Ultimate magazine theme for WordPress.

Wow! Ini 5 Fakta Menarik Wisata Lombok Pantai Pink yang Jarang Diketahui

Lombok belakangan mulai dikenal akrab dikalangan para traveler dan travel agent. Semakin kesini mulai banyak wisatawan yang berdatangan ke Lombok untuk menikmati keindahan wisata alamnya yang sudah diakui secara nasional hingga tingkat internasional. Tak heran jika Anda ke Lombok melihat ada banyak turis asing yang berlalu-lalang, karena memang Lombok kini sudah sangat dikenal oleh wisatawan asing. Hal ini tentu memberi dampak signifikan terhadap pertumbuhan pariwisata di Lombok. Apalagi wisata Lombok Pantai Pink yang sangat mempesona.

Bicara soal wisata alam Lombok, tentu Anda tahu dong destinasi apa yang paling tersohor seantero Lombok. Ya, pantai. Pantai di Lombok menjadi destinasi wisata utama para wisatawan. Salah satu pantai yang sangat unik dan paling beda di Lombok adalah Pantai Pink, pernah dengar?

Pantai Pink terpatnya berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini juga sering disebut Pantai Tangsi karena memang tempat ini sebelumnya adalah merupakan tangsi atau barak saat pendudukan Jepang di Indonesia. Sayangnya, menuju ke pantai indah ini masih penuh tantangan dan butuh kesabaran ekstra. Karena Anda akan dihadapkan oleh jalan berbatu yang kadang menimbun lumpur saat musim penghujan tiba.

5 Fakta Menarik Wisata Lombok Pantai Pink

Tapi jangan khawatir, meski jalan yang dilalui cukup menantang, semua akan terbayar lunas saat Anda tiba di pantai unik nan eksotis ini. Berikut ini beberapa fakta menarik wisata Lombok Pantai Pink yang jarang diketahui orang. Yuk, simak agar tahu!

  1. Pasir pantai sebetulnya berwarna putih
wisata lombok pantai pink
Pantai Pink Lombok

Pasir Pantai Pink Lombok sebetulnya sama seperti pantai di Lombok pada umumnya, yaitu putih dan bersih. Namun, kita akan melihat dari jauh ataupun dekat, pasir pantainya akan berwarna pink sekali. Hal ini disebabkan oleh karang yang hidup dan tumbuh di lautan Pantai Pink yang sangat banyak jumlahnya.

Bebatuan karang yang telah mati kemudian terkikis oleh derasnya air laut. Hasil kikisan ini tertumpuk di dasar laut yang kemudian terbawa oleh ombak ke bibir pantai, sehingga menjadikan warna pasir berubah menjadi warna merah muda dan bersinar.

  1. Berada di ujung timur Pulau Lombok
Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Meski lokasi pantai ini cukup jauh, namun masih tetap saja banyak pengunjung yang rela bertandang ke sini. Daerah ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari BIL dan 3 jam dari Senggigi. Namun, sejauh mata memandang Anda akan melihat laut lepas dan area hijau perbukitan yang sangat indah. Ditambah lagi airnya yang jernih, serta taman bawah lautnya yang menakjubkan.

  1. Banyak terdapat peninggalan Jepang
tempat wisata di Lombok yang menarik
Pantai Pink Lombok

Sembari menyaksikan keindahan Pantai Pink, Anda juga bisa menyaksikan peninggalan-peninggalan Jepang yang banyak tersebar di daerah perbukitan yang mengelilingi Pantai Pink. Berjalanlah sedikit ke area perbukitannya, Anda akan menemukan peninggalan Jepang berupa goa bawah tanah di bawah bukit, meriam, sumur, dan berbagai peninggalan lainnya. Anda bisa merasakan atmosfer perjuangan yang begitu tergambar di setiap sudutnya.

  1. Pantainya para pemancing

Sebelum dijadikan destinasi wisata Lombok Pantai Pink sejak lama memang sudah dijadikan tempat memancing oleh para pemancing lokal. Anda bisa menemukan jenis ikan laut yang bisa Anda temui, bahkan dari bibir pantai Anda bisa melihat ikan kecil-kecil. Beberapa kapal yang membawa Anda ke area snorkeling, biasanya adalah kapal-kapal yang digunakan oleh para pemancing lokal untuk memancing secara turun-temurun. Sebab, memancing memang sudah menjadi mata pencaharian pokok masyarakat pesisir Pantai Pink.

  1. Pernah ingin dibangun dermaga

Isu ini terjadi pada thaun 2017 lalu, di mana pemerintah setempat berencana akan membangun dermaga di sepanjang Pantai Pink. Tujuannya adalah untuk memperindah Pantai Pink. Bukan sekedar isu, beberapa kerangka bangunan sudah sempat dibangun. Namun, pembangunan terhenti karena mendapatkan penolakan keras dari masyarakat lokal.

Kerangka yang sudah terbangun terpaksa harus dibongkar lagi karena berbagai elemen akhirnya tidak ada yang mendukung pembangunan tersebut. Menurut masyarkat, pembangunan dermaga bukan memperindah destinasi wisata Lombok Pantai Pink, namun justru membuatnya semakin kumuh.

Itulah 5 fakta menarik tempat wisata Lombok Pantai Pink yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Yuk, liburan ke Pantai Pink!

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp