Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Tempat Wisata di Sembalun Lombok yang harus Masuk Wish List Anda

Berwisata kini menjadi sebuah kebutuhan. Wisata di Sembalun Lombok bisa menjadi salah satu daftarnya. Kenapa Lombok? Lombok dikenal sebagai sebuah pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Semuanya menarik dan telah dikelola, sehingga dapat dikunjungi dengan nyaman oleh wisatawan. Tempat wisata di Lombok yang ditawarkan juga bervariasi, mulai pantai hingga air terjun, Mulai taman laut sampai hutan dengan satwa liarnya.

Wisata di Sembalun Lombok dan Wish List

Sembalun adalah sebuah kecamatan di wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sembalun dikenal sebagai gerbang menuju Gunung Rinjani. Namun ternyata Sembalun juga memiliki banyak obyek lain yang layak masuk wish list. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Taman Wisata Pusuk
Wisata di Sembalun Lombok
pusuk Lombok

Dengan lokasi pada ketinggian 1.250 mdpl, Taman Wisata Pusuk menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Hamparan pegunungan dan ketinggian lokasi ini menghadirkan suasana yang menenangkan, sekaligus udara yang segar. Dari Taman Wisata Pusuk Anda dapat melihat keindahan salah satu sisi Gunung Rinjani dan deretan bukit bernama bukit Pengasingan.

Tak jarang bukit Pengasingan diliputi oleh kabut tipis diantara pohon-pohon yang hijau. Sangat indah. Untuk mencapai Taman Wisata Pusuk, dapat ditempuh rute sebagaimana jika akan menuju Gunung Rinjani, sebab spot foto yang disediakan pengelola berada di lereng gunung Rinjani.

Keistimewaan lain adalah adanya kawanan monyet yang hidup bebas di sepanjang jalan dari Rinjani menuju taman wisata Pusuk. Meskipun hidup bebas, monyet-monyet ini bersikap jinak dan kooperatif. Tidak ada salahnya berbagi dengan hewan yang manis ini. Bawalah kacang atau pisang untuk mereka.

Pengelola telah membuat banyak photo spot yang menarik untuk mengabadikan aksi keren Anda, dengan latar belakang pemandangan gunung yang indah. Berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda membawa kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Bila perlu lengkapi dengan tripod atau tongsis sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan mudah.

  • Desa Bayan Beleq
Bayan Beleq
Bayan Beleq

Selagi berada di Sembalun, sempatkan untuk singgah di desa adat Beleq. Desa ini telah ditetapkan sebagai salah satu desa adat di pulau Lombok. Sebagai desa adat, Beleq menawarkan rumah adat tradisional Lombok. Rumah adat tradisional Lombok dibuat dari anyaman bambu dan jerami. Lantai rumah dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami.

Desa Beleq masih menjaga 7 rumah adat tradisional. Di kompleks tersebut juga terdapat 2 gelang dan 1 bale malang. Gelang adalah tempat penyimpanan harta benda, sedangkan bale malang adalah tempat yang digunakan khusus untuk beribadah. Pengunjung juga dapat melihat sebuah batu bertuah, yang disebut pasek gumi. Berada di kawasan desa wisata ini seakan Anda kembali ke masa yang lalu.

  • Bukit Selong Sembalun

Bukit Selong Sembalun berada di wilayah yang relatif sepi, namun menawarkan pemandangan yang sangat indah. Anda dapat mencapai obyek wisata ini melalui rute dari Mataram – Senggigi – Tanjung – Bayan – Sembalun. Dalam kondisi normal, rute ini bisa dicapai dalam waktu antara 3-4 jam saja.

Sepanjang jalan menuju Bukit Selong Sembalun, Anda akan melewati desa Sembalun Lawang yang cantik. Penduduknya menetap dengan rumah tinggal yang sebagiannya masih merupakan rumah tradisional Lombok. Selain itu juga terdapat beberapa air terjun  bernama air terjun Mangku Sakti, Mayung Putk, dan Kaliage.

Selain itu, penduduk setempat juga telah menyediakan fasilitas wisata berupa penginapan, warung, dan di rute tersebut juga telah dibuka kebun strawberry. Anda dapat berfoto di spot-spot yang disediakan oleh pengelola, dengan latar belakang hamparan sawah yang berwarna-warni, atau hamparan bukit Anak Dara yang indah.

  • Wisata Kebun Strawberry Sembalun

Daerah Sembalun memiliki tanah yang subur, sebagai akibat kedekatan lokasinya dengan gunung Rinjani yang masih aktif. Penduduknya banyak yang bercocok tanam beraneka sayur dan buah. Salah satu produk pertanian yang paling terkenal dari Sembalun adalah buah strowberrry, baik yang berukuran besar maupun kecil, namun rasanya sangat manis. Anda dapat membeli strawberry segar yang dijajakan oleh warga di sepanjang jalan.

Namun bila menghendaki, penduduk setempat tidak keberatan bila Anda ingin berkunjung ke kebun strawberry dan memetik sendiri. Wisata ini juga sangat cocok untuk anak-anak, agar mereka memiliki pengalaman dalam memilih buah yang matang dan bagaimana para petani menanam tanaman.

  • Air Terjun Umar Maya

Di wilayah Sembalun juga terdapat air terjun, salah satunya bernama air terjun Umar Maya. Lokasi air terjun Umar Maya di desa Bilok Petung, Sembalun. Lokasi ini dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 30-45 menit dari pusat Sembalun dengan moda transportasi motor. Kondisi jalan menuju lokasi sudah bagus. Pengelola telah menyediakan tempat parkir dan warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Dari tempat parkir, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang naik turun menuju aliran sungai. Perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti aliran sungai, sambil menikmati batu-batuan besar yang secara alami tampil cantik.

Air terjun Umar Maya memiliki ketinggian sekitar 6 meter. Namun di bagian bawah air terjun terdapat telaga yang luas dengan air berwarna biru keputihan karena mengandung belerang. Air biru ini dipadukan dengan bebatuan yang secara alami tampil cantik, sehingga sangat instagramable. Pengunjung diijinkan melakukan atraksi melompat ke telaga dari ketinggian bebatuan di atas air terjun.

  • Air Terjun Mangku Sakti

Selain air terjun Umar Maya, Sembalun juga menawarkan air terjun Mangku Sakti. Air terjun Mangun Sakti tidak begitu tinggi curahan airnya, namun lokasi ini memiliki banyak spot cantik dan unik yang sayang jika dilewatkan. Spot cantik terbentuk karena bentukan alam. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga lokasi ini sering dijadikan tempat pemotretan pre wedding.

Dengan penjelasan di atas, jangan ragu memasukkan Sembalun sebagai salah satu bagian dari wish list Anda. Sudah banyak yang membuktikan bahwa berwisata ke Lombok sangat memuaskan. Terlebih pemerintah dan warga setempat telah berupaya menjadikan pulaunya sebagai tujuan wisata, sehingga menyediakan lebih banyak lagi fasilitas wisata.

Selain itu, penyedia layanan wisata Lombok juga terus bertumbuh dengan berbagai tawaran yang menarik. Meskipun jika ingin lebih bebas mengeksplorasi Lombok, Anda dapat berkendara sendiri. Tetapi pastikan Anda telah memahami peta Lombok dengan baik, serta menyiapkan siasat ketika jaringan internet berada di luar jangkauan.

Wisata di Sembalun Lombok menjanjikan berbagai variasi lokasi wisata. Baik perbukitan, air terjun, maupun desa wisatanya sangat indah dan sayang jika dilewatkan dari daftar liburan. Perjalanan wisata liburan akan semakin bisa dinikmati bila Anda menggunakan jasa travel yang akan mengatur segala keperluan perjalanan Anda.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp