Ultimate magazine theme for WordPress.

Sate Bulayak Khas Lombok Yang Gurih

Menikmati kuliner sate bulayak khas Lombok, memang kuliner lombok selalu menggoda para peminat kuliner Nusantara. Menonjolkan santan dan rasa pedas pada setiap kuliner yaitu ciri-ciri khas menu masakan yang di tawarkan oleh setiap pemilik warung sate bulayak di kawasan kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di beberapa sudut-sudut kota Mataram tidak akan sulit Anda menjumpai para penjual sate bulayak ini. Sate Bulayak merupakan Kuliner Lombok yang disajikan dengan sate dipotongan kecil di padukan lontong khas Pulau Lombok yang disebut Bulayak.

Keuliner Khas Lombok Yang Asli Pedas

sate bulayak lombok khas lombok
sate bulayak khas lombok

Dinamakan kuliner sate bulayak, karena kuliner sate ini di sajikan dengan lontong khas Pulau Lombok yang terbuat dari beras ketan. Lontong khas pulau tersebut bernama bulayak. Di sini adalah letak keunikan dari Sate Bulayak, di mana sate yang dijual itu, masih dipadukan dengan lontong bulayak, sehingga menjadi satu paket menu kuliner yang menggiurkan untuk Anda cicipi. Dagingnya biasanya terbuat dari daging sapi, dan ayam, atau jeroan yang telah ditusuki, jika telah di tusuk maka daging tersebut sudah siap untuk dibakar atau dipanggang hingga matang. Sate dilumuri dengan bumbu yang khas Pulau Lombok dan di sajikan dengan lontong atau bulayak. Bumbu yang terdiri dari kacang tanah ditumbuk dan direbus dengan santan dan berbagai bumbu dapur yang lain di padukan. Rasa dari bumbu Sate tersebut mirip dengan bumbu kari yang menonjolkan rasa pedas yang menjadi ciri khas menu masakan dari Pulau Lombok. Seperti sate pada umumnya, Sate Bulayak juga tersaji dengan berbagai cita rasa, sate usus, daging, maupun hati.

Bulayak Khas Lombok Yang Terbuat Dari Daun Aren

Bulayak tersebut sama dengan lontong, tapi lebih kecil dan tidak berbentuk yang mengerucut. Dibungkus juga tidak memakai daun pisang namun memakai daun aren yang di lilitkan berbentuk spiral, dan cara untuk membuka bulayak harus dengan memutar-mutarnya . Sensasi yang diberikan bulayak tersebut sangat beda, tekstur lontong yang lembut dan gurih (yang rasanya dikarenakan penggunaan daun aren sebagai bungkus bulayaknya) sungguh dapat di beri acungan jempol. Sekarang sate bulayak dapat dicocol dengan bumbu dari kacang sebagai bumbu satenya. Sate Bulayak khas Lombok banyak dijajakan diberbagai lokasi terutama di daerah obyek wisata. Akhirnya dapat menyantap kuliner Lombok sate bulayak sambil beristirahat memanfaatkan indahnya berbagai macam objek wisata di Lombok sungguh menyenangkan. Yang sangat populer tempat para penjual sate bulayak adalah terutama di kawasan nongkrong lesehan yang ada di sepanjang jalan Udayana di dekat bandara lama Selaparang, kota Mataram. Sebenarnya, perpaduan rasa pedas dengan santan, yang menjadi ciri khas sate bulayak, membuatnya banyak dicintai semua orang. Tidak sulit untuk mencarinya, dikarenakan banyak pedagang sate bulayak dapat Anda temui di wilayah sekitar Kota Mataram. Beberapa penjelajah makanan dan minuman mendirikan tenda-tenda di kawasan taman kota dekat jalan Udayana setelah jalan Sudirman. Jika ingin menikmati dan mencoba kuliner sate bulayak khas Lombok, langsung aja berkunjung ke pulau Lombok!!!

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp