Ultimate magazine theme for WordPress.

Destinasi Wisata yang Ada di Lombok Tengah

Terdapat banyak destinasi wisata yang ada di Lombok tengah yang begitu memukau. Kabupaten yang beribukota di Praya ini memiliki sejumlah destinasi wisata menarik. Selain kawasan pantainya yang juga memukau, di Lombok tengah Anda bisa berwisata sekaligus belajar mengenai kebudayaan asli Lombok dari suku asli Lombok, Suku Sasak.

Selain itu, destinasi wisata di Lombok tengah juga dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Bahkan, Lombok tengah bisa menjadi alternatif Anda yang memiliki waktu liburan singkat untuk berkunjung ke Lombok, karena destinasi wisatanya bisa dikunjungi hanya dalam hitungan hari. Hal ini karena jarak destinasi wisata di Lombok tengah memang berdekatan.

Desa Wisata yang Ada di Lombok Tengah

Terdapat dua objek desa wisata yang ada di Lombok tengah yang mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk dikunjungi. Keduanya penting menjadi itinerary Anda karena letaknya yang memang tak jauh dari bandara dan dapat ditempuh hanya dalam beberapa menit saja. Yuk, simak yang berikut!

1. Desa Sade
Desa Sade merupakan salah satu desa wisata adat di Lombok yang sering dikunjungi banyak wisatawan. Desa Sade sebenarnya merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Letaknya persis berada di pinggir jalan, Anda yang pernah berkunjung ke Kota Mataram tentu pernah melewati Desa Sade.

Desa yang dihuni oleh Suku Sasak ini terbentuk sejak ratusan tahun lalu dan hingga kini para penduduknya masih menjaga tradisi, serta budayanya. Yang menmbuatnya menarik adalah cara mereka membersihkan lantai rumahnya yang terbuat dari campuran kotoran kerbau dan air. Caranya yaitu dengan menggosoknya menggunakan kotoran kerbau dan sekam padi. Anda juga bisa membeli souvenir berupa kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

2. Desa Sukarara
Terletak tak jauh dari Desa Sade, terdapat satu desa wisata adat yang juga tak kalah menarik bernama Desa Sukarara. Desa Sukarara juga merupakan salah satu sentra kerajinan tenun tradisional atau songket Lombok. Di Desa ini, perempuan diwajibkan untuk bisa menenun. Hal ini jugalah yang menandakan kedewasaannya.

Selain membeli souvenir berupa songket, Anda juga bisa turut menenun di pelataran rumah-rumah warganya. Jika tidak ingin menenun, Anda bisa hanya mencoba pakaian adatnya sembari berfoto di depan rumah adat Sasak.

Pantai Wisata yang Ada di Lombok Tengah

Selain desa wisata adat, di Lombok tengah juga terdapat pantai yang begitu memukau. Letaknya yang tak jauh dari Bandara Internasional Lombok, dapat menjadi salah satu alternatif Anda yang ingin berlibur ke pantai, namun tak memiliki banyak waktu untuk liburan. Berikut ini dua pantai yang cukup populer yang bisa Anda masukkan ke itinerary liburan Anda di Lombok tengah:

1. Pantai Kuta
Tak hanya di Lombok barat, Lombok tengah juga menyimpan pemandangan pantai indah nan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Kuta Lombok. Pantai ini berada di Desa Kuta yang waktu tempuhnya tak sampai 1 jam dari Bandara Internasional Lombok. Pantai Kuta Lombok memang tak seluas dan seramai Pantai Kuta Bali, namun pantai ini memliki pasir putih yang begitu menawan. Belum lagi pemandangan bukit yang mengelilinginya, luar biasa indahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, meski tidak padat. Di dini Anda yang hobi surfing bisa mencicipi alunan ombaknya yang cukup mengasyikkan. Di sini Anda juga bisa sekedar bermain ayunan di pinggir pantai, yang jika laut pasang seolah Anda sedang duduk di air lautnya.

2. Pantai Tanjung Aan
Berada di kawasan yang masih cukup berdekatan dengan Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan juga memiliki pemandangan yang luar biasa memukau. Pantai ini memiliki keunikan pada pasir pantainya yang terdiri dari dua jenis. Di satu sisi, pasir pantainya besar-besar dan kasar menyerupai merica. Hal inilah yang membuat pantai ini sering disebut Pantai Merica. Sedangkan, di sisi lainnya, pasir pantainya berwarna putih, sangat halus, dan tipis. Ini yang merupakan ciri khas dari pantai-pantai di Lombok. Di pantai ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan snorkeling atau sekedar berjemur bersama partner traveling Anda.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp