Ultimate magazine theme for WordPress.

Bosan dengan Pantai dan Gili? Inilah 5 Tempat Wisata di Lombok selain Pantai

Indonesia terkenal dengan keindahan pesona laut dan pantainya yang menawan hingga tersohor ke mancanegara. Nyatanya, pesona keindahan Indonesia bukan hanya pada wilayah maritimnya saja. Tersimpan ribuan keindahan alam lainnya yang tak kalah mempesona dan selalu menjadi daya tarik para wisatawan, di antaranya budaya, adat-istiadat, gunung, air terjun, dan sebagainya. Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan yang lengkap adalah Pulau Lombok. Tempat wisata di Lombok selain pantai merupakan wisata yang pas jika Anda bosan dengan pantai.

Berada dekat dengan Pulau Dewata tak membuat Lombok kehabisan pengunjung setiap tahunnya, bahkan setiap harinya. Lombok kini kian menjelma menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling diminati, baik wisatawan lokal maupun asing. Jika selama ini Lombok dikenal dengan pantai dan gilinya yang menakjubkan, kali ini kami akan memperkenalkan sisi lain keindahan Lombok melalui tempat wisata di Lombok selain pantai dan gili. Simak yang berikut.

5 Tempat Wisata di Lombok selain Pantai dan Gili

Julukan “surganya petualang” rasanya tak berlebihan disematkan pada Pulau Seribu Masjid ini. Sebab, Lombok menawarkan keindahan yang sangat lengkap. Berikut ini beberapa tempat wisata di Lombok selain pantai dan gili yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba.

  1. Desa Sade
tempat wisata di lombok selain pantai
Wisata di Desa Sade Lombok

Jika Anda datang ke Lombok melalui jalur udara, sediakanlah waktu untuk mengunjungi Desa Sade yang berjarak hanya sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok. Desa Sade adalah desa kuno yang memiliki sejarah dalam perkembangan budaya dan adat istiadat di Lombok.

Desa ini terbentuk sejak ratusan tahun silam yang masih ditempati oleh Suku Sasak asli. Meski letaknya yang sangat dekat dengan modernitas, masyarakat Desa Sade begitu memegang teguh prinrip budayanyanya. Setiap bangunan hingga perawatannya masih menggunakan cara tradisional. Sempatkan pula untuk belajar menenun jika Anda ke Desa Sade.

  1. Bukit Selong Sembalun
sembalun
Sembalun Lombok

Bukit ini menjadi salah satu tempat wisata di Lombok selain pantai yang cukup diminati wisatawan. Sembalun terletak di kaki Gunung Rinjani, untuk menuju kesana dari Mataram memakan waktu sekitar 2-3 jam berkendara. Sesampainya di sana, Anda akan melihat pemnadangan sawah yang tak biasa. Bukit anak dara terlihat sangat dekat, begitu indah. Tipsnya, Anda bisa ke sini saat bulan Juli-Agustus, sebab bukitnya akan terlihat hijau kekuningan karena ada pohon yang mengering. Namun, Anda juga bisa datang kisaran bulan Desember-April karrena bukitnya akan terlihat hijau dan subur.

  1. Taman Narmada
Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Narmada adalah nama sebuah kecamatan di daerah Lombok Barat, tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Kawasan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Taman Narmada sudah dibangun sejak tahun 1700an silam dan hingga kini masih berdiri kokoh. Taman Narmada sengaja dibuat berundak agar menyerupai Gunung Rinjani karena sebenarnya memang Taman Narmada adalah replika Gunung Rinjani yang dibuat pada masa Kerajaan Mataram Lombok.

Semasa Anak Agung Ngurah Karang Asem sepuh, taman ini dibuat sedemikian rupa agar Sang Raja bisa melakukan upacara seperti sediakala tanpa harus mendaki Gunung Rinjani sungguhan. Karenanya dibuatlah taman ini. Daya tariknya adalah kolam awet muda yang terletak di area taman.

  1. Desa Adat Beleq Sembalun

Berkunjung ke Sembalun, Lombok, tak lengkap rasanya jika belum bertandang ke Desa Adat Beleq. Desa ini merupakan desa adat pertama di daerah Sembalun dan letaknya tak jauh dari Bukit Selong. Desa Beleq merupakan peninggalan dari para leluhur desa yang hingga kini masih dijaga dan dirawat tradisionalitasnya, untuk mengenang sejarah desa yang pernah hancur oleh letusan dahsyat Gunung Rinjani pada beberapa adat silam. Anda akan menjumpai beberapa rumah adat yang masih sangat alami. Anda bisa homestay di tempat ini dan mengikuti keseharian aktivitas penduduk.

  1. Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq

Tempat wisata di Lombok selain pantai kali ini datang dari tempat religi. Mendapat julukan masjid tertua di Lombok, Masjid Bayan Beleq bisa dibilang cukup ramai kunjungan wisatawan. Di tempat ini Anda akan melihat bangunan masjid yang sudah dibangun sejak abad ke-17.

Sekian informasi tentang tempat wisata di Lombok selain pantai yang tak kalah memukau. Untuk Anda yang tengah mempersiapkan liburan ke pulau Lombok, jangan lewatkan beberapa tempat wisata di atas yaa!

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp