Ultimate magazine theme for WordPress.

Objek Wisata Masjid Kuno Bayan Beleq Lombok

Lombok tidak hanya memiliki pantai, gunung, dan pura. Di Lombok juga terdapat jejak penyebaran agama islam. Masjid Bayan Beleq adalah salah satu saksi penyebaran islam di Lombok, masjid ini memiliki bangunan yang unik sehingga di beri tittle “Masjid Kuno”  oleh warga setempat. Ukuran masjid ini cukup kecil, karena hanya berukuran 9 x 9 meter dengan dinding anyaman bamboo dan beralaskan dengan tanah liat yang di keraskan dan dilapisi oleh anyaman bambu. Atap dari masjid ini terbuat dari bilah-bilah bambu, dan pondasi masjid ini hanya menggunakan batu kali tanpa menggunakan semen.

Kontruksi masjid ini memiliki beberapa makna filosofi yang terdiri dari kepala, badan, dan kaki. Yang menggambarkan bahwa dunia atas, dunia tengah, dan dunia bawah merupakan satu kesatuan dalam entitas kosmos masyarakat Lombok Utara.

Lokasi Masjid Kuno Bayan Beleq

bayan beleqMasjid Kuno Bayan Beleq ini terletak di kecaman Bayan di Lombok Utara.Tepatnya terletak di perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kecamatan termasuk lokasi yang jauh dari kota Mataram. Oleh sebab itu, kecamatan Bayan masih cukup tradisional meskipun tidak berarti tertutup terhadap kehidupan modern. Bangunan rumah masyarakat Bayan masih mengikuti tradisi asli dari para leluhur mereka yang juga masih mirip dengan arsitektur masjid. Beberapa kebiasaan khusus mereka yaitu mengkonsumsi padi bulu yang diyakini sebagai padi pertama yang di tanam di sawah Bayan. Ada juga keyakinan jika warga tidak menanam padi jenis ini maka mereka akan mengalami gagal panen.

Sejarah Masjid Kuno Bayan Beleq

Wisata Masjid Bayan Beleq Masjid kuno ini didirikan sekitar 300 tahun yang lalu. Hingga saat ini siapa yang telah membangun ini belum jelas asalnya, ada beberapa sumber yang mengatakan masjid ini didirikan oleh seorang penghulu yang dimakamkan di komplek sekitar masjid yang dikenal dengan nama “Makam Titi Mas Penghulu”. Beberapa cerita juga menyebutkan bahwa Sunan Giri yang membangun karena telah diberikannya sepetak tanah kosong dari Raja Bayan. Walaupun sejarah pembangunannya masih simpang siur namun anda tidak akan kecewa setelah melihat keunikan dari Masjid Kuno Bayan Beleq.

Nama “Beleq” di masjid ini berarti “Makam Besar”. Ada sejumlah makam yang berada di sekitar masjid yaitu makam Gaus Abdul Rozak, yang diyakini sebagai penyebar agama islam di wilayah ini.Ada juga gubuk di sebelah kanan dan kiri masjid yang diyakini sebagai orang yang membantu pembangunan masjid tersebut dari awal.

Untuk para wisatawan yang akan mengunjungi Masjid Kuno Bayan Beleq ini harus menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola masjid  yaitu memakai baju adat sasak, seperti dodot dan sapuk. Komplek masjid ini banyak dikunjingi wisatawan saat perayaan hari Maultd Nabi Muhammad.

Nah, mungkin itu penjelasan dari saya mengenai objek wisata Masjid Kuno Bayan Baleq, anda merasa tertarik untuk mengunjunginya bukan ? pastinya merasa tertarik setelah anda menyimak penjelasan dari objek wisata tersebut. Kami dari Lombok Tour Plus juga bersedia untuk menemani perjalanan wisata anda selama sehari mengelilingi objek wisata yang ada di Lombok dengan pelayanan dan fasilitas yang maksimal.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp