Ultimate magazine theme for WordPress.

Taman Narmada Wisata Alam Lombok yang Wajib Dikunjungi

Lombok tak melulu soal pantai. Terdapat salah satu destinasi wisata alam Lombok lainnya berupa taman yang sayang jika Anda lewatkan. Taman ini menyimpan sejarah unik yang patut diketahui banyak orang. Pemandangannya begitu indah, menyejukkan, dan sangat cocok dijadikan tempat berwisata Anda bersama keluarga. Taman ini adalah Taman Narmada.

Taman Narmada merupakan salah satu taman terbesar di Nusa Tenggara Barat. Letaknya kurang lebih 11 km dari timur Kota Mataram, tepatnya d Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Persis di seberang Pasar Narmada. Oleh Departemen Pendiidkan dan Kebudayaan setempat, Taman Narmada telah ditetakan sebagai cagar budaya, karenanya cukup banyak wisatawan yang mengunjungi taman indah ini.

Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini terdiri dari beberapa undak-undakan. Di dalam taman ini terdapat Pura Narmada, Bale Loji, Bale Terang, Bale Bandingah, Bale pamerajan, Telaga Padmawangi, Telaga Kembar, hingga mata air yang dianggap suci. Meski sudah mengalami beberapa kali pemugaran pada tahun 80-an, keaslian dari bentuk bangunan taman tetap dijaga. Salah satu bangunan yang kondisinya masih sangat terjaga adalah tempat peristirahatan raja, yaitu Bale Loji.

Sejarah Taman Narmada, Wisata Alam Lombok

Jauh sebelum tempat ini bisa dimasuki oleh banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, taman ini merupakan tempat sakral yang kerap disinggahi oleh raja. Taman Narmada sendiri memang sengaja dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 M. Taman sengaja dibentuk menyerupai Gunung Rinjani yang lengkap dengan Danau Segara Anaknya.

Raja memang sengaja membuatnya persis seperti Gunung Rinjani. Ia sengaja membawa nuansa Rinjani ke taman buatan tersebut. Hal ini karena pada masanya Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual pakelem ke puncak Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai angka 3.726 mdpl. Akhirnya Sang Raja memerintahkan seluruh arsitek terbaik milik kerajaan untuk membuat sebuah taman yang persis seperti keadaan Gunung Rinjani ke tengah pusat kota. Para arsitek kemudian menjadikan taman ini sebagai miniatur Gunung Rinjani. Semenjak itu, ritual yang diadakan pada bulan purnama kelima tersebut (disebut sebagai tahun caka) selalu dilaksanakan di Taman Narmada.

Nama Taman Narmada sendiri diambil dari nama anak Sungai Gangga, sungai suci di India. Nama Narmada berasal dari kata Narmanadi, yaitu anak nama sungai suci tersebut. Karenanya, taman ini dahulu juga memiliki nilai budaya yang sangat tinggi.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga di Taman Wisata Alam Lombok, Narmada
Kini, jauh setelah tahun dibangunnya, banyak wisatawan yang mengunjungi Taman Narmada untuk menapaki jejak-jejak sejarahnya. Anda yang berwisata ke Lombok bersama anak-anak, sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat wisata alam ini karena suasana yang begitu menyenangkan dan cukup aman untuk tempat bermain anak.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan jika Anda berkunjung ke Taman Narmada, yaitu sebagai berikut:

1. Bermain perahu dayung
Di taman ini terdapat kolam besar yang terdapat perahu dayung. Anda yang suka mendayung, bisa menaiki perahu yang memang disewakan. Kolam ini bisa menjadi alternatif bagi para wisatawan yang ingin bermain di air yang lebih tenang. Di atas kolam ini, terdapat wahana flying fox yang bisa Anda coba.

2. Melihat diorama budaya sasak
Salah satu yang menarik di taman ini, yaitu terdapat diorama budaya Suku Sasak, suku asli Lombok. Pada diorama ini disajikan pengetahuan yang menarik. Anda bisa melihat bagaimana pakaian asli suku sasak, bentuk rumah adatnya, bentuk bangunan rumahnya, senjata tradisionalnya, hingga beberapa peninggalan sejarahnya.

3. Sekedar duduk dan berfoto ria
Sekedar duduk-duduk dan berfoto ria bersama keluarga di sekitar taman pun rasanya sangat menyenangkan. Sebab pemandangan di Taman Narmada luar biasa indahnya. Anda juga bisa menaiki banyak anak tangga menuju ke Pura Narmada.

4. Mengunjungi mata air awet muda
Salah satu menjadi daya tarik dari taman ini adalah terdapat mata air yang dianggap suci. Terdapat dua mata air suci sebenarnya, mata air di dekat tempat peribadatan dan mata air suci yang dipercaya bisa membuat siapa saja yang membasuhkan airnya ke wajah, menjadi awet muda.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp
BBM