Ultimate magazine theme for WordPress.

Jangan Lewatkan 5 Objek Wisata di Lombok Tengah Ini!

Siapa sih yang tak paham dengan pesona Lombok? Lombok seolah memang tak pernah berhenti menyihir semua orang. Daya tarik wisata alamnya yang begitu indah, eksotis, dan natural membuat Lombok selalu jadi tujuan wisata favorit, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik Lombok bukan hanya pada wisata alamnya saja, melainkan juga keindahan budaya, kuliner, hingga keramahan penduduk lokalnya menjadi sesuatu yang sangat dirindukan para wisatawan. Salah satu kabupaten di Lombok yang cukup ngangenin adalah objek wisata di Lombok Tengah.

Sebab, objek wisata di Lombok Tengah cukup lengkap, mulai dari kuliner hingga Desa Adat. Anda yang bertandang ke Lombok lewat jalur udara, sudah pasti menginjakkan kaki di Lombok Tengah. Sejak 2011, pemerintah daerah memang sengaja memindahkan bandara yang semula berada di Kota Mataram ke daerah Lombok Tengah ini, tepatnya di Jalan Tanak Awu. Lantas, apa saja objek wisata di Lombok Tengah yang bisa Anda kunjungi? Simak informasi berikut.

Ini Nih 4 Objek Wisata di Lombok Tengah

Kabupaten yang beribukota di Praya ini memiliki banyak objek wisata yang sangat menakjubkan. Bukan hanya pantai, tapi juga budaya dan hal menarik lainnya yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lainnya di Lombok. Inilah 5 objek wisata di Lombok Tengah yang tak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi!

1. Eksotiknya Pantai Kuta Lombok

objek wisata di Lombok Tengah
Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta yang selama ini kita kenal pasti Pantai Kuta Bali tempat favorit wisatawan menyaksikan tenggelamnya matahari. Rupanya, Lombok juga punya lho Pantai Kuta. Pantai ini berada di Desa Kuta yang jaraknya sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dari Kota Mataram dan hanya sekitar 20-30 menit dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Meski memiliki nama yang sama, karakteristik Pantai Kuta Lombok dengan Pantai Kuta Bali jelas berbeda. Pantai Kuta Lombok punya pantai yang putih dan bersih dengan pemandangan bukit yang mengelilingi, luar biasa indah. Pantai ini masuk dalam wilayah Pantai Selatan, sehingga memiliki ombak yang cocok untuk kegiatan surfing.

2. Romantisme di Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan Lombok
Tanjung Aan Lombok

Objek wisata di Lombok Tengah yang tak boleh Anda lewati selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai yang letaknya tak jauh dari Pantai Kuta Lombok ini memiliki panorama alam yang sungguh romantis. Hal ini karena suasana pantainya masih sangat sepi pengunjung, sehingga Anda bisa merasakan ketenangan layaknya berada di private beach. Hal ini karena Pantai Tanjung Aan masih belum memiliki fasilitas wisatawan yang memadai layaknya Pantai Kuta.

3. Uniknya Desa Sade

Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga
Wisata Desa Sade Lombok

Wisata ke Lombok Tengah, tak lengkap rasanya jika tak menginjakkan kaki di Desa Sade. Desa Adat ini merupakan tempat tinggal penduduk asli Lombok, Suku Sasak. Desa ini sangat mudah dijangkau karena letaknya yang berada tepat dipinggir jalan raya menuju Mataram, tepatnya di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Meski berada dekat dengan modenitas, Desa ini tetap memegang teguh adat dan budayanya.

Daya tarik utamanya adalah rumah-rumah dan perkampungannya yang masih menggunakan bahan-bahan pembuat yang alami. Tak hanya itu, perawatannya pun masih menggunakan bahan alami. Untuk mengepel alas rumahnya, masyarakat biasnaya memberihkannya dengan kotoran kerbau setiap seminggu sekali. Kotoran ini juga berasal dari kandang kerbau yang mereka miliki dan dicampur sedikit dengan air. Uniknya, Anda tidak akan mencium bau kotoran kerbau sedikit pun.

4. Belajar menenun di Desa Sukarara

Wisata Bapak Firman Maulana di Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara

Tenun khas Lombok merupakan yang terbaik dan paling dicari, bahkan oleh orang-orang di luar negeri. Desa Sukarara adalah salah satu desa adat di Lombok yang masih aktif memproduksi kain tenun dan sudah membudaya. Terletak tak jauh dari Desa Sade, Desa Sukarara juga merupakan Desa Adat Suku Sasak yang masih memegang teguh adat dan budaya.

Menenun adalah salah satu tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan oleh perempuan-perempuan di desa ini. Anda yang berkunjung kesini, jangan lewatkan kesempatan belajar menenun hingga berbelanja kain tenun khas Lombok. Kain tenun khas Lombok memang sangat diminati oleh para wisatawan yang datang.

Demikian ulasan mengenai beberapa objek wisata di Lombok tengah yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga ataupun pasangan. Jadi, ayo buruan berlibur ke Lombok dan rasakan kealamian wisatanya serta keramahan masyarakatnya.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp