uang Anda untuk menikmati santap kuliner disana.

Keunggulan lain yang dimiliki pulau Trawangan adalah penduduk yang bersahabat dan ramah terhadap turis. Bahkan mereka juga ramah terhadap turis asing, dan siap memberi bantuan seputar informasi wisata maupun keperluan lainnya. Mayoritas dari masyarakat tersebut bekerja sebagai nelayan dan pemandu wisata. Beberapa bahkan mengurus tempat penginapan dan siap membantu siapa saja yang ingin berkeliling pulau.

Setelah membaca informasi diatas, apakah Anda sudah siap berwisata ke pulau Gili Trawangan? Aksesnya pun cukup mudah karena hanya butuh waktu setidaknya 30 menit dari Pulau Bali (menggunakan pesawat). Sebagai alternatif, Anda bisa naik kapal yang butuh waktu sekitar 2-3 jam. Jika berangkat dari Pulau Lombok, Anda cukup sewa speedboat dari Pantai Senggigi. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada pasangan, keluarga, maupun teman Anda dan nikmati wisata menakjubkan bersama mereka!