Bosan Liburan ke Pantai? Ini Alternatif Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Akhir tahun merupakan waktu yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk pergi berlibur dan rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Pulau Lombok adalah salah satu diantara banyak tempat di Indonesia yang kerap menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal ataupun asing karena keindahan alamnya.Mungkin yang muncul di benak anda apabila mendengar tentang tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi adalah wisata pulau dan pantainya dengan air yang jernih serta pasir putih yang indah. Tapi tahukah anda bahwa Lombok ternyata menyimpan potensi wisata yang beragam selain wisata pantainya yang sudah tersohor.

Bagi anda yang menginginkan kegiatan liburan dengan lokasi wisata yang beragam Lombok bisa menjadi alternatif yang tepat. Terdapat berbagai tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi mulai dari wisata sejarah, wisata pegunungan, wisata hutan, wisata air terjun bahkan anda dapat merasakan berkunjung ke desa wisata dan menyaksikan langsung kehidupan masyarakat lokal di sana. Beberapa alternatif tujuan wisata di Lombok yang bisa anda pilih untuk berekreasi diantaranya Masjid Bayan Beleq, Desa Sade, Hutan Paun Pusuk, dan Air Terjun Sendang Gile. Anda yang berencana untuk berlibur bersama keluarga tentu tidak akan bosan dengan tujuan wisata yang itu-itu saja, nah mari kita simak ulasannya:

tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi

  1. Masjid Bayan Beleq

Bagi anda umat muslim ataupun beragama lain yang ingin berkunjung ke lokasi wisata sejarah, Masjid Bayan Beleq merupakan salah satu tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi. Masjid tertua di Pulau Lombok ini berlokasi di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara yang bisa anda tempuh sekitar 80 km dari Kota Mataram. Arsitektur masjid ini masih dijaga keasliannya yakni berupa bangunan tradisional dengan dinding kayu dan bambu serta masih beralaskan tanah. Di areal sekitar masjid anda juga dapat menemukan makam-makam para pemuka agama islam terdahulu yang wafat di Bayan. Apabila anda ingin membeli oleh-oleh berupa miniatur Masjid Bayan Baleq, anda bisa memperolehnya di toko-toko souvenir di sekitar masjid.

  1. Desa Sade

Desa ini berjarak sekitar 20 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok, tepatnya di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.Desa Sade merupakan tempat tinggal dari Suku Sasak yang masih teguh memegang adat istiadat mereka. Rumah warga Desa Sade masih berupa rumah-rumah adat yang uniknya lantai rumah mereka terbuat dari kotoran kerbau.  Tidak ada retribusi khusus untuk masuk ke Desa Sade, anda hanya perlu mengisi buku kunjung dan bisa memberikan tip seikhlasnya. Di Desa ini, anda bisa melihat berbagai atraksi budaya maupun membeli cinderamata seperti gelang atau kain tenun hasil buatan warga desa. Oleh karena itu, tidak salah apabila Desa Sade ini menjadi salah satu tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi.

  1. Hutan Baun Pusuk

Hutan Baun Pusuk sebagai salah satu tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi ini berlokasi tidak jauh dari kota Mataram. Hutan ini merupakan hutan wisata dengan panorama alam yang memanjakan mata. Anda bisa berkeliling hutan untuk menikmati sejuknya udara serta hijaunya pepohonan dari berbagai spesies tanaman.Jika lelah berjalan anda bisa beristirahat di pendopo kecil yang tersebar di areal hutan. Jangan lupa siapkan snack ya, karena di sekitar hutan banyak terdapat monyet jinak yang dapat anda beri makan. Banyak spot-spot dengan pemandangan indah namun dengan medan yang cukup menantang untuk dilalui, jadi anda harus tetap berhati-hati.

  1. Air Terjun Sendang Gile

Tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Sendang Gile yang berlokasi di Desa Senaru, Lombok Utara. Untuk mencapai air terjun ini anda perlu melalui medan yang cukup melelahkan, jadi siapkan stamina dan bekal yang cukup agar tetap bisa menikmati liburan anda. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang indah serta air yang sejuk dan segar. Tidak perlu khawatir, jika anda ingin menginap karena di sekitar lokasi ini bisa ditemukan penginapan yang dapat anda sewa dengan fasilitas yang memadai dan sesuai dengan budget yang disiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *