5 Masakan Khas Kuliner Lombok Yang Harus Anda Cicipi

Di Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan objek wisatanya,namun Lombok juga memiliki masakan khas yang tidak kalah nikmatnya dengan masakan khas lainnya. Berbagai macam masakan kuliner Lombok yang harus Anda cicipi diantaranya :

1. Pelecing Kangkung
Yang merupakan masakan nusantara namun ada bedanya dengan Pelecing Kangkung khas Lombok, Nusa tenggara Barat, karena Kangkung yang digunakan untuk masakan ini adalah kangkung khas Lombok berupa Kangkung Air yang hanya ada di Lombok, biasanya Kangkung Air ini ditanam di genangan air sehingga membuat kangkung menjadi besar dan renyah yang membuat masakan Pelecing Kangkung menjadi nikmat. Bukan hanya Kangkungnya saja yang membuat masakan ini nikmat namun juga terletak di bumbunya yang membuat masakan Pelecing Lombok menjadi nikmat.

2. Ayam Taliwang
Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi masakan Ayam Taliwang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan Ayam Taliwang dapat Anda temui di Rumah Makan Padang khas Lombok. Memasak Ayam Taliwang inipun berbeda karena menggunakan Ayam Kampung bukan Ayam Ras sehingga membuat masakan ini nikmat, Ayam Taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan yaitu di goreng atau di bakar. Selain proses pembuatannya yang cukup rumit, kelezatan Ayam Taliwang ini berada di bumbunya yang pedas, ada dua jenis bumbu yang digunakan untuk ini adalah bumbu pelecingan dan pelalah. Pelecingan merupakan bumbu yang agak pedas, sedangkan pelalah adalah bumbu sudah dicampuri dengan Ayam yang sudah dipotong-potong, dan bumbu inipunĀ  rasanya tidak terlalu pedas. Sebagai masakan khas Lombok Ayam Taliwang pun punyak histori, makanan ini pertama kalinya diperkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang diterapkan di Lombok pada jaman Kerajaan Karangasem, dan kemudian masakan ini pun menjadi terkenal di Lombok dan menjadi masakan kuliner yang nikmat.

3. Sate Bulayak
Inilah salah satu masakan yang harus Anda cicipi yaitu Sate Bulayak, adalah sajian kuliner khas Lombok yang terkenal. Sate ini terbuat dari Daging Sapi yang dilumuri dengan bumbu khas Lombok, Bulayaknya itu sendiri sejenis lontong yang dibungkus dengan daun enau dengan bentuk seperi spiral hampir sama dengaan ketupat walaupun berbeda, karena ketupat berbentuk persegi empat. Bulayak disajikan dengan sate atau jeroan yang dilumuri bumbu khas Lombok yang membuat masakan kuliner ini menjadi lezat.

4. Sate Tanjung
Awalnya Sate tanjung ini merupakan makanan yang disajikan untuk upacara keagamaan maupun perkawinan. Namun dengan seiringnya dengan perkembangan jaman Sate Tanjung ini sangat populer kelezatannya sehingga menjadi sajian kuliner yang bisa dinikmati sehari-hari. Sate tanjung terbuat dari ikan Cakalang atau ikan Langoan dengan bumbu khas tanjung yang membuat masakan kuliner Sate Tanjung menjadi Lezat.

5. Nasi Balap Puyung
Nasi Balap puyung adalah makanan kuliner yang sangat terkenal yang berasal dari desa Puyung, Lombok Tengah. Warga sekitar sering menyebutnya dengan makanan cepat saji ,secara tampilan menu makanan Nasi Balap Puyung tidak terlalu istimewa. Hanya berisi irisan daging ayam, taburan udang kering, abon, serta belut goreng. Kelezatan makanan terletak di rasa pedas bumbunya yang sederhana, sehingga membuat makanan ini menjadi kuliner khas Lombok.

Jika Anda tertarik dengan masakan di atas datanglah ke wisata kuliner Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *