Wisata Bukit Malimbu Lombok – Tempat Terbaik Melihat Sunset

 info wisata

Salah satu alasan untuk melakukan wisata alam tidak lain adalah untuk menikmati pemandangan alam sekaligus hunting foto. Beruntung jika tujuan wisata Anda berikutnya adalah pulau Lombok, karena ada satu spot menarik untuk menikmati pemandangan alam luar biasa. Namanya adalah Bukit Malimbu, yang terletak di Kecamatan Batulayar. Lokasinya berada di Desa Malimbu dan termasuk dalam kawasan wisata Senggigi.

Sekilas Tentang Bukit Malimbu

Bukit Malimbu Lombok

Bukit Malimbu Lombok

Dari segi ukuran, bukit tersebut tidak begitu besar namun menawarkan pemandangan luar biasa dari ketinggian serta lanskap yang cantik. Tidak heran jika mayoritas pengunjung adalah mereka yang ingin bersantai sembari menikmati suasana alam serta mengambil beberapa foto untuk koleksi. Terlebih lokasinya cukup strategis dan berdekatan dengan pantai cantik bernama Senggigi. Bukit tersebut dapat ditemukan ketika Anda berkendara menuju Pelabuuhan Bangsal. Setelah menjumpai tanjakan, artinya Anda sudah berada dekat dengan lokasi wisata ini. Setelah sampai, Anda akan mendapat informasi bahwa ada dua bukit yang terletak berdekatan (Malimbu 1 & 2), dan keduanya menawarkan pemandangan yang berbeda. Namun pilihan kedua lebih populer dikalangan turis karena menawarkan view yang lebih cantik dan eksotis (terutama sunset). Meski demikian, bukan berarti Malimbu 1 tidak layak didaki.

Perlu diketahui bahwa wisata Malimbu sebenarnya merupakan spot tikungan kecil yang terletak di sebuah bukit. Artinya Anda tidak perlu mendaki atau hiking, karena lokasinya bisa Anda capai dengan kendaraan motor maupun mobil. Wisata Bukit Malimbu tergolong murah meriah karena turis tidak perlu membayar uang masuk untuk menikmati pemandangan luar biasa dari atas bukit. Namun Anda perlu siapkan uang guna membayar jasa parkir, terutama bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Setelah Anda mencapai ke spot terbaik untuk menikmati pemandangan, seketika itu juga pasti Anda akan berdecak kagum. Air laut dan garis pantai terlihat jelas dari sana. Selain itu, view lain yang ditawarkan adalah Pantai Malimbu, Pantai Senggigi, Pantai Gili, dan Gunung Agung! Bahkan pulau Bali terlihat juga dari kejauhan. Tidak ketinggalan juga hamparan pohon hijau rindang nampak jelas dari lokasi ini.

Menikmati Sunset di Bukit Malimbu

Ada satu tips penting untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan terbaik dari Bukit Malimbu. Ini mengenai waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi, yaitu saat sore hari sebelum matahari terbenam. Faktanya, spot tersebut menghadap ke Barat sehingga sunset akan tampak jelas dan indah dari sana. Saat matahari mulai terbenam, suasana romantis menyelimuti Malimbu dan beberapa pedagang semakin giat menawarkan dagangan mereka seperti souvenir dan perhiasan.

Selain menikmati pemandangan alam, Anda bisa bersantai bersama pasangan, teman, atau keluarga sembari minum air kelapa muda dan makan jajanan jagung bakar di lokasi tersebut. Suasananya hampir mirip dengan Bukit Bintang yang ada di Yogyakarta itu lho! Namun perlu diingat, jangan buang sampah sembarangan karena semua turis perlu menjaga keasrian tempat salah satu tempat wisata andalan Pulau Lombok ini. Sebelum malam semakin larut, sebaiknya segera kembali ke hotel atau tempat istirahat Anda. Ini karena jalan di sekitar Bukit Malimbu tidak memiliki penerangan yang baik. Bagi Anda yang berkendaraan pribadi, harap berhati-hati ketika ingin pulang. Perjalanan ini akan lebih aman dan nyaman jika Anda menyewa jasa taksi, meski harus keluar sedikit uang lebih banyak.

Jika masih kurang, Anda bisa menikmati wisata di Pantai Senggigi pada keesokan harinya. Karena Malimbu dan Senggigi terletak berdekatan, wajar bila keduanya masuk kedalam satu paket perjalanan wisata, dan wajib dikunjungi. Sekali lagi, Anda perlu menjaga kebersihan lingkungan pada kedua tempat wisata tersebut. Ide menyewa jasa pemandu wisata bisa dipertimbangkan, meskipun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Nah, bagaimana menurut Anda? Bukit Malimbu tentu menjadi daya tarik wisata unik untuk Anda ketika berkunjung ke Pulau Lombok. Aksesnya pun cukup mudah karena hanya perlu berkendara dari Kota Mataram selama 30 menit dengan jarak sekitar 24 km. Lokasinya berada di desa Malimbu, Kecamatan Batulayar. Bukit ini juga masuk dalam kawasan Lombok Barat, NTB. Satu lagi, jika berguna, Anda bisa bagikan informasi ini kepada rekan, keluarga, atau siapapun yang butuh referensi spot menarik di wisata Lombok.