Ultimate magazine theme for WordPress.

Tips Liburan Lombok Yang Wajib Anda Ketahui

Lombok adalah salah satu pulau yang cukup banyak diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini karena karakteristiknya yang sungguh berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Meski letaknya berada di dekat Bali, liburan Lombok menawarkan keindahan alam yang berbeda.

Pulau seribu masjid ini dianugerahi panatia indah dengan pasir berwarna putih bersih, ombak yang besar namun tetap tenang, hutan yang subuh, dan jalur pendakian yang tak kalah memukau. Maka, tak heran rasanya jika Lombok kini dijadikan destinasi wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, setiap tahunnya Lombok hampir tak pernah sepi disinggahi para pecinta wisata alam.

5 Tips Liburan Lombok yang Wajib Anda Ketahui

Bicara soal liburan Lombok, cukup banyak orang yang belum mengerti kondisi Lombok. Sebab, Lombok cukup berbeda dengan Bali. Agar perjalanan liburan Anda menyenangkan tanpa hambatan, sebaiknya perhatikanlah beberapa tips liburan di Lombok yang wajib Anda ketahui:

1. Hindari liburan akhir pekan
Lombok kini sudah lebih dipadati wisatawan dibandingkan dengan beberapa tahun silam. Karenanya, weekend akan menjadi waktu yang cukup ramai pengunjung. Selain ramai pegunjung, biaya transportasi dan akomodasi juga menjadi jauh lebih mahal. Bagi Anda yang memiliki budget liburan Lombok pas-pasan, baiknya pilih waktu antara Senin sampai Jumat untuk mengunjungi pulau ini.

2. Buat itinerary
Selalu rencanakan perjalanan Anda dan cari informasi sedetail mungkin, terutama bagi Anda yang baru pertama kali ke Lombok. Sebaiknya cari informasi di internet tentang lokasi yang menarik untuk dikunjungi dan jangan lupa untuk memperhatikan jaraknya. Apalagi, bagi Anda yang hanya memiliki waktu liburan singkat, karena harus memperhitungkan waktu agar efisien. Pilihlah tempat wisata dan kuliner yang berdekatan, untuk menghemat waktu.

3. Menyewa sepeda motor
Bagi Anda yang melakukan trip tanpa jasa travel-tour, baiknya menyewa sepeda motor. Selain praktis, transportasi ini cukup ekonomis. Terlebih, bagi Anda para solo traveler atau hanya melakukan perjalanan bersama teman. Dengan menggunakan sepeda motor Anda dapat dengan mudah menjangkau banyak tempat wisata di Lombok atau spot unik yang masih jarang dikunjungi para wisatawan lainnya. Apalagi, harga sewanya cukup terjangkau dibandingkan menggunakan transportasi lain.

4. Cara berpakaian
Usahakan untuk selalu berpakaian sopan menurut budaya setempat, terutama di tempat-tempat peribadatan, tempat yang dianggap suci, atau kantor pemerintahan. Pakaian yang bisa digunakan di tempat tersebut, misalnya seperti celana panjang, kemeja, rok sederhana, dan blus. Berpakaian yang terlalu terbuka hanya akan menimbulkan kontroversi pada masyarakat setempat. Hal ini karena mayoritas masyarakat Lombok masih memegang kental agama dan budayanya. Lepaslah sepatu di beberapa toko atau ketika memasuki rumah orang.

Selain itu, gunakanlah pakaian sederhana saja meski Lombok sebenarnya cukup terjaga keamanannya. Jangan memamerkan barang-barang berharga Anda ke muka publik. Hal ini akan dengan mudah mengundang anak-anak untuk mengemis pada Anda.

5. Gunakan tabir surya dan obat anti serangga
Matahari Lombok cukup menyengat pada saat tertentu, karenanya siap sedia selalu tabir surya agar kulit tidak iritasi. Siapkan pula obat anti serangga terutama ketika tidur dan di tempat-tempat yang terbuka menjelang musim hujan.

Kenali Iklim Lombok Sebelum Liburan Lombok

Lombok memiliki iklim yang tropis. Karena berada di daerah yang dikelilingi oleh pantai, hawa yang dirasakan cederung panas dan lembab. Di Lombok jarang terjadi hujan. Musim penghujan terjadi pada bulan Oktober-April, hujannya pun hanya satu sampai dua jam saja.

Hanya saja, Lombok pernah diteliti merupakan wilaah yang sensitive terhadap perubahan iklim. Hal ini pernah terjadi pada Desember 2007 saat terjadi kekeringan parah di Lombok. Padahal, seharusnya pada bulan tersebut terjadi curah hujan, jika melihat dari siklus normalnya. Namun, hijan tiba-tiba saja menghilang sama sekali dan muncul kembali pada bulan Februari.

Karenanya, Anda harus siap sedia apapun yang dibutuhkan untuk menghindari cuaca ekstrem ketika Anda berlibur ke Lombok. Sebelum berangkat, baiknya Anda periksa terlebih dahulu perkiraan cuaca pada aplikasi yang tersedia di smartphone atau langsung melalui website perkiraan cuaca. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempersiapkan kebutuhan saat jauh-jauh hari.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp