Liburan Ke Lombok? Jangan Lewatkan 5 Wisata Alam Lombok Menarik Ini!

Mendengar kata Lombok, kita akan berpikir tentang wisata pantainya yang indah. Padahal, masih banyak wisata alam lombok lainnya yang tak kalah indah. Lombok memang menjadi destinasi utama bagi para wisatawan yang ingin berlibur ataupun bulan madu. Berminat mengunjungi pulau indah ini? Pastikan diri Anda mengunjungi 5 tempat terindah di Lombok!

Pantai Merupakan Wisata Alam Lombok yang Dikenal Para Turis

Berkunjung ke Lombok belum lengkap rasanya jika belum menginjakkan kaki ke wisata pantainya. Berikut beberapa pantai yang menjadi wisata alam lombok favorit para turis.

  1. Pantai Kuta Lombok
wisata alam Lombok
Wisata Kuta Lombok

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan Pantai Kuta Lombok? Pantai ini memang menjadi pantai terfavorit bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok. Tak heran jika Pantai Kuta sangat ramai dengan para pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar. Disini, berbagai aktivitas bisa Anda lakukan.

Di Pantai Kuta, Anda akan melihat pemandangan para turis mancanegara berselancar ataupun berjemur. Bahkan, tak jarang pula beberapa turis terlihat sedang snorkeling dan diving. Bagi Anda yang ingin bersantai, di pinggir pantai tersedi bermacam restaurant, bar, dan café. Dengan begitu, Anda bisa menikmati indahnya sunset di Pantai Kuta sambil bersantai.

  1. Pantai Tanjung Aan Lombok
Tanjung Aan Lombok
Tanjung Aan Lombok

Bosan dengan wisata alam lombok yang ramai? Cobalah datang ke Pantai Tanjung Aan. Pantai ini memang berjarak sedikit jauh dari pusat kota, namun Anda bisa lebih tenang menikmati keindahan pantai lombok disini. Pantai Tanjung Aan masih sangat asri karena termasuk pantai yang jarang dikunjungi wisatawan. Di Pantai Tanjung Aan, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Tak hanya itu, air yang jernih juga sangat cocok sekali digunakan untuk kegiatan snorkeling. Jika Anda datang pada bulan Februari, Panta Tanjung Aan sering digunakan untuk ritual Bau Nyale. Ritual Bau Nyale merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat yang berhubungan dengan Puteri Mandalika. Konon, menurut mitos setempat, dahulu Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi Nyale/ cacing laut. Untuk itulah, warga setempat berlomba-lomba untuk berburu cacing laut.

Ingin Wisata Alam Lombok Yang Anti-Mainstream? Kunjungi Ketiga Tempat Ini!

Bagi Anda yang sudah sering berlibur di Lombok, mungkin mengunjungi pantai akan terasa membosankan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengunjungi 3 wisata alam lombok berikut ini.

  1. Hutan Baun Pusuk
Hutan Baun Pusuk
Hutan Baun Pusuk

Hutan Baun Pusuk terletak di Kecamatan Bayan, yaitu di dalam area Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena terletak dalam jalur yang sama dengan jalur pendakian, Hutan Baun Pusuk sangat sering sekali dikunjungi para pendaki. Di Hutan Baun Pusuk, Anda dapat menikmati keindahan hutan yang dikelilingi pepohonan besar.

Satu hal yang unik dar Hutan Baun Pusuk yaitu adanya para monyet yang sengaja dilepas di hutan ini. Monyet yang berjumlah ratusan ini umumnya tidak mengganggu. Bahkan, Anda bisa berinterkasi langsung dengan monyet-monyet tersebut dengan memberinya makanan. Saat kesini, pastikan untuk membaw sedikit cemilan untuk mereka.

  1. Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile juga terletak di dalam area pendakian Gunung Rinjani. Oleh karena itu, tak jarang banyak pendaki yang mampir untuk melihat keindahan air terjun ini. Air Terjun Sendang Gile terletak sekitar 600 mdpl. Dibutuhkan waktu paling tidak 20 menit untuk mencapai air terjun.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati jalan setapak serta anak tangga yang sedikit licin. Sesampai di lokasi air terjun, Anda akan melihat keindahan air terjun dengan ketinggian 30 meter. Air ini berasal langsung dari Dananu Segara Anak di Gunung Rinjani.

3..Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep menjadi wisata alam lombok yang berlokasi dekat dengan Air Terjun Sendang Gile. Namun, trek menuju air terjun ini bisa dibilang lebih panjang dan curam dibandingkan dengan Sendang Gile. Bahkan, untuk menikmati keindahan air terjun, Anda harus melewati sungai kecil.

Air Terjun Tiu Kelep menjadi air terjun kedua di Lombok yang sangat menantang. Air terjun ini dinamakan Tiu Kelep yang artinya terbang renang. Hal ini dikarenakan percikan air terjun terlihat berterbangan jatuh dari tebing yang tingginya 45 meter.

Itulah beberapa ulasan mengenai wisata alam Lombok yang menarik. Saat berlibur ke lombok, pastikan kelima tempat tersebut ada pada daftar destinasi Anda. Selain wisata alam, Lombok juga menyajikan wisata lainnya seperti kuliner, religi, dan budaya. Tak heran banyak sekali turis yang rela datang ke Lombok karena segalanya dapat ditemukan di pulau cantik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *