Anda Merasa Bosan dan Penat? Berikut 5 Destinasi Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Pulau Lombok menyimpan berjuta seni alam dan budaya yang masih asri. Terbentang berbagai flora dan fauna yang mudah ditemukan, masyarakat pribumi yang masih mempertahankan budaya aslinya, dan bangunan bersejarah sebagai edukasi pengunjung. Pulau Lombok sangat cocok bagi Anda yang merasa bosan dan ingin istirahat sejenak dengan segala rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Berikut beberapa ulasan mengenai tempat wisata lombokyang wajib dikunjungi seperti Masjid Bayan Balek, Air Terjun Sendang Gile, Pantai Pink Lombok, Pura Lingsar, dan Desa Sade.

destinasi lombok

  1. Masjid Bayan Balek

Masjid Bayan Balek merupakan masjid pertama yang didirikan di Pulau Lombok yang terletak di kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Masjid ini menjadi situs bersejarah di Indonesia karena telah berusia hampir 300 tahun. Keunikan dari masjid ini terdapat pada bahan dasar bangunan tersebut. Banguanan yang tidak seperti masjid pada umumnya. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, atapnya berbentuk kerucut dengan ijuk bambu yang ditumpuk, pondasi yang tersusun dari bebatuan sungai, dan lantai yang beralaskan tanah liat dengan tikar sebagai penutup.

Jika Anda memasuki destinasi lombok yang satu ini, maka akan menjumpai sebuah makam. Makam tersebut merupakan makam pembesar (Baleq) yang pertama kali menyebarkan agama Islam di kawasan ini. Di samping kanan dan kiri masjid, juga terdapat makam dua tokoh yang dahulu sering mengurus dan memakmurkan masjid.

  1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile merupakan air terjun dari mata kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini terletak di kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Keasrian dan kesejukan air terjun ini dapat menjadikan siapa saja yang mandi atau membasuh muka terlihat lebih muda satu tahun dari usia sebenarnya.

Bagi Anda yang gemar berpetualang, maka destinasi lombok yang segar ini wajib di jumpai. Perjalanan untuk sampai ditempat ini memang membutuhkan perjuangan, karena Anda harus menaiki dua ratus anak tangga. Tetapi setelah lelah dan berkeringat, Anda akan disajikan oleh kenikmatan gemericik air dan pepohonan yang hijau nan rimbun.

  1. Pantai Pink Lombok

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink Lombok adalah salah satu pantai di Indonesia yang menyajikan pasir berwarna pink dengan berbagai macam biota laut. Suasana yang tenang dan ombak yang kecil menjadikan pantai ini tampak begitu cantik. Hamparan bukit yang mengelilinginya menambah daftar keindahan destinasi lombok yang memukau. Pantai ini terletak di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan menuju pantai ini sekitar 2 jam menggunakan kendaraan darat dengan melewati kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit.

  1. Pura Lingsar

Bagaimana ketika Anda beribadah ditempat yang menyatukan dua agama? Tentunya sangat aneh dan terlihat janggal. Namun, tidak untuk destinasi lombok yang satu ini. Pura Lingsar merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu dan Islam. Di tempat ini juga sering diadakan doa bersama yang dihadiri oleh berbagai agama di Lombok. Konon, asal usul dibangunnya masjid ini adalah untuk menjaga persatuan penduduk sasak yang beragama Hindu dan Islam. Oleh karena itu, untuk menjaga perdamaian dilarang menyembelih hewan apapun di dalam pura ini. Sebelum Anda memasuki pura ini, terlebih dahulu menggunakan selendang berwarna kuning sebagai rasa hormat atas kesuciannya. Setelah memasuki pura ini, Anda akan melihat kolam kecil yang dihuni oleh ikan tuna besar. Banyak pengunjung yang melemparkan koin disana sambil memanjatkan doa.

  1. Desa Sade

Desa Sade adalah destinasi lombok yang bernuansa kebudayaan. Disana hidup berbagai masyarakat Suku Sasak yang masih kental mempertahankan keaslian suku. Keunikan dari desa ini adalah belum terjamaknya penggunaan listrik sebagai penerangan meskipun pemerintah sudah menyarankan untuk menggunakan listrik.Keunikan lainnya adalah semua rumah di desa ini dibangun dari bahan dasar bambu.Atapnya berasal dari ijuk, temboknya berasal dari anyaman bambu, dan lantainya beralaskan tanah liat.Konon, masyarakat Sasak membersihkan lantai menggunakan kotoran kerbau.Mereka berpendapat bahwa kotoran kerbau dapat menghilangkan nyamuk.Jika Anda pergi ke pulau Lombok, wajib untuk mengunjungi dan merasakan sensasi tinggal di desa ini. Anda akan menikmati hidup pada zaman kesederhanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *