Desa Senaru, Desa Wisata Terbaik di Pulau Lombok

Berwisata ke Pulau Lombok sebaiknya jangan lupakan mengunjungi Gunung Rinjani, selain memiliki pemandangan gunung yang indah dan asri anda juga dapat menikmati berbagai macam wisata alam yang ada di sana, selain berwisata alam anda juga bisa mengunjungi Desa Senaru yang terletak di kaki gunung Rinjani, desa wisata ini sudah sangat terkenal dan wajib untuk dikunjungi.

Desa Senaru menawarkan pemandangan yang indah dengan rentetan persawahan ditambah dengan objek wisata Lombok yang patut anda kunjungi selama berwisata ke desa ini. Selain memiliki banyak objek wisata di desa ini anda dapat menikmati keramahan penduduknya dan anda masih dapat melihat cara hidup masyarakatnya yang tetap mempertahankan adat, tradisi di tangan modernisasi. Desa Senaru terletak di Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Keharmonisan dan Ketenangan Desa Senaru

Desa Senaru
Desa Senaru

Wisata alam yang ditawarkan di Desa Senaru adalah air terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep yang juga mengairi sawah di sekitarnya dan memberikan pemandangan yang tak kalah indah. Anda dapat menemukan air terjun Sindang Gila dengan menaiki beratus-ratus anak tangga. Untuk air terjun Tiu Kelep menawarkan keindahan dengan tinnginya air terjun yang bertingkat-tingkat sehingga dapat anda nikmati dengan bermain air bersama dengan keluarga.

Di balai adat Desa Senaru anda dapat melihat rumah adat tradisional yang unik. Rumah adat di Desa Senaru memiliki lantai yang dari tanah liat, pagarnya pedek dan atap rumah rumbia. Desa ini juga memiliki masjid yang dibangun abad ke-17 yang sudah berumur 300 tahun yaitu Masjid tua Bayan Beleq. Beberapa meter dari masjid terdapat rumah adat tradisional gubung Karang Bajo. Rumah adat ini ditempati oleh tetua, pemangku dan tokoh adat setempat.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk mengunjungi Desa Senaru, dengan melakukan perjalanan selama 2,5 sampai 3 jam. Anda juga dapat menginap di beberapa home stay yang berada di kawasan Senaru atau menginap di hotel di Mataram. Carilah penginapan yang berada dekat dengan desa. Menghabiskan waktu di Desa Senaru akan lebih menyenangkan bila dihabiskan dengan keluarga karena wisata yang disajikan dapat menjadi pelajaran dan sebuah pendidikan yang bagus untuk diketahui keluarga terutama kepada anak.

Saat berada di Desa Senaru anda dapat menikmati sinar matahari pagi dan senja yang indah jadi jangan malas untuk bangun pagi agar anda dapat menikmati keindahan alam yang disediakan di sini. Walaupun masyarakat desa sangat ramah terhadap wisatawan tetapi jangan lupakan untuk bersikap sopan, menjaga kebersihan dan menjaga tutur kata agar anda bisa lebih berbaur dengan masyarakat desa asli. Untuk memudahkan wisat liburan anda ada baiknya untuk menggunakan jasa tour dan travel agar wisata anda lebih terorganisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *