Ultimate magazine theme for WordPress.

7 Wisata Alam Lombok Timur yang Harus Masuk Trip List Anda

Lombok terus berbenah untuk menjadi destinasi wisata internasional. Alamnya yang masih alami dan indah menjadi hal utama yang layak ditawarkan. Wisata alam Lombok Timur menjadi salah satu andalan. Lombok Timur tidak hanya menawarkan pantai-pantainya yang indah, namun juga obyek-obyek wisata lain seperti air terjun dan gunung. Kelengkapan ini menjadikan calon wisatawan yang akan berkunjung ke wisata Lombok harus merencanakan waktunya dengan baik agar dapat mengunjungi sebanyak mungkin obyek wisata.

Daftar Wisata alam Lombok Timur

Mungkin Anda sudah menyusun daftar wisata Anda. Jika berencana membuat daftar beberapa pantai di Lombok, maka saatnya memperpanjang daftar Anda. Berikut ini wisata alam Lombok Timur yang layak masuk ke daftar kunjungan Anda berikutnya.

  • Tanjung Ringgit
Wisata alam Lombok Timur
Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit menghadap langsung ke pulau Sumbawa sekaligus masih menampakkan gunung Rinjani yang tinggi. Keunikan tanjung Ringgit dapat Anda temukan di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Tanjung Ringgit menawarkan sunrise yang indah, lereng perbukitan yang menantang dan terlalu indah untuk dijelajahi, uji nyali dengan melompat dari ujung tebing ke laut yang dalam, berperahu, memancing, atau bahkan snorkeling.

Di Tanjung Ringgit juga terdapat gua peninggalan Jepang, yang dilengkapi dengan jalur bawah tanah. Tempat ini disebut Gua Jepang atau Tangsi. Jepang juga meninggalkan meriam yang posisinya menghadap ke samudera Hindia. Pada masanya, meriam itu dimaksudkan untuk pertahanan terhadap serangan dari laut. Ukuran meriam cukup besar dengan diameter luar 27 cm, diameter dalam 16 cm, keliling belakang 50 cm, dan panjangnya 5 meter.

Meriam sebesar ini cocok dijadikan teman berfoto yang unik, sekaligus mengenalkan sejarah pada teman-teman Anda. Banyaknya spot foto menarik ini membuat tanjung Ringgit juga dijuluki Pantai Fotografer, dimana anda penyuka fotografi alam dapat panen foto-foto yang menarik di satu lokasi ini. Tempat yang masih alami ini layak untuk dikunjungi, namun ingatlah untuk membawa perbekalan yang cukup.

  • Pantai Pink Lombok
wisata pantai pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Pantai ini disebut pantai Pink karena pasir putihnya bercampur dengan pecahan batuan karang dan pasir berwarna merah dan hitam, sehingga terbentuk pantai dengan pasir berwarna merah muda. Keindahan pasir merah mudah ini berpadu dengan air laut yang biru dan tumbuhan di tepi laut yang hijau, sangat memukau. Di pantai pink juga terdapat gua peninggalan masa penjajahan Jepang yang dapat dieksplorasi.

Pantai Pink Lombok telah dilengkapi dengan berbagai sarana wisata yang akan menunjang kenyamanan wisata Anda. Anda dapat bermain air, berenang, serta beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang tidak terlupakan.

  • Pulau Pasir
Wisata Ibu Elvarita di Pulau Pasir
Wisata Pulau Pasir

Pulau Pasir berlokasi di desa Tanjung Luar, kecamatan Keruak, Lombok Timur. Lokasi ini dapat ditempuh dalam perjalanan yang sama dengan perjalanan menuju pantai Pink. Pada dasarnya, pulau Pasir adalah gundukan pasir laut yang terkumpul agak jauh dari daratan dan pantai, sehingga tampak seperti sebuah pulau tersendiri.

Ukuran pulau Pasir jauh lebih kecil dari pulau Lombok, namun kenampakan pulau Pasir yang hanya sebatas saat laut surut sangat dicari. Berada di pulau tersebut membuat Anda akan merasa berada di pulau pribadi. Di Pulau Pasir Anda dapat dengan mudah menemukan bintang laut dan makhluk laut lainnya. Ketika air laut pasang, pulau ini akan kembali terendam dan terlihat seperti laut biasa. Abadikan waktu yang singkat ini dalam sebuah foto yang menarik.

  • Tanjung Bloam
tanjung bloam

Lombok juga memiliki tempat konservasi penyu, tepatnya di tanjung Bloam, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Di tempat ini, penyu hidup di sekitar tebing dan di sepanjang garis pantai. Untuk mencapai Tanjung Bloam, Anda dapat menempuh rute Mataram – Lombok Timur – Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong.

Selanjutnya Anda dapat bertanya pada penduduk setempat, sebab setelah Pemongkong terdapat dua obyek yang berdekatan, yaitu pantai Kaliantan dan tanjung Bloam. Selain wilayah konservasi penyu, pantai tanjung Bloam menawarkan pasir putih, laut biru yang tenang, dan bebatuan karang yang secara alami tampil sangat memukau.

  • Sembalun
Gunung Rinjani Lombok
Sembalun Lombok

Sembalun adalah desa yang menjadi salah satu gerbang bila pendaki ingin menuju gunung Rinjani dan Segara Anak. Sembalun sebenarnya adalah sebuah wilayah kecamatan dengan luas wilayah lebih dari 200 km2. Area ini berada di kaki gunung Rinjani, dengan kondisi udara yang bersih dan sejuk.

Wisata Sembalun menawarkan beberapa obyek wisata seperti bukit Selong Sembalun, air terjun Mangku Sakti, Mayung Putek, Kaliage, dan kebun strawberry.Bukit Selong Sembalun adalah obyek wisata yang terletak di desa Sembalun Lawang.

Tempat ini menawarkan foto spot menarik, dengan latar belakang bukit Anak Dara yang indah dan pesawahan yang cantik. Area ini juga masih memiliki rumah adat tradisional. Air terjun di kawasan ini masih relatif sepi pengunjung, sehingga Anda dapat memuaskan diri bermain air alami dan keindahan alamnya. Anda juga dapat menyempatkan singgah di wisata kebun strawberry.

  • Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Sampai saat ini gunung Rinjani masih aktif. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut. Pendakian menuju puncak Rinjani salah satunya dapat ditempuh dengan gerbang dari Lombok Timur, tepatnya di Sembalun.

Tingginya puncak gunung Rinjani menjadikan pendakian menuju tempat ini sangat menantang dan menguji nyali, terlebih bagi mereka yang memang hobi mendaki gunung. Lelah dan penat pendakian itu akan terobati ketika merasakan indahnya puncak Rinjani yang berada di atas awan. Sejenak Anda akan merasakan hidup di negeri di atas awan.

Gunung Rinjani pernah meletus pada abad ke 13 sehingga menghasilkan kaldera yang luas. Setelah letusan, di tengahnya muncul kerucut yang sampai sekarang disebut sebagai Anak Gunung Rinjani.

  • Danau Segara Anak
Gunung Rinjani
Danau segara anak

Segara Anak terletak di pertengahan rute pendakian menuju puncak Rinjani. Luas danau ini sekitar 1.100 ha. Kedalaman danau mencapai 230 m. Di sekitar danau terdapat area terbuka yang luas, yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda dan menginap para pendaki. Danau ini juga menjadi tempat hidup bermacam-macam jenis ikan. Pengunjung dapat berkemah, memancing ikan, dan menikmatinya di tepi danau.

Asal nama Segara Anak adalah dari airnya yang berwarna biru seperti warna laut. Masyarakat setempat menyebut danau ini sebagai anak laut (Segara Anak). Tempat ini cocok menjadi tempat transit para pendaki, sebelum meneruskan langkah menuju negeri di atas awan.

Wisata alam Lombok Timur menawarkan obyek yang sayang jika terlewat. Keindahan alam dan keunikannya layak mengisi jadwal liburan Anda. Sebagian tempat mungkin sulit ditemukan oleh Anda yang tidak hafal wilayah Lombok Timur, namun Anda tidak perlu khawatir karena telah banyak penyedia jasa guide atau paket wisata yang akan membantu Anda.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp