Ultimate magazine theme for WordPress.

Liburan di Lombok Jangan Lupa Menikmati Kuliner Khasnya

Meski bisa dikatakan Lombok merupakan pulau yang kecil, namun pulau seribu masjid ini sangat kaya akan keindahan alam, tradisi, dan budayanya yang begitu unik. Tak sebatas itu kekayaan alam, tradisi, dan budaya, rupanya citarasa kuliner khas Lombok juga begitu kaya, gurih, dan menggoda. Sayang sekali jika Anda liburan di Lombok, tetapi tidak banyak mencicipi kuliner Lombok.

Lombok memang sangat cocok dijadikan tempat wisata kuliner Anda. Sebab, jenis kuliner di pulau seribu masjid ini bisa dikatakan sangat lengkap. Mulai dari maskan Indonesia hingga mancanegara. Mungkin ini semua karena banyaknya wisatawan mancanegara yang bertandang ke Lombok.

Namun, rasanya tentu ada yang kurang jika Anda tidak menyempurnakan liburan Anda di Lombok dengan mencicipi makanan khasnya yang terkenal memiliki citarasa luar biasa. Beberapa kuliner Lombok memang tersedia di beberapa tempat di Indoensia. Namun, dimana lagi akan Anda temui Sate Rembiga, Sate Bulayak, hingga Ayam Rarang, jika bukan di Lombok?

7 Rekomendasi Kuliner Saat Liburan di Lombok

Sebelum mencicipi kuliner khas Lombok, sebaiknya buatlah daftar kulinernya terlebih dahulu. Nah, berikut ini beberapa rekomendasikan kuliner favorit khas Lombok yang wajib masuk list Anda saat liburan di Lombok:

1. Ayam Taliwang
Warga Jakarta mungkin cukup sering menemukan makanan ini. Keberadaannya memang sudah tersohor di beberapa daerah selain Lombok. Asalnya, Ayam Taliwang dibuat di sebuah kampung bernama Taliwang. Orang-orang Taliwang membuat resep ayam secara turun-temurun dengan sambal khas yang mereka racik sendiri. Uniknya, Ayam Taliwang menggunakan ayam kampung berusia 3-5 bulan yang membuatnya begitu renyah hingga ke tulang.

2. Ayam Rarang
Berbeda dengan Ayam Taliwang, Ayam Rarang jarang ada di banyak kota. Ayam Rarang sangat terkenal di Lombok Timur. Rarang sendiri adalah tempat pertama kali kuliner ayam ini diperkenalkan.Ayam ini disajikan dengan bumbu segar pedas yang begitu menggugah selera.

3. Sate Rembiga
Ini dia kuliner yang Lombok banget. Sate Rembiga terkenal akan kegurihannya dan dagingnya yang empuk. Rembiga adalah nama salah satu kampung di Lombok tempat dimana sate ini dibuat secara turun-temurun. Konon, sate ini merupakan konsumsi khusus raja di masa lampau. Jika ingin tahu selera raja, cicipilah sate ini.

4. Sate Bulayak
Beralih ke Lombok Barat, jangan lewatkan Sate Bulayak. Biasanya bahan sate terbuat dari daging sapi, daging ayam, dan usus sapi. Bumbu satenya berbeda dari sate kebanyakan yaitu menggunakan kuah yang begitu segar. Salah satu kuliner khas Lombok ini banyak disajikan di beberapa destinasi wisata Lombok. Jadi, jika berkunjung ke Lombok Barat, Anda dapat dengan mudah menemukan keberadaannya.

5. Sate Tanjung
Anda pernah melihat bentuk Sate Lilit khas Bali? Ya, rupa dari Sate Tanjung hampir menyerupai Sate Lilit khas Bali. Namun, tentu berbeda citarasanya. Kuliner yang satu ini berbahan dasar Ikan Cakalang atau Langoan. Mulanya, makanna ini disajikan pada upacara keagamaan saja tau hajatan. Namun, kini Anda bisa menikmatinya kapan saja saat liburan di Lombok.

6. Plecing Kangkung
Masakan yang satu ini terdiri dari bahan baku, seperti tauge, kacang, kangkung tentunya, hingga tomat yang dirajik dengan sambal pedas yang khas. Plecing kangkung cukup mudah ditemui, bahkan hampir ada di setiap rumah makan. Karenanya, makanan khas Lombok ini wajib Anda cicipi.

Transportasi Saat Liburan di Lombok

Berwisata kuliner tentu butuh kendaraan, bukan? Lombok sendiri menyediakan banyak transportasi yang bisa digunakan untuk mengunungi tempat-tempat wisata tujuan Anda, seperti berikut:
• Angkot/Bemo
Bemo di Lombok melayani penumpang ke beberapa tujuan, seperti Mataram, Ampenan, Senggigi, dan Cakranegara dengan tariff sangat terjangkau.
• Ojek
Ojek paling banyak digunakan di Lombok, terutama pada malam hari. Karena Bemo hnaya beroperasi sampai sore hari.
• Cidomo
Cidomo merupakan angkutan tradisional Lombok sejenis dokar. Biasanya Cidomo kerap digunakan di beberapa tempat wisata, gili, dan pasar tradisional.
• Sewa Mobil/Motor
Bagi Anda yang ingin lebih leluasa bisa menggunakan mobil atau motor yang banyak disewakan di Lombok. Namun, jika ingin liburan ke Gili Air, Meno, dan Trawangan, Anda tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp