3 Macam Wisata Pulau Lombok yang Populer

Banyak destinasi wisata di Lombok yang sudah populer di kalangan wisatawan. Daya tariknya kadang dari alamnya yang menjadi salah satu alasan untuk mengunjunginya, namun sejatinya tidak hanya itu. Ada berbagai wisata pulau Lombok yang bisa dikunjungi mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata alam. Wisata Lombok yang perlu Anda kunjungi yaitu :

  1. Desa Wisata

Pulau Lombok memiliki beberapa desa yang masih erat dengan kebudayaan dan menjadi daya tarik untuk wisata budaya Lombok. Desa-desa tersebut adalah desa Sukarara, desa Sade, dan desa Banyumulek. Desa Sukarara merupakan salah satu desa yang menerapkan tradisi menenun pada wanita sebelum menikah. Anda bisa menemukan para wanita muda sedang menenun. Hal ini dikarenakan di desa Sukarara memiliki suatu tradisi dimana seorang perempuan yang belum menikah harus bisa menenun terlebih dahulu sebelum boleh menikah. Akibat banyaknya wanita yang menenun atau bisa menjadi salah satu hasil dari tradisi, sehingga desa Sukarara menjadi desa penghasil kain tenun. Kain tenun ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Lombok. Anda bisa belajar menenun disini sembari belajar dan mengenal budaya Lombok.

wisata pulau Lombok

Kemudian ada desa wisata pulau Lombok yang masih memegang teguh tradisi dari suku Sasak, yaitu desa Sade.  Desa Sade masih dalam suasana perkampungan seperti penduduk pribumi asli dari Lombok. Terlihat dari bangunan temapat tinggalnya yang masih berasal dari bahan yang tradisional misalnya atap rumah dari bahan ijuk, kuda-kuda atapnya berasal dari bambu yang tidak menggunakan paku. Bagian temboknya masih menggunakan bahan bambu yang dianyam, dan lantainya masih dengan tanah. Kebiasaan dari warga desa Sade ini juga cukup unik yaitu mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau. Hal ini dipercaya untuk membuat hangat lantai rumah dan mengusir nyamuk.

Selanjutnya ada desa Banyumulek yang merupakan desa penghasil gerabah. Warga desa ini mayoritas adalah pengrajin gerabah. Anda bisa belajar untuk membuat gerabah dengan mengetahui segala prosesnya. Wisata pulau Lombok dengan mengunjungi beberapa desa tersebut cukup bermanfaat bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda.

  1. Taman Narmada

Lombok juga kaya akan wisata sejarah dengan banyak ditemukannya peninggalan sejarah di pulau ini. Salah satunya adalah Taman Narmada, yang berada 10 km dari wilayah Mataram. Taman Narmada ini merupakan salah satu wujud dari peninggalan sejarah dimana konsep pembangunannya bertujuan untuk memudahkan raja-raja untuk tetap melakukan ritual Pekaleman atau qurban ketika usianya sudah tidak memungkinkan kembali untuk mendaki gunung. Ritual ini dilakukan dengan mendaki gunung Rinjani, sehingga Taman Narmada di desain dengan sedemikian rupa sehingga membentuk seperti gunung Rinjani. Pada taman ini terdapat tangga dan kolamnya yang berperan seperti danau Segara Anakan yang ada di puncak Rinjani. Konon katanya air kolam ini berasal dari danau Segara Anakan dan dipercaya bisa menjadikan awet muda. Pemandangan di taman wisata pulau Lombok ini cukup sejuk, hijau, dan asri sehingga Anda perlu mencoba untuk mengunjunginya sebagai wisata sejarah.

  1. Wisata Air Terjun

Wisata alam yang selanjutnya menjadi primadona dari wisata pulau Lombok cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Salah satu wisata alam yang cukup membuat takjub wisatawan adalah air terjun. Di Lombok ada banyak air terjun, namun yang populer yaitu air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep. Kedua air terjun ini berada di satu lokasi dalam satu aliran sungai yang sama. Keberadannya ada di kaki gunung Rinjani dan pada perjalanan pertama Anda akan menemui air terjun Sendang Gile terlebih dahulu. Air terjun Sendang Gile ini jatuh dari tebing bertingkat dengan tanaman hijau tumbuh subur di tebing tersebut sehingga membuat indah dan pesona yang cukup memukau. Biasanya saat liburan air terjun ini cukup ramai untuk dikunjungi. Selanjutnya, perjalanan berlanjut nanjak menuju air terjun Tiu Kelep. Perjalanan ke air terjun ini cocok bagi Anda yang menyukai tantangan karena medan perjalanannya memang cukup menantang dan harus menyusuri sungai kecil beberapa kali, namun terbayar dengan pesona indah wisata pulau Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *