Tips Liburan Murah ke Lombok yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Tips Liburan Murah ke Lombok – Ingin liburan murah dan seru? Tentunya harus ada persiapan yang matang untuk bisa berlibur asyik dengan keluarga, teman atau sahabat.

Liburan tidak selalu identik dengan budget mahal, Anda juga bisa liburan hemat dengan berbagai tips liburan murah ke Lombok.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk bisa liburan dengan kantong tipis adalah dengan mengikuti paket liburan murah yang ditawarkan travel perjalanan wisata.

Tips Liburan Murah ke Lombok yang Perlu Anda Tahu

Kalau membahas tips liburan murah ke Lombok tentu pertama-tama Anda harus tentukan dulu berapa anggaran yang dimiliki.

Selanjutnya mulailah cari kira-kira jasa travel mana yang berkualitas dan menawarkan paket liburan ekonomis tapi dengan pelayanan yang baik.

Kalau sudah menemukan travel yang dituju, Anda bisa mengikuti program liburan yang tersedia atau menentukan sendiri destinasi yang akan dikunjungi. Berikut ini 3 referensi tempat populer di Lombok:

  • Gili Trawangan
gili trawangan
Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang lokasinya dekat dengan Pulau Lombok. Bisa dibilang Gili Trawangan merupakan salah satu pulau kecil yang paling populer dan paling ramai dikunjungi wisatawan.

Ramainya pengunjung di lokasi ini tentunya berkat keindahan alam yang ada dan lengkapnya fasilitas liburan yang ada di pulau ini.

Gili Trawangan punya pantai yang sangat cantik. Di sekitar pantai ini juga bisa ditemui fasilitas umum seperti restoran hingga penginapan.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Aktivitas wisatawan di Gili Trawangan tidak hanya di siang hari, di malam hari pun pulau ini ramai dengan aktivitas para pengunjungnya.

Anda akan menemukan sarana hiburan yang cukup lengkap di pulau ini mulai dari berbagai hiburan live music, wisata kuliner bahkan hingga bar-bar yang banyak dikunjungi wisatawan asing.

  • Pantai Pink
tips murah liburan ke lombok
Pantai Pink Lombok

Pantai warnanya pink? Memangnya ada? Ya, di Lombok ada pantai unik yang pasirnya berwarna merah muda. Pantai Pink atau Pantai Tangsi adalah pantai unik yang merupakan 1 dari 7 pantai berpasir pink yang ada di dunia.

Warna pink ini disebabkan oleh tercampurnya pasir pantai yang putih dengan serpihan karang merah yang terbawa sampai ke bibir pantai.

Di pantai pink Anda bisa melakukan aktivitas seru yang berhubungan dengan air seperti berenang, berselancar, snorkeling, menyelam ataupun berjemur sinar matahari.

Jika ingin melihat semburat warna kemerahan di pantai ini Anda perlu datang di waktu-waktu yang tepat karena pencahayaan sangat berpengaruh pada tampilan warna pasir pantai ini.

Pemandangan pantai yang indah akan terlihat lebih cantik dari bukit-bukit yang ada di sekitar Pantai Pink.

  • Bukit Merese
wisata yang ada di Lombok
Bukit Merese

Kalau Anda ingin cari tempat yang pas untuk bersantai maka Bukit Merese adalah pilihan yang tepat. Di Bukit ini Anda bisa menikmati suasana dan pemandangan menakjubkan sambil ditemani semilir angin. Suasana yang sangat damai dan cocok untuk berlibur menghilangkan penat dari padatnya aktivitas harian.

Bukit ini berada tak jauh dari Pantai Kuta Lombok dan Pantai Tanjung Aan dan bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor. Nama Merese berasal dari bahasa setempat yang artinya gundul.

Memang, di bukit ini hanya terdapat hamparan rumput dan semak dengan pepohonan yang amat jarang. Lokasi ini sangat strategis untuk menyaksikan indahnya matahari terbit maupun matahari terbenam.

Jangan lupa ambil foto-foto cantik karena spot di atas bukit ini memang punya pemandangan yang juara.

Nah, kalau sudah tahu mana saja tempat wisata populer yang ada di Lombok ini Anda bisa langsung lanjut ke tips liburan murah ke Lombok Selanjutnya.

Pilihlah waktu liburan yang tepat, hindari peak season karena rata-rata biaya transportasi dan akomodasi akan lebih tinggi dibandingkan hari biasa. Pastikan Anda pilih jasa travel terpercaya bersama Wisata Lombok.

Kami siap mengajak Anda menikmati liburan yang berkesan dengan mengunjungi objek wisata yang populer di Lombok.

Pulau Pasir Lombok yang Unik Sebagai Referensi Liburan Anda

wisata di Lombok Tengah

Pulau Pasir Lombok – Kalau Anda sedang cari referensi liburan seru untuk dinikmati bersama teman ataupun keluarga maka Anda bisa melirik Lombok sebagai tujuan Anda.

Pulau Lombok memang punya banyak sekali pesona wisata yang bisa dijelajahi, termasuk salah satunya Pulau Pasir Lombok.

Pulau ini tepatnya berada di Desa Tanjung Luar, Keruak, Kabupaten Lombok Timur.

Sekilas Tentang Pulau Pasir Lombok dan Pesona Wisatanya

Pulau ini bisa dituju dengan perjalanan laut menggunakan kapal cepat yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Luar.

Pulau ini berlokasi di tengah laut dan hanya muncul di saat-saat tertentu ketika air laut tidak sedang pasang.

Jika air pasang maka pulau ini akan hilang terendam oleh air laut. Oleh karena itu Anda sebaiknya merencanakan kedatangan ke pulau ini dengan cermat yaitu pada waktu-waktu sekitar jam 3 sampai 5 sore.

Seperti namanya, pulau ini memang berupa hamparan pasir putih yang dihiasi beberapa biota laut salah satunya adalah bintang laut.

Selama berada di pulau ini ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Berfoto dengan latar belakang hamparan laut yang cantik
Wisata Ibu Elvarita di Pulau Pasir
Wisata Ibu Elvarita di Pulau Pasir

Pulau ini memang letaknya di tengah-tengah laut sehingga sejauh mata memandang Anda akan melihat tenangnya air laut yang jernih kebiruan.

Pemandangan ini tentu tidak bisa Anda temukan dengan mudah di tempat lainnya. Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengambil gambar cantik sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung ke Pulau Pasir.

  • Snorkeling

Anda bisa membawa peralatan snorkeling sederhana dan bersnorkeling  di sekitar pulau ini. Air laut yang jernih akan memudahkan Anda melihat langsung aneka ikan-ikan cantik dan penunggu bawah laut lainnya.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Tapi ingat untuk melakukan snorkeling di waktu-waktu yang aman ketika laut tidak pasang supaya keamanan Anda terjaga.

  • Bersantai

Kalau Anda ingin sejenak menikmati suasana berada di tengah laut maka Anda bisa bersantai dengan duduk-duduk di permukaan air yang dangkal di Pulau Pasir Lombok. Hembusan angin sepoi-sepoi akan menemani Anda melihat indahnya alam di sekitar pulau ini.

  • Melihat berbagai satwa lucu
pulau pasir lombok
Wisata Pulau Pasir Lombok

Selain bintang laut yang sudah disebutkan sebelumnya, di Pulau Pasir Lombok ini juga ada kawanan burung laut yang biasa muncul di sore hari.

Anda akan melihat pemandangan yang sungguh cantik ketika kawanan burung ini datang dan memenuhi pulau kecil di tengah laut ini.

Tapi ingat ya untuk tidak saling mengganggu satwa-satwa yang ada di pulau ini agar mereka tidak merasa terganggu dengan kehadiran Anda.

Pulau ini memang tidak berpenghuni, jadi jika Anda berencana untuk berkunjung sebaiknya persiapkan apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan disini. Berikut ini beberapa peralatan yang bisa Anda bawa jika berkunjung ke Pulau Pasir:

  • Kacamata hitam dan topi

Dua barang ini diperlukan untuk melindungi mata dan kepala Anda dari teriknya sinar matahari karena di tengah pulau sama sekali tidak ada pohon peneduh.

  • Bekal makanan dan minuman

Pulau ini tidak berpenghuni maka dari itu Anda tidak akan menemukan pedagang makanan dan minuman segar. Jadi, bawalah sendiri bekal Anda agar tidak kelaparan dan kehausan.

  • Tabir surya

Sama seperti poin pertama, tabir surya ini diperlukan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet yang bisa berdampak buruk bagi kulit.

Sudah tahu kan apa saja yang menarik dan bisa dilakukan di Pulau Pasir Lombok ini? Jangan lupa masukkan lokasi ini ke daftar liburan Anda di Pulau Lombok untuk bisa menyaksikan sendiri keindahannya secara langsung.

Keindahan Tempat Wisata Air Terjun di Lombok yang Sungguh Asri nan Menawan

tempat liburan di lombok

Keindahan Tempat Wisata Air Terjun di Lombok – Liburan ke tempat bernuansa alam yang segar adalah salah satu alternatif mengisi waktu luang.

Berlibur ke lokasi yang masih alami bisa membantu menyegarkan pikiran serta menyegarkan tubuh, terutama dari polusi udara kota yang biasa dihirup sehari-hari.

Di Nusa Tenggara Barat ada referensi beberapa keindahan tempat wisata air terjun di Lombok yang menarik dan sayang jika tidak Anda kunjungi.

Berlibur ke lokasi wisata air terjun akan memberikan nuansa liburan yang berbeda karena Anda bisa menikmati indahnya pemandangan, segarnya udara serta dingin dan segarnya air yang mengalir langsung dari mata air pegunungan.

3 Tempat Wisata Air Terjun di Lombok yang Sudah Populer

Keindahan Tempat wisata air terjun di Lombok tidak punya keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantainya yang sudah lebih tersohor ke seantero nusantara bahkan hingga luar negeri.

Berikut ini ada 3 lokasi air terjun di Lombok yang sudah banyak diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah:

  • Air Terjun Tiu Kelep
keindahan tempat wisata air terjun di lombok
Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun yang pertama adalah Air Terjun Tiu Kelep yang berada di Kabupaten Lombok Utara. Air Terjun ini punya panorama alam yang menawan dan siap memanjakan mata Anda.

Daya tarik dari air terjun yang satu ini tidak terbatas di air terjun yang mengalir dari ketinggiannya saja, tetapi juga pemandangan alam di sekitarnya.

Rute menuju air terjun ini bisa dilalui dengan cukup mudah karena memang sudah dibangun dan dibuat berupa jalan setapak dan tangga-tangga. Anda harus melalui perjalanan dengan hati-hati karena licinnya bebatuan akibat lumut.

Air Terjun Tiu Kelep berketinggian kurang lebih 42 meter dengan limpahan air yang tidak terlalu deras. Di balik air terjun ini ada tebing-tebing batu tinggi yang masih bisa terlihat karena arus airnya yang tidak begitu kuat.

Limpahan air yang jatuh ini kemudian tertampung di kolam bawah air terjun. Kolam alami ini bisa digunakan untuk berenang, berendam atau sekadar bermain air.

  • Air Terjun Sendang Gile
Air terjun sendang gile
Air Terjun Sendang Gile

Selanjutnya masih di kawasan yang sama dengan Air Terjun Tiu Kelep, Anda bisa menemukan air terjun lain yang tidak kalah cantiknya yaitu Air Terjun Sendang Gile.

Air yang mengalir di lokasi ini berasal langsung dari mata air Gunung Rinjani yang sangat segar dan bersih.

Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit menjelajahi ratusan anak tangga.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Perjalanan yang perlu dilakukan memang bisa melelahkan, tapi keindahan pemandangan yang akan diperoleh di air terjun ini akan membayar lunas semua rasa lelah Anda.

Air Terjun Sendang Gile mempunyai ketinggian sekitar 31 meter dengan aliran bertingkat. Ada 2 tingkatan aliran limpahan air terjun membuat tampilan air terjun ini semakin cantik.

Seperti air terjun lain pada umumnya, di bagian bawah air terjun juga terdapat kolam yang kemudian mengalir lagi menjadi sungia kecil. Anda bisa merasakan segarnya air terjun yang sangat alami.

  • Air Terjun Benang Kelambu
Wisata Air Terjun benang kelambu Lombok
Wisata Air Terjun benang kelambu Lombok

Nama air terjun yang satu ini memang pas menggambarkan keindahannnya. Nama Air Terjun Benang Kelambu disematkan karena limpahan air terjun di tempat ini berbentuk memanjang dengan aliran air tipis sehingga terlihat seperti selembar kelambu atau tirai.

Air terjun berketinggian 30 meter ini terbagi menjadi 2 tingkat yang membuatnya semakin terlihat cantik. Di sekitar air terjun ada banyak tumbuhan hijau segar yang menambah indah pemandangan.

Disini Anda sangat merasakan segarnya air terjun dengan suasana yang sangat asri, karena di kelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Anda yang sedang berlibur ke Lombok wajib coba kunjungi ketiga keindahan tempat wisata air terjun di Lombok tadi.

Jangan lupa persiapkan peralatan diri, kesehatan dan keamanan agar seluruh pengunjung bisa menikmati lokasi air terjun secara maksimal.

Taman Narmada Mataram Lombok, Tempat Rekreasi Bernilai Sejarah

yang harus dikunjungi di lombok

Salah satu lokasi wisata di Lombok yang kerap jadi tujuan berlibur para pelancong adalah Taman Narmada Mataram Lombok. Taman Narmada sendiri merupakan replika Gunung Rinjani yang dulunya dibangun Anak Agung Ngurah Ngurah Karangasem.

Pembangunan Taman Narmda ini didasarkan pada pertimbangan bahwa dirinya tak sanggup lagi mendaki Gunung Rinjani.

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada dan termasuk wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Nama Narmada sendiri diambil dari anak sungai Gangga yang ada di India. Artinya adalah mata air ataupun sumber kehidupan.

Taman ini memiliki luas kira-kira 3 hektar serta dibangun pada 1727 sebagai tempat peristirahatan para raja di musim kemarau.

Mengenal Lebih Dekat Taman Narmada Mataram Lombok

Tujuan lain dari pembangunan Taman Narmada Mataram Lombok kala itu adalah sebagai tempat pemujaan.

Penduduk asli Lombok yang beragama Hindu akan merayakan upacara khusus bernama Pujawali dengan cara mendaki Gunung Rinjani untuk kemudian memberi sesaji pada dewa di puncak gunung tersebut.

Taman Narmada Mataram Lombok
Taman Narmada

Upacara ini dimaksudkan sebagai persembahan pada Ida Bharata. Mengingat usia yang sudah tua serta tak sanggup lagi mendaki hingga ke puncak gunung, Sang Raja akhirnya membangun replika dari Gunung Rinjani.

Sementara kegiatan larung sesai akan tetap dilakukan di Segara Anakan oleh para abdi raja. Raja sendiri cukup melakukan doa di Taman Narmada.

Ongkos yang wajib dikeluarkan wisatawan untuk menikmati Taman Narmada Mataram Lombok terbilang cukup murah. Kita hanya perlu membayar Rp6.000 saat masuk pertama kali.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Wisatawan akan masuk dalam Bale Terang dengan bentuk rumah panggung di mana bagian bawahnya memiliki fungsi sebagai gudang.

Bagian atasnya sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu dua kamar pada ujung selatan dan utara sebagai kamar permaisuri Bali dan Lombok.

Untuk kamar permaisuri Bali akan diberi lukisan kera sementara kamar permaisuri Lombok akan diberi lukisan naga.

Bagian tengah dari Bale Terang merupakan ruang terbuka menghadap ke arah timur, yang tak lain merupakan Pura dan Meru.

Tepat di atasnya, Pura Narmada dengan bentuk seperti pundak berundak menjadi satu dari delapan pura paling tua di Pulau Lombok. Letaknya persis berhadapan dengan Bale Terang.

tempat liburan di Lombok
Telaga di Taman Narmada

Pemandian Raja di Taman Narmada Mataram Lombok kini menjadi kolam renang umum serta berdampingan dengan Telaga Seger. Telaga Seger sendiri adalah replika Danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani.

Bagian Taman Narmada yang paling sering dikunjungi wisatawan ialah Balai Petirtaan di mana mata airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani.

Mata air ini turut menjadi pertemuan tiga sumber air yaitu Lingsar, Narmada serta Suranadi. Untuk bisa masuk dalam Balai Petirtaan, wisatawan harus menggunakan selendang kuning.

Air di Taman Narmada Mataram Lombok dipercaya akan membuat kita awet muda. Benar atau tidaknya mitos ini, belum ada yang membuktikannya secara langsung.

Akan tetapi, memang sudah banyak orang menggunakannya untuk cuci muka, berwudhu hingga dikonsumsi.

Taman Narmada sendiri telah dibuka untuk umum serta menjadi tempat rekreasi sejak era kolonial Belanda. Beberapa pemugaran telah dilakukan demi perbaikan taman ini. Taman Narmada juga telah ditetapkan menjadi Benda Cagar Budaya.

Untuk bisa menuju Taman Narmada ini, wisatawan bisa menggunakan angkutan kota ataupun ojek dari Terminal Mandalika Mataram yang langsung menuju taman.

Di sini kita bisa menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara segar sembari mempelajari sejarah masa lalu Pulau Lombok.

Selain Pantai, Ini Desa di Lombok Yang Juga Dijadikan Tujuan Wisata

Wisata Desa Sukarara Lombok

Wisata di Pulau Lombok tak selamanya berupa pantai ataupun gili. Di sini, kita juga bisa mengunjungi aneka wisata desa di Lombok. Desa-desa ini bukan sekedar desa biasa melainkan desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Masyarakat desa tersebut masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat setempat sehingga menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri dibanding lokasi wisata lainnya.

Setidaknya ada tiga desa wisata yang cukup populer di Lombok. Ketiganya adalah Desa Sade, Banyumulek dan Sukarara. Ketiganya sudah terkenal baik di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut adalah penjelasannya satu per satu.

Desa di Lombok yang Sekaligus Menjadi Tempat Wisata Menarik

  1. Desa Sade
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga

Desa Sade terletak di Rembitan, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal karena mempertahankan adat dari Suku Sasak sebagai pribumi Pulau Lombok. Lokasinya ada persis di pinggir jalan, namun seakan tak tersentuh modernisasi.

Masyarakatnya masih membangun rumah secara tradisional dengan atap ijuk dan dinding anyaman bambu. Bahkan, orang-orang di desa di Lombok ini senantiasa mengepel lantai rumah mereka menggunakan kotoran kerbau.

Konon, cara ini akan membuat rumah tetap hangat serta jauh dari serangga pengganggu. Walau kotoran kerbau digunakan untuk mengepel rumah, akan tetapi rumah-rumah masyarakat setempat tidak ada yang mengeluarkan bau busuk.

  1. Desa Banyumulek
Tempat Wisata Lombok Barat
Desa Banyumulek

Saat mengunjungi desa di Lombok yang satu ini, kita akan disambut gapura dengan tulisan Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek. Desa ini memang terkenal sebagai pusat kerajinan gerabah di Lombok.

Kita akan menemui sekolah serta kantor-kantor pemerintahan yang dilengkapi hiasan gerabah pada pagar tembok. Kesan Desa Banyumulek sebagai desa gerabah makin kental terasa. Keahlian membuat gerabah sendiri akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Kemampuan warganya dalam membuat gerabah ini sekaligus dapat mengangkat perekonomian desa, serta menarik para pengunjung untuk datang melihat langsung proses pembuatan gerabah dan membeli ragam hiasan yang tersedia.

Satu desain gerabah yang paling khas di sini adalah Kendhil Maling, memiliki lubang pada bagian dasar yang dipakai untuk memasukkan air ke dalamnya.

  1. Desa Sukarara
desa di lombok
Desa Sukarara

Satu lagi desa di Lombok yang terkenal karena kearifan lokalnya adalah Desa Sukarara. Masyarakat di sini terkenal akan kemampuannya dalam menenun kain songket khas Lombok.

Penenun kain songket di Sukarara kebanyakan adalah wanita karena keahlian menenun merupakan salah satu syarat wajib untuk menikah. Keahlian menenun sendiri akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Proses penenunan kain juga masih menggunakan alat tradisional yang terbuat dari kayu. Hasil akhir tenunannya terbilang unik karena motifnya memiliki tingkat kerumitan berbeda dibanding tenunan lain.

Benang yang digunakan memiliki kualitas bagus dengan tekstur halus sehingga hasilnya akan tampak sangat menarik dan cantik saat di gunakan.

Itulah aneka desa di Lombok yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan layak dikunjungi.

Kita bisa mengunjungi desa-desa tersebut sebagai bagian dari wisata adat yang bisa memberi kita pelajaran lebih dalam seputar kebudayaan dan kesenian asli Pulau Lombok.

Terutama apabila kita mencari lokasi wisata yang ramah anak dan edukatif, maka desa-desa wisata ini akan bisa jadi pilihan yang tepat. Cukup mudah menjangkau desa-desa tersebut dan fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap.

Tidak heran apabila desa-desa yang ada di wisata Lombok seringkali jadi tujuan utama para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Keindahan alam dan kearifan lokal yang masih dipertahankan penduduknya memang jadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang datang berkunjung.

Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Lombok, Sudah Tahu?

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok – Pulau Lombok telah lama dikenal akan potensi wisatanya yang luar biasa. Turis asing maupun domestik kerap mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan sendiri keindahan alamnya.

Tidak heran memang mengingat banyaknya objek wisata menakjubkan di Pulau Lombok, mulai dari gili, pantai, air terjun hingga desa wisata.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada, beberapa di antaranya bisa dikatakan sebagai wisata yang wajib dikunjungi di Lombok. Alasannya adalah karena kita takkan bisa menemukannya di tempat lain.

Keunikan dari tempat-tempat wisata ini juga sudah sangat mendunia dan dikenal hingga ke telinga pelancong mancanegara. Berikut adalah tempat-tempat yang dimaksud.

Deretan Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Lombok

  1. Gili Trawangan
Snorkeling Gili Trawangan
Snorkeling Gili Trawangan

Siapa tak kenal Gili Trawangan? Bahkan, jika harus menyebutkan satu saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok, Gili Trawangan bisa jadi menempati urutan pertama. Gili sendiri adalah sebuah pulau kecil yang letaknya di barat daya Pulau Lombok.

Dari ketiga gili yang ada, Gili Trawangan memiliki ukuran paling besar dan fasilitas paling lengkap. Panjangnya kira-kira 3 km dan lebarnya kira-kira 2 km. Terdapat total 800 orang yang mendiami gili ini.

Popularitas Gili Trawangan terutama adalah karena suasana pesta yang lebih hidup ketimbang Gili Meno maupun Gili Air. Di sini kita juga bisa menemukan Tir Na Gog, sebuah kedai yang menyajikan bir Irlandia.

Berwisata kemari artinya kita akan menemukan banyak kegiatan pesta yang digelar sepanjang malam. Lokasi pesta juga akan dirotasi sehingga tidak terpusat di satu titik saja.

Aktivitas populer yang sering dilakukan para wisatawan di antaranya adalah scuba diving, snorkelling, kayaking, hingga selancar. Terdapat pula kegiatan berkuda mengelilingi pulau.

Kelebihan Gili Trawangan dibanding pantai lain dan menjadikannya salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Lombok adalah kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit sekaligus tenggelam di pantai yang sama. Ini karena pantai di Gili Trawangan menghadap ke arah timur dan barat dengan jarak yang tak terlalu jauh.

  1. Gili Meno
Indahnya Gili Meno Lombok
Indahnya Gili Meno Lombok

Gili atau pulau kecil yang termasuk dalam wisata yang wajib dikunjungi di Lombok bukan sekedar Gili Trawangan, namun juga Gili Meno. Lokasinya ada di tengah-tengah Gili Trawangan dan Gili Air.

Kita bisa mencapainya dengan jarak tempuh 1 km dari Gili Trawangan. Ukurannya tidak terlalu besar, hanya memiliki panjang 2 km dan lebar 1 km.

Gili Meno adalah gili paling kecil di antara ketiga gili yang ada di Lombok. Kita bahkan bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki saja. Sebagian besar wisatawan yang datang mengaku tertarik akan kedamaian dan ketenangan di sini. Suasana sepi Gili Meno bahkan membuatnya menjadi lokasi bulan madu yang banyak dipilih.

Terdapat total 400 orang yang menghuni Gili Meno. Fasilitas serta akomodasi yang tersedia di sini sudah terbilang cukup bagus sehingga bisa dikatakan sebagai wisata yang wajib dikunjungi di Lombok.

Kita bisa denga mudah menemukan kafe maupun warung makan dengan ragam menu pilihan khas Nusantara hingga Eropa. Pemandangan wisatawan asing yang tengah berjemur atau bersantai di tempat tidur gantung juga adalah hal biasa di sini.

Gili Meno turut dilengkapi spot penyelaman bernama Gili Meno Wall. Kita bisa menemukan banyak ikan serta penyu yang tengah berenang bebas di antara warna-warni terumbu karang.

  1. Gili Air
Wisata gili air lombok
Gili Air

Satu lagi wisata yang wajib dikunjungi di Lombok ialah Gili Air. Dibanding Gili Trawangan maupun Gili Meno, Gili Air adalah gili yang letaknya paling dekat Lombok. Berkunjung ke sini akan memungkinkan kita menikmati keanekaragaman hayati dari laut Indonesia.

Pengunjung dapat melihat spot kuda laut, beragam ikan, kura-kura, hingga penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat sendiri menyebut Gili Air sebagai Tengaq Aiq yang berarti di tengah-tengah laut.

Mayoritas penduduknya berasal dari Suku Sasak asli Lombok serta Suku Bugis dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan, pemandu wisata hingga pedagang.

Wisatawan yang datang ke Gili Air sendiri mayoritasnya berasal dari luar negeri seperti Prancis, Inggris, Australia, hingga Italia. Tapi tidak jarang juga wisatawan lokal berkunjung kesini.

  1. Pantai Pink
wisata Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Jika selama ini kita mengenal Pantai Pink hanya ada di Flores, NTT, maka pantai yang sama sebenarnya dapat pula kita temukan di Lombok, NTB. Nama aslinya adalah Pantai Tangsi, namun kemudian lebih dikenal sebagai Pantai Pink karena warna pasir pantainya yang merah muda.

Warna unik ini terjadi karena pasir putih pantai bercampur serpihan karang merah muda. Pantai Pink termasuk dalam wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena di dunia ini hanya akan kita temukan 7 pantai dengan pasir berwarna pink.

Warna merah muda ini sekaligus akan memberi kesan romantis sehingga tidak heran seringkali dijadikan tujuan wisata bulan madu.

Daya tarik Pantai Pink hingga menjadikannya wisata yang wajib dikunjungi di Lombok tak sekedar pada warna pasir pantainya. Lautnya juga sangat mempesona di mana tampak sangat jernih.

Jika kita menaiki sampan di laut, maka akan tampak dengan jelas keindahan bawah lautnya dari atas permukaan air. Wisatawan yang gemar mandi di pantai bisa melakukan aktivitas tersebut di sini karena ombaknya terbilang cukup tenang.

Pemandangan di sekitar pantai tak kalah menakjubkannya berkat deretan bukit yang tampak menghijau. Pastinya ada banyak spot foto yang instagrammable disini.

  1. Desa Sade
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga

Wisata di Lombok tak melulu tentang pantai. Di sini kita juga bisa menemukan desa wisata yang masih mempertahankan adat istiadat penduduk asli Pulau Lombok. Salah satunya adalah Desa Sade.

Masyarakat desa ini masih memegang tradisi leluhur mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah bangunan rumah yang tampak sangat tradisional dan kebiasaan mengepel rumah menggunakan kotoran kerbau.

Lokasinya sendiri ada di Rembitan, Lombok Tengah dan persis ada di tepi jalan raya. Rumah-rumah penduduknya beratapkan ijuk, dilengkapi kuda-kuda bambu serta menggunakan tembok yang terbuat dari anyaman bambu.

Desa Sade ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena keunikan yang takkan kita temukan di tempat lain.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena popularitas serta keunikan yang dibawanya masing-masing. Tempat-tempat tersebut terbilang wajib untuk dikunjungi karena hanya bisa kita temukan di Lombok dan tidak ada di daerah lain.

Mulai dari wisata alam hingga wisata adat dan wisata kuliner, semuanya bisa kita temukan di Pulau Lombok. Lengkapnya fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung membuat kita akan semakin betah saat berada di pulau Lombok ini.

Baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri akan sama-sama bisa menikmati waktu liburannya di Lombok baik bersama keluarga, teman-teman maupun pasangan. Kita bisa berwisata secara mandiri maupun memanfaatkan biro travel yang secara khusus melayani perjalanan wisata ke Lombok.

Wisata Yang Harus Dikunjungi di Lombok Ketika Anda Berlibur

Taman Narmada Mataram Lombok

Bukan hanya pantai yang menawarkan pesona indah di Lombok, namun ada beberapa tempat Yang Harus Dikunjungi di Lombok yang juga tidak kalah memukaunya. Mungkin beberapa tempat ini belum terkenal sebab, hanya penduduk sekitar saja yang mengetahuinya.

Namun perlahan beberapa tempat ini mulai menunjukkan diri pada dunia, bahwa mereka juga mempunyai keindahan yang luar biasa. Kita akan berkata bahwa gunung rinjani, atau pantai kuta lombok yang paling indah jika belum mengetahuinya. So, apa saja tempat Yang Harus Dikunjungi di Lombok tersebut ? Mari kita ulas satu persatu..!!!

Wisata Yang Harus Dikunjungi di Lombok Saat Anda Berlibur

Hutan Baun Pusuk

Hutan Baun Pusuk
Hutan Baun Pusuk

Ini adalah bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan yang indah ini terletak di puncak Gunung Rinjani dan merupakan habitat dari ratusan atau bahkan ribuan monyet. Saat melakukan perjalanan ke sekitar Hutan Baun Pusuk, berhati-hatilah jika berkendara, sebab sering kali monyet – monyet ini bermain di tengah jalan.

Hutan Baun Pusuk ini adalah tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile. Jika Anda membawa makanan, monyet di hutan ini akan berusaha mengambilnya dari Anda. Hutan Baun Pusuk adalah satu dari tempat wisata Yang Harus Dikunjungi di Lombok ketika Anda berlibur.

Rumah Adat Suku Sasak Sade

Desa Sade Lombok
desa sade

Sade Village ini merupakan salah satu dusun atau Desa Tradisional Sasak. Ini adalah sebuah perkampungan suku Sasak asli yang masih mempertahankan dan juga menjaga keaslian kebudayaan Sasak.

Adat ini di pertahankan  sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Indonesia hingga sekarang. Orang orang yang tinggal di Dusun Sade Lombok ini merupakan suku Sasak dengan sistem sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh adat tradisi Sasak nenek moyang. Ini adalah Yang Harus Dikunjungi di Lombok untuk melihat adat kuno yang masih di lakukan sampai sekarang.

Rumah adat ini juga disebut Bale Tani yang terbuat dari kayu dengan dinding-dinding terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan daun rumbia atau kita sebut daun alang-alang kering. Dan lantai Bale Tani adalah campuran tanah, getah pohon dan abu jerami yang kemudian diolesi dengan kotoran kerbau higga mengkilap.

Artikel menarik lainnya: Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Rumah Adat Suku Sasak Sade terbagi menjadi dua bagian yaitu Bale Dalam dan Bale Luar. Ruangan Rumah Dalam biasanya diperuntukkan untuk anggota keluarga wanita, yang sekaligus merangkap sebagai dapur mereka. Sedangkan ruangan rumah Luar diperuntukkan untuk anggota keluarga yang lainnya, dan juga berfungsi sebagai ruang tamu untuk setiap kerabat.

Air Terjun Sendang Gile

paket wisata air terjun lombok
Air Terjun sendang gile Lombok

Air Terjun Sendang Gile terletak di Lombok Utara, yang berjarak sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berlokasi di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile merupakan pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani.

Sebab mempunyai sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya bisa membuat Anda awet muda jika Anda mandi atau membasuh muka. Inilah Yang Harus Dikunjungi di Lombok agar Anda dapat merasakan air dengan manfaat unik.

Taman Narmada

yang harus dikunjungi di lombok
Taman Narmada

Terletak di Desa Lembuak, berjarak sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram. Taman dengan luas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok tahun 1727.

Duhulu, taman Narmanda digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, tapi sekarang ini, taman ini telah beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Yang unik dari Taman Narmada merupakan desain taman yang merupakan replika mini dari gunung rinjani, Terdapat juga sumber mata air dari gunung rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda jika Anda mandi atau membasuh muka dan meminum air tersebut.

Itulah tadi ulasan mengenai tempat wisata yang harus dikunjungi di Lombok, jangan sampai Anda lewatkan ya. Karena Anda akan merasakan liburan yang sesungguhnya jika mengunjungi objek wisata Lombok di atas bersama sahabat atau keluarga tercinta. Selamat berlibur

Tempat Paling Indah di Lombok Ini Sangat Wajib Anda Kunjungi

Snorkeling Gili Trawangan

Dari begitu banyak wisata yang dapat kita datangi di Lombok mungkin Anda bertanya dimana Tempat Paling Indah di Lombok ? Karena perlu Anda ketahui ada begitu banyak tempat wisata di Lombok, tapi Anda pasti ingin mengunjungi wisata yang paling indah kan.

Dari sekian banya Tempat Paling Indah di Lombok seperti Pantai Pink, Desa Sade, Bukit Malimbu, Pura Lingsar, Tanjung Ringgit dan sebagainya. Namun, ada 3 tempat yang sangat banyak mengatakan bahwa itu adalah yang paling indah. Apa sajakah tempat itu ? Mari kita ulas satu persatu..!!!

Tempat Paling Indah di Lombok dengan Pesona Alam yang Memukau

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta LombokBukan pulau Bali saja yang memiliki pantai kuta dengan sunsetnya yang istimewa, tapi ternyata wisata Lombok juga memiliki pantai Kuta yang tak kalah cantiknya. Pantai ini terletak di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok.

Pantai Kuta Lombok mempunyai keunikan sendiri yaitu pasir yang sehalus merica, oleh sebab itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu Tempat Paling Indah di Lombok, dan bahkan juga merupakan salah satu yang terindah di Lombok.

Aktivitas utama yang paling banyak di lakukan di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik jadi cocok untuk Anda yang hobby berselancar. Dan wisata lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: menyelam, snorkeling, memancing dan aneka kegiatan lainnya yang di jamin menyenangkan.

Gili Nanggu

Snorkeling di Gili Nanggu
Snorkeling di Gili Nanggu

Wisata ini berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Dalam Peta, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Indonesia. Di tempat ini terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru memukau.

Artikel menarik lainnya: Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Memiliki suasana alamnya yang hening, membuat pulau Gili Nanggu menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Sunset atau matahari tenggelam adalah momen terbaik di Tempat Paling Indah di Lombok seluas sekitar 8 hektar ini.

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Tiga pulau ini seakan mampu mewakili potret pesona pantai – pantai di Lombok. Ketiga wisata ini menyajikan kebeningan air laut, butiran pasir putih yang bersih, juga terumbu karang dengan ikan hias yang menggemaskan nan cantik.

Tiga pulau mungil yang berada di tengah lautan ini mempunyai perbedaan karakteristik yang unik. Satu dan yang lainnya punya suasana alam dan ciri khas tersendiri. Dan , akhirnya perbedaan itu seperti memilah wisatawan sesuai dengan minat, sifat, dan kepribadian masing masing.

tempat paling indah di lombokGili Trawangan yang adalah pulau terbesar, teramai dan juga paling jauh dari pulau utama Lombok. Mayoritas turis yang mengunjunginya terdiri dari mereka  yang berjiwa muda dan penuh semangat.

Gili Meno yang berlokasi di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih tepat bagi wisatawan yang mengidamkan relaksasi di tengah kesunyian. Wisatawan benar – benar disuguhi nuansa alami pantai tropis yang tenang dan sejuk.

Tanaman bakau masih terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantai disana. Ini merupakan Tempat Paling Indah di Lombok yang menawarkan rasa nyaman pada setiap pengunjung.

Berbeda dengan suasana yang tercipta di Gili Air. Pulau Gili Air adalah yang terdekat dari Lombok dan lebih sesuai bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga. Di tempati oleh penduduk lokal paling banyak, pulau Gili Air lebih menawarkan suasana pantai yang tidak ramai namun tidak terlalu sepi.

Walaupun berada di tengah lautan, para wisatawan tak usah perlu memikirkan transportasi, akomodasi ataupun urusan perut. Sebab sudah tersedia fasilitas wisata lengkap. Setiap pulau mempunyai hotel, restoran, diskotek sampai tempat ibadah sekalipun.

Itulah tempat paling indah di Lombok yang sangat wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Lombok. Sudah tidak asing lagi jika objek wisata di atas sangat ramai di kunjungi wisatawan, terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim liburan. Jadi jangan lupa masukan Lombok ke dalam list liburan Anda ya

Mengintip Eksotisme Pesona Tempat Liburan di Lombok , Cantik Banget

tempat liburan di lombok

Pesoan Tempat Liburan di Lombok yang menyajikan udara sejuk dan segar mungkin terbilang tepat untuk Anda yang sedang ingin mencari liburan dengan keadaan tenang. Ada begitu banyak tempat wisata di Indonesia, namun apakah menyajikan hal yang sama dengan Lombok?

Pesona tempat Liburan di Lombok sangat spesial, sebab tempat ini hanya sebuah pulau kecil namun memiliki begitu banyak pesona alam yang sangat mengagumkan dan patut untuk Anda nikmati. Anda akan merasakan hal berbeda ketika mengunjungi tempat wisata di Lombok.

4 Tempat Liburan di Lombok yang Menyajikan Keindahan Luar Biasa dan Wajib Anda Kunjungi..!!!

Desa Sade

wisata pulau Lombok
Wisata di Desa Sade Lombok

Desa ini merupakan salah satu desa yang dihuni oleh masyarakat asli Suku Sasak yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Indonesia. Desa Sade terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak sekitar enam abad silam. Para penduduk masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, dan masih lengkap dengan dinding dengan anyaman serta kayu sebagai penunjang.

Hampir semua rumah di Desa Sade ini dibedakan menurut fungsinya. Contohnya saja Bale Tani yang merupakan hunian keluarga, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum mempunyai anak atau lansia, dan Bale Bonter yang dihuni petinggi desa.

Terdapat juga bangunan lumbung padi dan juga balai desa tempat warga setempat mengadakan perundingan. Semua rumah dihubungkan dengan semacam jalan setapak ke beberapa rumah. Ini adalah pesona tempat Liburan di Lombok yang pas untuk Anda

Para wisatawan dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional, dan juga ikut belajar menenun, serta membeli kain langsung dari penduduk desa. Para penduduk desa ini juga kerap mengadakan festival dan ritual tradisional. Wisatawan bebas memotret dan mengobrol dengan penduduk desa, tapi tetap harus bersikap hormat dan menjaga kesopanan.

Gili Nanggu

Snorkeling di Gili Nanggu
Snorkeling di Gili Nanggu

Ini merupakan salah satu gili terkecil yang tidak mempunyai penghuni di lepas pantai Lombok. Pemandangan pasir putih dan panorama bawah lautnya membuat tempat wisata di Lombok ini di kenal sebagai tempat berkemah, snorkeling, dan menyelam bagi para turis.

Air di pulau kecil ini relatif jernih dan begitu banyak dihuni ikan tropis. Wisatawan dapat membawa potongan kecil roti dalam botol bekas untuk memberi makan ikan di wisata gili nanggu ini.

Para pengunjung yang ingin berkemah wajib selalu menjaga kebersihan serta membawa persediaan air tawar yang cukup untuk mereka sendiri. Belum ada persyaratan khusus untuk berkemah di Tempat Liburan di Lombok ini, Namun wisatawan tetap harus memberitahu pihak berwenang di desa setempat yah.

Pantai Kuta

pantai kuta lombokPantai Kuta berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, Indonesia. Pantai yang sangat indah ini selalu menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai Kuta menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, dan juga pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Para pengunjung sebaiknya datang antara pukul 09:00 dan 15:00 untuk menikmati suasana serta ombak yang optimal untuk berselancar. Apabila ingin melihat matahari terbenam, datanglah sekitar pukul 16:00 atau 17:00 untuk menikmati suasana sore di Pantai Kuta yang begitu mempesona.

Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile
Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile merupakan air terjun yang lokasinya berada di bawah Tiu Kelep, sehingga dapat dikunjungi sekaligus oleh wisatawan. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 30 meter, dan bentuknya bertingkat-tingkat. Ada kolam dengan bebatuan di bawah tirai air terjun, dengan air dingin yang jernih dan cocok untuk direnangi oleh Anda. Ini adalah Tempat Liburan di Lombok yang pas untuk Anda dan keluarga.

Hampir sama seperti saat berkunjung ke Tiu Kelep, wisatawan dapat meminta tolong kepada penduduk setempat untuk jasa pemandu. Lokasi air terjun ini dekat dengan fasilitas umum seperti toilet umum, tempat ibadah, dan tempat parkir jadi akan sangat aman dan nyaman untuk Anda kunjungi. Terdapat juga warung sederhana yang dikelola penduduk, serta restoran yang berada di dataran tinggi sebagai tempat Anda mencari makan.

Nah itulah beberapa pesona tempat liburan di Lombok yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat, Anda bisa merasakan suasana liburan yang seru dan tak terlupakan jika mengunjungi ke 4 objek wisata di atas. Terlebih lagi jika Anda menggunakan paket liburan di Lombok dijamin liburan Anda semakin seru dan berkesan. Tunggu apalagi? Ayo liburan sekarang juga.

Tips liburan ke Gili Trawangan Agar Aman dan Nyaman

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Tips liburan ke Gili Trawangan agar aman dana nyaman perlu Anda ketahui jika belum pernah mengunjungi pulau yang indah ini. Pulau ini sekarang menjadi pilihan tempat berlibur yang paling populer, bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Lombok.

Bukan hanya oleh wisatawan asing ataupun wisatawan domestik saja, namun warga lokal Lombok juga menjadikan pulau kecil ini sebagai tempat wisata yang istimewa. Kami telah menyiapkan tips liburan ke Gili Trawangan agar perjalanan serta wisata Anda sesuai dengan harapan.

Jika Anda yang tidak pernah melakukan perjalanan laut, pastinyanya Tips liburan ke Gili Trawangan dan pengalaman naik kapal cepat atau fast boat dari Lombok ke Gili Trawangan akan menjadi sebuah pengalaman istimewa.

Apalagi pulau tersebut memang hanya dapat dituju lewat perjalanan laut saja, terdapat sejumlah dermaga kapal cepat di Lombok yang menyediakan fast boat ke Gili diantaranya Padangbai, Sanur, Amed dan Serangan.

Inilah Tips liburan ke Gili Trawangan yang Dapat Anda Lakukan

Pesanlah hotel dan fast boat

Pastinya Anda harus memastikan pesan hotel di Gili Trawangan terlebih dahulu, dan juga tiket kapal cepat, sebab pada ketika musim liburan harga cenderung naik drastis dan tempat sering penuh oleh para turis.

Pentingnya reservasi lebih awal ini dapat juga ada kemungkinan Anda dapat mendapatkan harga penawaran lebih baik dan lebih murah. Mengenai pemesanan hotel di Gili Trawangan, dapat melalui online travel agen yang telah banyak menyediakan.

Memilih hotel di Gili

Apabila Anda memilih hotel dan memesan melalui online perhatikan juga ulasan wisatawan yang sudah melakukan reservasi di hotel terkait. Sebab Hotel di Gili Trawangan tidak semuanya menyediakan fasilitas air tawar pada kamar mandinya, dan terkadang hanya melengkapinya dengan air asin saja.

Sebab air tawar untuk kebutuhan mandi disana cukup langka dan mahal. Di sana Anda dapat menghubungi langsung pihak hotel sebelum melakukan pemesanan. Ini adalah Tips liburan ke Gili Trawangan yang sangat penting.

Pilih kapasitas kapal cepat yang besar

Tidak setiap penyedia provider fast boat menyediakan angkutan laut dengan fast boat ini mempunyai kapasitas  kapal besar, sebab goncangan dalam kapal lebih bisa diminimalisir. Untuk Anda yang sering mabuk perjalanan kami lebih rekomendasikan untuk memilih kapal cepat yang besar.

Ibu hamil tidak diperbolehkan

Tips liburan ke Gili Trawangan selanjutnya untuk Anda yang sedang hamil. Tidak disarankan naik kapal cepat ini bagi ibu hamil, meskipun ombak kecil dan badan kapal besar, masih saja goncangan tersebut terasa, ini tentunya sangat mempengaruhi penumpang.

Apabila Anda sedang hamil, urungkan niat berlibur ke Gili Trawangan, sebab pulau tersebut hanya bisa ditempuh dengan transportasi laut, meskipun lewat bandara Mataram, tetap saja harus sewa speed boat lokal dari Bangsal atau Senggigi menuju Gili Trawang.

Bawa makanan ringan

Ini hanya berlaku bagi Anda yang ingin sedikit menghemat biaya belanja apalagi untuk seorang backpacker, sebab makanan di sini lebih mahal 2 kali lipat dibandingkan dataran utamanya Lombok, ini dapat dimaklumi proses pengadaan barang mereka berbiaya sangat tinggi. Anda dapat membawa makanan ringan seperlunya, untuk menghemat biaya.

Bawa uang tunai seperlunya

Meskipun Gili Trawangan merupakan pulau kecil, industri pariwisatanya sangat maju termasuk dan juga fasilitas penarikan uang tunai tersedia sejumlah ATM yang dapat Anda gunakan, jadi Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak.

Sewa sepeda kayuhtips liburan ke gili trawanganSelanjutnya Tips liburan ke Gili Trawangan adalah menyewa sepeda. Transportasi angkutan satu satunya disini adalah sepeda dan ada juga cidomo (sejenis andong) dan hanya dapat disewa untuk keliling mulai siang dan pada saat sore harinya saja, ini dikarenakan memprioritaskan penumpang transfer in dan out hotel.

Apabila ingin waktu Anda lebih efektif dapat sewa sepeda berkeliling pulau, jika ada sewalah sepeda dengan ban yang lebih besar, sehingga tidak mudah slip apabila melewati jalanan berpasir, sewa lengkap dengan keranjangnya juga tentunya untuk meringankan barang bawaan Anda.

Apakah Tips liburan ke Gili Trawangan Ini Membantu ?

Kami yakin tips ini sangat membantu Anda, terlebih bagi Anda yang belum pernah melakukan wisata ke daerah Lombok atau lebih tepatnya Gili Trawangan. Dengan Tips liburan ke Gili Trawangan ini akan membuat Anda lebih nyaman dan aman bersama keluarga apalagi menggunakan paket liburan di lombok dijamin liburan Anda semakin seru.

Tempat Wisata Air Terjun di Lombok yang Sangat Menantang dan Seru

tempat wisata air terjun di lombok

Tempat Wisata Air Terjun di Lombok tentunya akan melengkapi perjalanan Anda saat wisata di Lombok. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Lombok, ini adalah suatu keharusan untuk Anda menikmati wisata alam mulai dari pantai hingga air terjunnya.

Untuk Anda yang suka wisata menantang sangat wajib menguunjungi wisata air terjun ini, karena Anda harus melewati berbagai tantangan untuk mencapai lokasi air terjun di Lombok ini.

Karena lokasi air terjun memang tepat di bawah kaki Gunung Rinjani, sehingga Anda bisa merasakan suasana yang sejuk dan asri dari Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, yang merupakan dua air terjun cantik yang dapat Anda temukan dalam sekali perjalanan.

Mengunjugi Tempat Wisata Air Terjun di Lombok adalah keharusan untuk Anda. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah dua objek wisata air terjun yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Indonesia. Dua air terjun ini masih berada di dalam kawasan kaki Rinjani Lombok.

Tempat Wisata Air Terjun di Lombok, Pesona Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Jika ingin menikmati pesona air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, saran dari kami apabila Anda baru pertama kali ke sana, sewalah penduduk lokal untuk menjadi guide agar Anda tidak tersesat.

Pijatan Alami di Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini adalah air terjun pertama yang kita jumpai dari dua air terjun ini. Jika ingin mencapainya, Anda tidak perlu melewati hutan maupun sungai. Anda cukup menuruni sejumlah anak tangga.

Semakin Anda dekat dengan air terjun ini, maka suara air yang jatuh dalam jumlah banyak tersebut semakin terdengar di telinga. Ini adalah Tempat Wisata Air Terjun di Lombok yang paling di rekomendasikan.

Air Terjun Sendang Gile terletak pada ketinggian 486mdpl, air terjun yang jatuh dari 30m ini digemari sebab dapat digunakan sebagai sarana pijatan alami. Begitu banyak wisatawan yang sengaja berenang di bawah tumpahan airnya untuk merasakan sensasi pijatan alami dari air terjun Sendang Gile.

Artikel menarik lainnya: Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Pemandangan di sekitarnya pun tidak kalah menarik, hijaunya pepohonan rindang, deretan bebatuan besar-besar, dan dinginnya kawasan gunung kian menambah menawan pesona air terjun Sendang Gile tersebut.

Keistimewaan Air Terjun Tiu Kelep

Berbeda dengan air terjun Sendang Gile yang cukup dicapai dengan menuruni sejumlah anak tangga, namun jika ingin sampai ke air terjun Tiu Kelep kita perlu tenaga ekstra.

Lain halnya sejumlah anak tangga, saluran irigasi, jalan setapak, Anda juga akan melewati sungai yang menjadi tempat mengalirnya air dari air terjun Tiu Kelep. Anda tentunya harus bersiap untuk berbasah-basah ria sebelum benar-benar tiba di lokasi yang dituju. Tempat Wisata Air Terjun di Lombok ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak mungki di lupakan.

Tempat Wisata Air Terjun di Lombok, Menuju Sendang Gile dan Tiu Kelep Dalam Sekali Jalan

Jika Anda berkunjung  ke Tempat Wisata Air Terjun di Lombok ini Anda harus berhati-hati, karena tidak jarang jalan yang dilalui tersebut licin. Air yang mengalir di sungai meskipun dangkal, namun kadang berarus cukup deras. Jadi pastikan selalu utamakan keselamatan ya

Anda tidak perlu khawatir, sebab jalan panjang nan melelahkan tersebut akan tuntas terbayar begitu para wisatawan yang tiba di lokasi air terjun Tiu Kelep. Air terjun ini terletak di ketinggian 600 mdpl jatuh bagaikan butiran-butiran air yang beterbangan.

Dan inilah yang menjadi asal muasal nama Tiu Kelep. Dimana jika kita lihat dalam bahasa Sasak, tiu berarti air, dan kelep artinya terbang. Ini adalah Tempat Wisata Air Terjun di Lombok yang sangat indah dan mempesona.

Air terjun Tiu Kelep terbilang lebih tinggi dari pada Sendang Gile. Yakni dengan ketinggian dari 40m hingga 50m. Mengenai pemandangannya pun juga terbilang lebih indah. Tapi, Anda harus tetap waspada dan tidak berenang tepat di tempat jatuhnya Air terjun Tiu Kelep. Sebab hal itu sangat berbahaya. Bermain air dan berenang  di pinggiran pun sudah cukup nikmat.

Keindahan Pulau Lombok dengan Pesona Indah yang Wajib di Kunjungi

pantai kuta lombok

Kemungkinan besar sebagian dari Anda masih ada yang belum tahu keindahan pulau Lombok yang wajib di kunjungi. Pulau lombok adalah salah satu pulau yang terletak di Asia Tenggara yang berguguskan dengan pulau-pulau dari kepulauan kecil Sunda. Pulau Lombok memiliki luas sekitar 4,725 kmA2 dan mempunyai beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

Pulau Lombok sangat terkenal dan kaya akan keindahan alam yang eksotis sehingga mampu membuat Anda termanjakan saat berwisata ke pulau Lombok.  Pulau ini memiliki sejuta pesona yang sangat berbeda di bandingkan dengan objek wisata lain.

Keindahan Pulau Lombok mampu menarik cukup banyak para wisatawan baik yang ada di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri. Perbedaan dan keunikan dari objek wisata pulau Lombok juga tidak kalah indah dan menarik, apabila Anda bandingkan dengan objek wisata yang ada di pulau Bali.

Pesona Keindahan Pulau Lombok yang Wajib Anda Ketahui Ketika Berkunjung

Daerah atau kawasan wisata terindah pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai ini adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal di pulau Lombok yang kerap kali menjadi tujuan terfavorit bagi para wisatawan, pantai ini juga menjadi objek wisata yang menyuguhkan pesona alam yang sangat indah dengan deretan bukit hijau yang membuat pandangan Anda terasa nyaman.

Pantai Tanjung Aan terletak di Desa Pengembur, Pujut, kab. Lombok Tengah ini mempunyai pasir putih yang terlihat sangat menawan dan di jamin mata Anda nantinya akan termanjakan sepanjang liburan Anda di pantai tersebut.

Pantai Tanjung Aan

Dengan pesona Keindahan Pulau Lombok dari ombak pantai yang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan, tampak begitu sangat mempesona.

Pantai Tanjung Aan yang begitu menarik ini mampu memikat cukup banyak para wisatawan, Ini terbukti dari banyaknya pengunjung yang kerap datang dan memadati objek wisata ini hampir setiap hari.

Setelah puas berwisata ke Pantai Tanjung Aan, daerah wisata selanjutnya yang tidak kalah uniknya merupakan objek wisata hutan pusuk. Dimana nama pusuk ini memiliki arti yaitu sebagai puncak, di mana wisata ini merupakan bagian dari kawasan hutan Gunung Rinjani yang sangat indah.

Kawasan hutan pusuk ini adalah salah satu tempat persinggahan bagi para turis atau pun para wisatawan asing maupun wisatawan domestik, yang ingin menuju ke beberapa objek wisata yang ada di Lombok.Hutan Baun Pusuk

Di hutan pusuk ini Anda akan di suguhkan dengan beberapa pemandangan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya dan juga kesejukan dari udara yang masih terasa begitu menyegarkan.

Tentu ini akan menghilangkan rasa lelah Anda selama perjalanan menuju kawasan wisata tersebut. Ribuan monyet yang berkeliaran bebas yang berkeliaran di hutan pusuk ini menyambut Anda ketika sampai kawasan hutan pusuk.

Objek wisata terakhir yang sangat wajib dan tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Kuta Lombok. Keindahan pantai Kuta Lombok layak disandingkan dengan pantai Kuta Bali.

Pantai Kuta Lombok ini memiliki keunikan dari bentuk pasirnya yang seperti butiran merica. Ketika Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.keindahan pulau lombok pantai kuta

Tidak hanya pasirnya saja yang unik, keindahan alam di sekitarnya juga sangat mempesona yang dipadukan dengan air laut yang berwarna biru jernih. Anda bisa merasakan kesegaran air laut di pantai Kuta Lombok ini sambil melihat keindahan bawah lautnya yang masih sangat terjaga.

Apakah Anda Siap Menikmati Keindahan Pulau Lombok ?

Sejauh ini tidak ada yang dapat berpaling dari Keindahan Pulau Lombok  yang memang mempunyai banyak kelebihan untuk urusan pesona wisatanya. Sekarang Anda sudah tahukan beberapa objek wisata Lombok yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Dan memang pemandangan objek wisata yang sangat indah tersebut patut untuk kita nikmati. Demikian ulasan dari Keindahan Pulau Lombok yang eksotis yang bisa Anda nikmati saat berlibur ke pulau Lombok. Ayo renanakan liburan Anda sekarang juga dengan menggunakan paket liburan di lombok dan jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata di atas ya

Objek Wisata di Lombok Timur yang Penuh Pesona Mengagumkan

Ibu Engeline dan keluarga di Tanjung Ringgit

Objek Wisata di Lombok Timur kini mulai menampakkan dirinya di dunia pariwisata. Bahkan levelnya  bukan hanya lokal melaainkan sudah Internasional. Hal ini di sebabkan letaknya yang bertekatan dengan pulau Bali dan pulau Komodo, serta pulau Lombok sendiri menyuguhkan keindahan alam yang masih perawan.

Perlu Anda ketahui bahwa Objek Wisata di Lombok Timur yang paling di cari khusunya para pendaki adalah Gunung Rinjani. Gunungu ini menjadi gunung tertinggi ke tiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 m diatas permukaan laut.

Pulau ini memiliki luas 5.435 km yang dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota. Yakni kota mataram, kabupaten lombok barat, kabupaten lombok timur, kabupaten lombok tengah, dan kabupaten lombok utara.

Setiap kabupaten di Lombok ini mempunyai destinasi luar bisa yang dapat kita knjungi dan nikmati. Seperti halnya beberapa Objek Wisata di Lombok Timur di bawah ini.

Objek Wisata di Lombok Timur yang Layak Anda Jadikan Destinasi Liburan Keluarga

Pantai Pink

objek wisata Lombok
Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai ini mempunyai keindahan yang tak lazim dan patut  anda coba. Memiliki pasir yang berwarna pink menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki pantai lain di Lombok.

Pantai Pink terletak di desa sekaroh, kecamatan jerowaru Lombok Timur, Indonesia. Sesungguhnya pasir di pantai ini berwarna putih, namun karena pasirnya bercampur dengan serpihan terumbu karang yang berwarna merah sehingga menjadikan pantai ini tampak berwarna pink.

Selain pasirnya yang berwarna pink, pantai ini juga dikelilingi tebing yang bisa Anda daki untuk menikmati keindahan dibawahnya. Air Laut di pantai ini cukup tenang sehingga Anda bisa bermain air dengan rasa aman.

Bukan hanya pantainya saja yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk wisata, tapi di sekitar pantai Pink ini terdapat goa peninggalan Jepang yang ketika itu digunakan untuk memantau musuh yang menyerang melalui perairan laut.

Artikel menarik lainnya: Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat atau gili lawang memiliki panjang 5,2 kilometer yang masih terlindung dari polusi dan masih sangat alami keberadaannya. Pantainya yang indah untuk para wisatawan yang suka snorkeling di gili Sulat ini terdapat hutan mangrove yang bisa dinikmati melalui jalan berpapan yang apik untuk anda yang hobi fotografer. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melakukan Camping untuk menikmati suasana alami serasa dunia milik sendiri lho.

Kondisi Objek Wisata di Lombok Timur yang aman dan perairan yang tenang di sekitar gili membuat Anda bisa menikmati pemandangan sekitar menggunakan kano. Jika ingin mencapai tempat ini, Anda tetap harus menggunakan mobil pribadi. Gili Lawang merupakan tetangga gili Sulat. Jarak keduanya cukup berdekatan dengan jarak kira-kira 500 meter.

Kedua gili tersebut sebenarnya menjadi tempat singgah bagi nelayan. Sebab selalu menjadi destinasi wisata baru yang banyak digandrungi orang karena kealamiannya, kedua gili ini pun saat ini menjadi tempat favorit yang didatangi wisatawan baik domestik maupun internasional yang mendambakan ketenangan dan nuansa alam yang masih alami.

Tanjung ringgit

objek wisata di lombok timur
Tanjung Ringgit

Tanjung ringgit terletak di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Indonesia. Ini adalah sebuah tanjung yang bentuknya menyerupai kepala buaya, unik bukan ? Anda dapat menikmati keindahan tanjung ringgit dengan duduk bersantai diatas bukit tebing di bawah pohon sambil menikmati udara segar.

Di Objek Wisata di Lombok Timur Anda bisa menikmati semilir angin laut yang berbau khas alam sekitar. Di sana, Anda juga akan melihat meriam peninggalan belanda yang masih kokoh menghadap laut untuk menambah koleksi foto keren Anda tentunya. Tidak hanya itu, terdapat sebuah gua yang bisa anda kunjungi. Untuk lokasi gua ini cukup tersembunyi sehingga Anda harus bertanya pada penduduk sekitar.

Manfaat Liburan ke Objek Wisata di Lombok Timur

Tentunya akan ada manfaat yang akan Anda peroleh jika liburan ke Objek Wisata di Lombok Timur ini. Anda akan dapat merasakan suasana alam yang masih alami dan jauh dari polusi. Selain itu Anda juga dapat belajar kebudayaan dari penduduk sekitar dan mempelajari sejarah yang ada di daerah setempat.

Objek Wisata di Lombok Timur ini menyajikan sejumlah keistimewaa tersendiri, jadi buat apalagi untuk ragu berlibur kesana ? Yuk.. langsung berlibur bersama keluarga, teman ataupun sahabat untuk menikmati keindahannya. Selamat berlbur..!!!

Wisata Alam di Lombok yang Asri dengan Keindahan Alamnya

tempat wisata Lombok Tengah

Wisata Alam di Lombok yang Asri dengan Keindahan Alamnya merupakan salah satu yang menjadi daya tarik untuk semua orang berkunjung. Pulau ini adalah alternatif terbaik selain Bali untuk menikmati pemandangan.

Bagi Anda yang ingin menikmati Wisata Alam di Lombok terdapat beberapa tempat yang kami rekomendasikan. Tempat ini adalah tempat paling sering di kunjungi oleh turis luar dan dalam negeri.

Berikut adalah Tempat Wisata Alam di Lombok Terbaik :

  • Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno
objek wisata di lombok
Gili Trawangan

Pulau lombok mempunyai beberapa pulau kecil di area lepas pantainya,tapi tiga yang paling terkenal merupakan Trawangan, Air, dan Meno. Dari tiga gili ini mempunyai lokasi yang berdekatan, hinggaa sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat. Pulau ini mempunyai banyak pilihan resort, baik yang sederhana ataupun mahal.

Wisatawa tentunya dapat menikmati pemandangan pantai, minum di kedai pinggir pantai, menyewa sepeda, atau juga jalan-jalan naik delman di tempat wisata di Lombok ini. Di Gli Trawang kerap jadi lokasi pesta pinggir pantai, dan tentunya sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana resort.

  • Pantai Tanjung Aan

Wisata Ibu Siswi dan Keluarga di Pantai Tanjung AanPantai ini terletak cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, dan dapat dikunjungi sekaligus dalam sehari oleh Anda. Tempat yang berada di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak yang lembut, namun karakteristik pasirnya sangat mirip butiran merica. Ada beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, tapi secara keseluruhan, pantai tajung aan cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.

Pantai ini merupakan tempat wisata di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling dan slancar. Orang orang sekitar banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka warung makan sederhana di pinggir pantai. Kita juga dapat membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Di bulan Februari dan juga Maret, tempat ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, seperti halnya Pantai Kuta dan sekitarnya.

Dimana Wisata Alam Lombok yang Terlihat Sangat Asri?

Air Terjun Tiu Kelep adalah Wisata Alam Lombok yang sampai sekrang masih terlihat indah dan asri. Air terjun ini merupakan air terjun yang terletak di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara. Air Terjun Tiu Kelep ini masih relatif asri, dan mempunyai ketinggian sekitar 45 meter.

Tempat wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan serta hutan, dan berakhir di sebuah kolam sejuk dan indah. Udara segar akan membuat stres lenyap dalam sekejap.

Setiap wisatawan yang hendak menikmati keindahan tempat wisata di Lombok ini sebaiknya sewa sepeda motor atau mobil dengan sopir, sebab tidak ada kendaraan umum yang menuju ke area air terjun. Turis dapat membayar penduduk setempat untuk menjadi pemandu dan terdapat tangga yang sengaja dibangun untuk mencapai air terjun ini.

  • Taman Narmada
tempat liburan di Lombok
Taman Narmada

Terletak di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Taman Narmada ini adalah peninggalan Anak Agung Ngurah Karang Asem, sang raja Mataram Lombok dari abad ke-18. Dulunya tempat ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan sekaligus lokasi ritual, sampai saat ini dibuka untuk umum setelah melalui beberapa proyek pemugaran badan. Keadaan taman ini sangat rapi dan terawat, mirip dengan taman keluarga kerajaan di Karangasem yang berada di Bali.

Taman ini mempunyai berbagai bangunan bersejarah yang indah, contohnya : Balai Loji, Terang, dan Pamerajan yang adalah bagian dari kediaman raja, Pura Lingsar dan Kalasa yang merupakan tempat ibadah, juga panggung terbuka untuk menampilkan pertunjukan. Terdapat juga danau buatan, kolam Balai Petirtaan yang airnya bersumber dari Gunung Rinjani, juga Taman Paresak yang kini beralih fungsi menjadi kebun buah.

Wisatawan dapat menikmati keindahan taman sambil bermain perahu dayung dan mencoba flying fox di area danau tersebut. Terdapat juga diorama budaya Suku Sasak, ysng lengkap dengan informasi untuk mengedukasi setiap pengunjung. Di hari biasa, para pengunjung dapat naik ke puncak Pura Kalasa guna melihat keindahan seluruh taman. Dan ketika memasuki pura, pengunjung dwajibkan bersikap sopan, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengenakan pakaian sopan juga rapi. Ini adalah Wisata Alam Lombok yang sangat rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan paket liburan di lombok untuk memudahkan wisata Anda di Lombok.

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang wajib Anda kunjungi untuk melihat pemandangan surga dunia. Berbagai objek wisata indah di Lombok yang menarik untuk dikunjungi. Kita dapat melihat dari wisata alamnya, wisata budaya, wisata kulinernya, dll.

Hampir setiap hari ada begitu banyak orang yang menghabiskan waktu liburan mereka untuk bepergian ke beberapa tempat yang indah seperti Lombok. Sebuah pulau kecil yang menyimpan sejuta keindahan yang bisa Anda nikmati.

Mereka mungkin tidak pernah berfikir bahwa Indonesia mempunyai begitu banyak pulau yang indah bagaikan surga yang layak untuk di kunjungi. Contohnya yakni Pulau Lombok.

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang letaknya di Nusa Tenggara Barat. Memiliki luas wilayah yang bisa di bilang tidak terlalu luas bahkan Pulau Lombok luasnya hampir sama dengan luas Pulau Bali. Namun terdapat beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang dapat Anda datangi untuk menikmati keindahan alam, kuliner dan lain sebagainya

Inilah 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok Terindah

Kita dapat melihat ada begitu banyak orang Indonesia yang pergi ke luar negeri untuk berlibur, bagi kami itu sangat di sayangakan. Sebab di Indonesia dan salah satunya Lombok masih ada begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya sebagai berikut :

Pantai Kuta Lombok

tempat wisata Lombok
Pantai Kuta Lombok

Pemandangan pantai kuta lombok memang tidak kalah dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Perlu Anda ketahui bahwa pantai kuta lombok juga menawarkan keindahan alam yang sangat indah, lain dari pada itu Anda juga dapat menikmati laut yang sangat biru, hamparan yang unik karena berbentuk seperti butiran merica dan juga ombak yang tenang.

Tentu ini akan membuat Anda merasa nyaman untuk berada di pantai, bahkan Anda dapat juga membawa buah hati untuk turut berenang, karena Pantai Kuta Lombok adalah pantai yang sangat aman untuk siapapun juga yang melakukan tour.

Desa Banyumulek

Tempat Wisata Lombok Barat
Desa Banyumulek

Desa ini terletak di Kab Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa Banyumulek berada sekitar 14 kilometer sebelah selatan Mataram, yakni ibukota Nusa Tenggara Barat. Berkunjung ke desa ini sering menjadi agenda utama untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok. Sesudah memasuki desa, para wisatawan akan disambut oleh sebuah frame gerbang besi kokoh yang bertuliskan Pusat Industri Gerabah Banyumulek.

Sesudah masuk, di jalan desa wisatawan akan melihat deretan toko-toko seni di depan rumah warga. Toko  seni ini menjual berbagai kerajinan dan salah satu yang paling terkenal adalah kerajinan gerabah. Hal paling menarik merupakan cara pembuatan gerabah di Desa Banyumelek ini masih mempertahankan teknik pembakaran tradisional, yakni dengan memakai jerami dan kayu bakar.

Pantai Pink Lombok

wisata Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Pantai Pink hanya ada dua di Indonesia dan hanya ada 7 di seluruh dunia. Pantai yang termasuk langka ini menjadikan Pantai Pink di Lombok sebagai tempat wisata yang unik dan menarik perhatian.

Warna pasir pantai yang bukan berwarna hitam atau putih seperti kebanyakan pantai, menjadi keunikna tersendiri. Para wisatawan yang datang ke objek wisata pantai  ini disambut, dengan pemandangan pantai dan hamparan pasir yang terlihat berwarna merah muda.

Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk semua orang yang datang, dan ini adalah Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang sangat wajib Anda kunjungi

Wisata Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung AanHampir sama dengan Pantai Pink, Pantai ini juga terdapat keunikan pada pasir pantainya. Teksturnya yang jarang ditemukan di kebanyakan pantai membuat pantai ini unik dan beda. Wisata Pantai Tanjung Aan memiliki pasir pantai putih dengan tekstur pasir yang berbeda-beda.

Di sisi pantai adalah daerah dengan pasir yang mempunyai tekstur kasar dengan ukuran yang lumyana besar seperti merica. Apabila Anda berjalan ke arah lain, maka akan terasa pasir yang semakin lama semakin halus. Ada keunikan dan hal menarik dari pantai pink lombok dan pantai tanjung aan.

Gili Trawangan

gili trawanganIni salah satu pulau kecil yang terletak di dekat Pulau Lombok. Gili Trawagan adalah sebuah tempat wisata air yang paling banyak diminati dan didatangi oleh wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri.

Gili Trawagan mempunyai beberapa pulau kecil lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Gili Air, dan Gili Meno.

Pantai ini dapat Anda nikmati dengan hamparan laut yang berwarna biru jernih, pasir pantai yang putih bersih serta keindahan bawah laut yang sangat cantik. Bisa Anda bayangkan bagaimana serunya liburan Anda jika mengunjungi objek wisata Gili Trawangan ini.

Taman Narmada

tempat liburan di Lombok
Taman Narmada

Taman Narmada adalah Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang memiliki beberapa fasilitas yang sangat indah seperti kolam, taman dan mata air asli dari Gunung Rinjani. Orang orang setempat memberikan nama pada mata air yang ada di Taman Narmada dengan nama awet muda. Konon katanya tempat ini digunakan untuk tempat istirahat keluarga kerajaan dan menyejukan badan. Udara sejuk nan segar menyapa ketika Anda berkunjung di Taman ini.

Terdapat tiga kolam yang ada di bawah yang langsung dialiri oleh air yang berasal dari Gunung Rinjani, Indonesia. Taman ini juga memiliki pura yang di namai Pura Kalasa yang terletak diatas taman Narmanda.

Jika ingin ke pura, Anda harus menaiki anak tangga setapak demi setapak. Terbilang cukup melelahkan untuk menaikinya, namun apabila sudah berada di pura tersebut semua rasa lelah itu terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah.

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok dengan Keadaan Alamnya yang Asri!

Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di Lombok yaitu wisata alamnya, kuliner, budaya, dan lain sebagainya.

Kami yakin tidak akan lengkap rasanya tentu apabila Anda tidak mengunjungi ke beberapa desa wisata yang masih sangat kental dengan budaya dan mengetahui suku asli Pulau Lombok yaitu Suku Sasak. Desa tersebut merupakan Desa Sade, Desa Sukarara, dan lain sebaginya.

Anda juga dapat melihat suku-suku asli dari Pulau Lombok ini yakni Suku Sasak yang masih ada sampai sekarang. Anda juga dapat mempelajari cara membuat aneka kerajinan tangan dan juga kain khas Pulau Lombok yang sangat indah dan rapi.

Hasil dari kain tenun inilah yang biasanya di pakai oleh para warga desa tersebut untuk dijadikan sebagai mata pencaharian mereka. Berikut merupakan beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang mungkin akan Anda kunjungi dalam waktu dekat ini.

Anda tidak perlu bingung ataupun khawatir apabila akan pergi ke Pulau Lombok. Sebab kami telah menyediakan jasa untuk paket liburan ke Pulau Lombok. Kami sebagai penyedia tour dan travel akan memberikan yang terbaik untuk Anda selama perjalanan liburan Anda ke Lombok.

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok merupakan hasil dari riset kami pada tempat yang paling sering di kunjungi oleh beberapa turis di Indonesia, bahkan bukan hanya itu turis atau wisatawan asing juga sangat banyak yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati bagaimana sensasi berada di tempat yang sangat memukau dan sekarang giliran Anda.