Ultimate magazine theme for WordPress.

Selain Pantai, Ini Desa di Lombok Yang Juga Dijadikan Tujuan Wisata

Wisata di Pulau Lombok tak selamanya berupa pantai ataupun gili. Di sini, kita juga bisa mengunjungi aneka wisata desa di Lombok. Desa-desa ini bukan sekedar desa biasa melainkan desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Masyarakat desa tersebut masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat setempat sehingga menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri dibanding lokasi wisata lainnya.

Setidaknya ada tiga desa wisata yang cukup populer di Lombok. Ketiganya adalah Desa Sade, Banyumulek dan Sukarara. Ketiganya sudah terkenal baik di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut adalah penjelasannya satu per satu.

Desa di Lombok yang Sekaligus Menjadi Tempat Wisata Menarik

  1. Desa Sade
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga

Desa Sade terletak di Rembitan, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal karena mempertahankan adat dari Suku Sasak sebagai pribumi Pulau Lombok. Lokasinya ada persis di pinggir jalan, namun seakan tak tersentuh modernisasi.

Masyarakatnya masih membangun rumah secara tradisional dengan atap ijuk dan dinding anyaman bambu. Bahkan, orang-orang di desa di Lombok ini senantiasa mengepel lantai rumah mereka menggunakan kotoran kerbau.

Konon, cara ini akan membuat rumah tetap hangat serta jauh dari serangga pengganggu. Walau kotoran kerbau digunakan untuk mengepel rumah, akan tetapi rumah-rumah masyarakat setempat tidak ada yang mengeluarkan bau busuk.

  1. Desa Banyumulek
Tempat Wisata Lombok Barat
Desa Banyumulek

Saat mengunjungi desa di Lombok yang satu ini, kita akan disambut gapura dengan tulisan Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek. Desa ini memang terkenal sebagai pusat kerajinan gerabah di Lombok.

Kita akan menemui sekolah serta kantor-kantor pemerintahan yang dilengkapi hiasan gerabah pada pagar tembok. Kesan Desa Banyumulek sebagai desa gerabah makin kental terasa. Keahlian membuat gerabah sendiri akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Kemampuan warganya dalam membuat gerabah ini sekaligus dapat mengangkat perekonomian desa, serta menarik para pengunjung untuk datang melihat langsung proses pembuatan gerabah dan membeli ragam hiasan yang tersedia.

Satu desain gerabah yang paling khas di sini adalah Kendhil Maling, memiliki lubang pada bagian dasar yang dipakai untuk memasukkan air ke dalamnya.

  1. Desa Sukarara
desa di lombok
Desa Sukarara

Satu lagi desa di Lombok yang terkenal karena kearifan lokalnya adalah Desa Sukarara. Masyarakat di sini terkenal akan kemampuannya dalam menenun kain songket khas Lombok.

Penenun kain songket di Sukarara kebanyakan adalah wanita karena keahlian menenun merupakan salah satu syarat wajib untuk menikah. Keahlian menenun sendiri akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Proses penenunan kain juga masih menggunakan alat tradisional yang terbuat dari kayu. Hasil akhir tenunannya terbilang unik karena motifnya memiliki tingkat kerumitan berbeda dibanding tenunan lain.

Benang yang digunakan memiliki kualitas bagus dengan tekstur halus sehingga hasilnya akan tampak sangat menarik dan cantik saat di gunakan.

Itulah aneka desa di Lombok yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan layak dikunjungi.

Kita bisa mengunjungi desa-desa tersebut sebagai bagian dari wisata adat yang bisa memberi kita pelajaran lebih dalam seputar kebudayaan dan kesenian asli Pulau Lombok.

Terutama apabila kita mencari lokasi wisata yang ramah anak dan edukatif, maka desa-desa wisata ini akan bisa jadi pilihan yang tepat. Cukup mudah menjangkau desa-desa tersebut dan fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap.

Tidak heran apabila desa-desa yang ada di wisata Lombok seringkali jadi tujuan utama para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Keindahan alam dan kearifan lokal yang masih dipertahankan penduduknya memang jadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang datang berkunjung.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp