Keunikan Desa Sukarara Lombok Yang Sangat Memukau

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang mengagumkan. Ketika akan merencanakan sebuah kunjungan wisata maka salah satu wilayah yang terlintas dalam benak adalah wisata Lombok. Ada banyak sekali tempat wisata yang begitu menakjubkan dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Bahkan wisatawan yang berkunjung ke Lombok tidak hanya wisatawan domestik saja tetapi juga wisatawan mancanegara. Contohnya Desa Sukarara Lombok.

Selain terdapat wisata alam, Lombok juga memiliki tempat wisata budaya yang tidak kalah menarik. Di Lombok terdapat tiga tempat wisata budaya yang hingga kini masih terjaga tradisinya. Salah saru dari ketiga tempat tersebut adalah Desa Sukarara Lombok. Perlu diketahui bahwasanya desa ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh desa tradisional di wilayah lainnya.

Desa Sukarara Lombok Tempat Wisata Budaya Unik

desa sukarara lombok
Desa Sukarara

Desa Sukarara terletak di Lombok Tengah. Apabila ingin menuju desa ini maka harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer yang ditempuh dalam waktu 30 menit jika dimulai dari titik pusat Mataram. Pada dasarnya Desa ini seperti halnya Desa tradisional yang lainnya yang masih mempertahankan adat istiadat setempat. Ciri khas dari Desa sukarara ini adalah masih melestarikan warisan budaya berupa kain tenun tradisional khas daerah Lombok. Kain tenun ini disebut dengan tenun songket yang dibuat oleh masyarakat Lombok asli.

Wisata budaya ini tentu memiliki keunikan yang belum tentu dimiliki oleh desa tradisional yang lainnya. Berikut ini merupakan beberapa keunikan yang dimiliki oleh Desa Sukarara Lombok.

  • Syarat wajib menikah yakni mampu menenun
Desa Sukarara
Desa Sukarara

Dikhususkan untuk para gadis Desa Sukarara untuk wajib pandai menenun sehingga bisa melestarikan kain tradisional ini untuk generasi selanjutnya. Ketika berada di desa ini maka akan ditemui banyak sekali perempuan yang pandai menenun bahkan anak kecil sekalipun. Gadis-gadis di desa ini sangat rajin membantu nenek atau Ibu mereka ketika sedang bekerja menenun benang untuk menghasilkan sebuah kain.

Selanjutnya kain tenunan tersebut akan dijual kepada para wisatawan sebagai buah tangan kerajinan khas dari Lombok Tengah. Dengan demikian maka budaya dan kerajinan tenun songket Desa Sukarara akan tetap terjaga dan tetap eksis. Tradisi syarat wajib nikah ini tentu tidak berlaku di desa tradisional yang lainnya sehingga hal ini menjadi salah satu keunikan dari Desa Sukarara, Lombok Tengah.

  • Hasil tenun baik
Desa Sukarara
Desa Sukarara

Setiap daerah penghasil kain tenun pasti memiliki ciri khas masing-masing yang membawa identitas dari daerah tersebut. Begitupun dengan tenun songket Lombok yang memiliki keunikan sendiri. Kain tenun ini dibuat dari benang emas yang ada di motif tenunan yang kemudian dibuat menjadi berbagai jenis kain tenun. Pada dasarnya tingkat kerumitan dari setiap kain tenun akan berbeda-beda karena motif antara 1 kain dengan kain yang lainnya pun tidak tahu sama. Keunikan lainnya yakni menghasilkan kain tenun yang sangat halus sehingga nyaman ketika dibuat menjadi berbagai jenis pakaian.

  • Rumah tradisional suku sasak

Salah satu keunikan dari tempat wisata ini yakni memiliki rumah tradisional suku sasak yang masih terjaga. Di rumah Sasak ini sangat cocok untuk berfoto karena memiliki sport yang sangat bagus. Nyatanya tempat wisata budaya ini tidak hanya menawarkan kelestarian kain tenun saja, akan tetapi juga masih melestarikan rumah tradisional. Rumah tradisional ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat yang mengunjungi Desa Sukarara Lombok.

  • Kain tenun home made

Kain tenun yang dibuat oleh masyarakat desa sukarara ini benar-benar dikerjakan menggunakan tangan tanpa menggunakan bantuan mesin. Orang yang mengerjakan tugas ini yakni kaum perempuan yang merupakan penduduk asli desa tersebut serta beberapa desa di sekitarnya. Benang yang digunakan untuk menenun adalah pilihan yang berkualitas sehingga sangat halus. Warna dari kain tenun ini tidak mudah luntur sehingga akan bisa awet.

Itulah beberapa keunikan dari Desa Sukarara Lombok yang perlu diketahui. Ketika ingin berkunjung ke wilayah Lombok maka yang perlu dilakukan adalah merencanakan jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Jika berkunjung kelompok maka wisata budaya Desa sukarara ini tidak boleh dilewatkan karena merupakan tempat wisata yang cukup sulit untuk ditemukan di berbagai wilayah. Biasanya para pengunjung juga akan berlatih mengenai bagaimana cara menenun yang dilatih oleh masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *