Objek Wisata Desa Senaru Lombok Yang Menakjubkan

Rumah Adat Senaru
Rumah Adat Senaru

Desa Senaru adalah desa yang menjadi awal pendakian objek wisata gunung Rinjani, bertempat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang menyimpan keindahan alam yang eksotis. Hal yang menarik dari desa Senaru adalah kehidupan masyarakat yang masih kental dengan budaya dan religi. Hal ini bisa dilihat dari rumah-rumah adat setempat yang bisa dipertahankan bentuk aslinya, seperti beralaskan tanah liat, beratap rumbia, dan dinding rumah yang terbuat dari ayaman Bambu. Dengan suasana pegunungan yang sejuk dan tenang membuat Anda berkunjung ke sini akan merasa susana hidup yang berbeda.

Di desa Senaru Anda juga bisa menemukan situs bersejarah yaitu Masjid Bayan Belek dibangun pada abad ke 17, Masjid Bayan Belek adalah salah satu objek budaya di pulau Lombok yang sering di kunjungi wisatawan. Masjid ini terletak di sebuah bukit kecil yang dikelilingi oleh beberapa makam keramat, sama seperti rumah-rumah di Senaru, Masjid ini juga beratapkan rumbia dan berdiding ayaman Bambu berpondasi dari susunan batu yang agak tinggi. Sampai saat ini Masjid yang berumur sampai 300 tahun ini masih terawat dengan baik dan digunakan oleh warga setempat sebagi tempat ibadah.

Air terjun yang berada di Desa Senaru

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Objek wisata Air Terjun Sendang Gile adalah salah satu tempat pemberentian bagi para pencinta alam menuju kawasan gunung Rinjani. Suasana segar alam yang eksotis dan air terjun yang mengalir merupakan memandangan alam yang dapat Anda nikmati di tempat ini. Air Terjun Sendang Gile ini sangat memukau hati Anda pada saat berkunjung ke sana, air terjun ini tingginya sekitar 300 meter dengan debit air deras yang muncul dari atas tebing. Jika Anda ingin menuju Air Terjun Sendang Gile akan memakan waktu sekitar 45 menit dari pintu masuk Tiu Kelep dengan berjalan kaki.

Air Terjun Tiu Kelep

desa senaru Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep berada diatas Air Terjun Sendang Gile. Petualangan Anda akan lengkap jika sudah berada di Air Terjun Tiu Kelep, air terjun ini cukup tinggi sekitar 45 meter dan aliran airnya yang deras melimbulkan deburan yang cukup besar, jika Anda tidak ingin terkena deburan air sebaiknya memakai jaket anti basah. Tak jauh dari sana Anda bisa melihat sebuah pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing.

Menurut masyarakat setempat nama Tiu Kelep diambil dari bahasa suku Sasak yang berarti Kolam Terbang. Suasana yang segar dan pemandangan yang eksotis ini akan membuat Anda betah berlama-lama berada di lokasi wisata Lombok ini. Airnya yang jernih membuat Anda ingin langsung berenang atau berendam di air terjun tersebut, dan dipercaya jika Anda mandi disana membuat Anda awet muda.

Jika Anda tertarik dengan objek wisata di atas hubungi kami segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *