Ultimate magazine theme for WordPress.

Daftar Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Dari sekian banyak objek wisata di Pulau Lombok, beberapa di antaranya terbilang sebagai tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Hal ini terutama karena kita tidak akan menemukan tempat wisata serupa di tempat lain.

Pulau Lombok sendiri memang telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang paling populer di Indonesia. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di sini terutama wisata alamnya seperti pantai, gili, air terjun hingga gunung yang mendunia.

Namun di samping semua wisata alam yang ada, wisata budaya juga tak kalah menarik. Termasuk di dalamnya adalah desa wisata yang memperlihatkan kearifan lokal dari Suku Sasak, penghuni asli Pulau Lombok.

Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

  1. Desa Sade
    Wisata Ibu Hj Ida Maryam Dan Grup di Desa Sade Lombok
    Desa Sade

    Sade ialah salah satu dusun yang terletak di Desa Rembitan, Pujut. Dusun ini dikenal karena masih mempertahankan adat dari Suku Sasak di tengah modernisasi. Suku Sasak Sade sendiri telah dikenal oleh wisatawan yang datang mengunjungi Lombok.

    Dinas Pariwisata setempat bahkan menjadikan Sade sebagai desa wisata karena keunikan yang dimilikinya. Tidak heran jika Desa Sade termasuk tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Letaknya persis di samping jalan raya yang teraspal mulus, namun hal ini tak menghalangi penduduknya dari mempertahankan adat istiadat mereka. Sade ialah cerminan suku asli dari Sasak Lombok.

    Kearifan lokal dari tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi ini bisa dilihat dari bangunan rumahnya yang masih sangat tradisional. Atapnya terbuat dari ijuk sementara kuda-kuda atap masih menggunakan bambu tanpa paku. Temboknya terbuat dari anyaman bambu serta alasnya masih berupa tanah.

    Orang Sasak Sade menamai bangunan tersebut bale. Terdapat delapan bale yaitu Bale Tani, Bonter, Beleq, Jajar Sekenam, Berugag, Bencingah serta Tajuk. Semua bale dibedakan berdasarkan fungsinya. Terdapat total 150 KK di Sade. Agama penduduk Desa Sade awalnya adalah Islam Wektu Telu yang hanya melaksanakan sholat sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun kini sudah banyak penduduk Sade yang memeluk Islam.

    Warga desa juga memiliki kebiasaan khas yang jadi ciri khas tersendiri. Mereka akan mengepel lantai menggunakan ktooran kerbau. Kegiatan ini ternyata sudah jadi kebiasaan sejak sebelum ada plester semen. Orang Sasak Sade akan mengoleskan kotoran kerbau sebagai alas rumah.

    Sekarang, lantai akan diplester semen terlebih dahulu sebelum dioleskan kotoran kerbau. Cara ini konon akan membuat rumah lebih hangat dan terhindar dari serangga. Uniknya, tidak ada bau kotoran kerbau yang tercium saat memasuki rumah. Inilah salah satu daya tarik tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi karena keunikannya takkan dapat ditemui di tempat lain.

  2. Desa Banyumulek
    Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
    Desa Banyumulek Lombok

    Selain Desa Sade, masih ada lagi desa wisata lain yang termausk tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Desa tersebut adalah Desa Banyumulek yang terkenal sebagai sentra pengrajin gerabah di Pulau Lombok. Pada pintu masuknya sendiri akan terdapat gapura bertuliskan Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek.

    Begitu melangkah memasuki area desa, akan kita temui sekolah dan kantor pemerintahan dengan hiasan gerabah pada pagar maupun temboknya. Kemampuan dalam membuat gerabah di desa ini sendiri diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Keahlian ini juga sekaligus mengangkat perekonomian desa serta menarik pengunjung untuk datang ke Banyumulek. Terbukti dari banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjungi sentra gerabah Banyumulek tiap harinya.

    Sepanjang jalan desa dipenuhi galeri serta toko pada kedua sisi jalannya. Banyaknya galeri di sini terkadang akan membuat pengunjung bingung karena tidak tahu harus memulai dari mana. Di antara galeri tersebut akan ditemukan satu galeri cukup besar di mana kita dapat menemukan ragam gerabah dalam varian lengkap, mulai dari bentuk, ukuran, warna hingga motif hiasanya.

    Gerabah-gerabah di sini tentunya adalah hasil karya pengrajin lokal. Bentuknya antara lain ialah vas bunga pasir, gentong telur, cas gepeng, celengan, kap lampu dan lain-lain. Jika ingin datang ke tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi ini, bawalah uang tunai karena fasilitas ATM cukup jauh jaraknya.

    Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi dengan paket wisata lombok 3 hari 2 malam yang hemat bersama WisataLombok.Co.Id

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp