Desa Wisata Lombok Tengah sebagai Daya Tarik Para Wisatawan

Pulau Lombok menyimpan sejuta pesona wisata yang tak kalah indah dari pulau lain di Indonesia. Tak ada salahnya bagi anda para wisatawan yang ingin berlibur di Lombok untuk mencoba wisata lain berupa desa adat khas Suku Sasak. Wisata Lombok tengah terkenal dengan desa wisatanya yang unik karena para penduduknya tetap mempertahankan warisan budaya para leluhurnya hingga sekarang.

Desa tradisional di daerah Lombok Tengah sering dijadikan sebagai destinasi wisata utama oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.Bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan sekaligus belajar tentang budaya Indonesia, desa wisata ini dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi liburan anda.

wisata Lombok Tengah

  1. Desa Sade

Salah satu wisata Lombok Tengah yang populer adalah Desa Sade.Penduduk asli desa ini adalah Suku Sasak. Desa Sade terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.Lokasi ini termasuk dalam kategori strategis karena dapat ditempuh sekitar 20-30 menit dari Bandara Internasional Lombok.Tak heran dengan adanya akses yang mudah, banyak wisatawan yang singgah sejenak ke desa ini sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Lombok lainnya.

Pemandangan unik dari desa ini yaitu adanya bangunan rumah tradisional yang berjejer rapi dan mencirikan khas Suku Sasak.Dinding rumah terbuat dari pagar anyaman bambu dan kayu sebagai tiangnya sementara atapnya berasal dari alang-alang kering.Budaya yang kental dari Desa Sade adalah kemampuan penduduknya terutama kaum perempuan dalam menenun kain asli Lombok atau biasa disebut kain songket.Alat tenun yang digunakan masih tradisional dan manual berupa alat pintal sederhana dari kayu sehingga dibutuhkan waktu 1 minggu sampai dengan 1 bulan untuk menghasilkan satu kain tenun songket.Wanita di desa ini wajib untuk bisa menenun karena dianggap sebagai tanda bahwa dirinya telah siap menikah apabila telah bisa menenun.

Banyak kesenian yang berasal dari Desa Sade yang dapat menjadi salah alternatif lain dalam wisata Lombok Tengah. Jika anda beruntung, anda dapat melihat kesenian dan atraksi budaya Lombok seperti Tarian Cupak Gerantang, Tarian Presean, dan permainan musik tradisional Gendang Beleq.Semua atraksi tersebut hanya dilaksanakan pada waktu tertentu.Desa Sade dengan segala budayanya dapat menjadi alternatif wisata Lombok Tengah yang berkesan dan dapat menambah pengetahuan anda.

  1. Desa Sukarara

Kurang lengkap rasanya jika melakukan tourwisata Lombok Tengah namun tidak mampir ke Desa Sukarara.Desa Sukarara menawarkan keindahan alam yang asri dan tentu memuaskan mata anda dengan keindahannya.Desa ini terletak di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.Sama halnya dengan Desa Sade, desa ini pun tergolong strategis karena dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Desa Sukarara terkenal sebagai penghasil kain songket terbesar di Lombok.Hasil tenun yang khas dari desa ini adalah sarung songket, meski mereka juga memproduksi tenun ikat. Saat memasuki desa, akan terlihat banyak toko yang menjual hasil tenun para perempuan Desa Sukarara sekaligus diperlihatkan bagaimana proses pembuatannya dari mengolah benang hingga menjadi satu kain tenun menggunakan alat tradisional mereka. Kain songket biasanya dibuat dengan diberi hiasan benang perak, emas, maupun manik-manik tertentu.Bagi wisatawan yang ingin belajar menenun sekaligus membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, Desa Sukarara menjadi pilihan yang tepat dan menarik bagi perjalanan wisata anda.

  1. Desa Banyumulek

Desa Banyumulek sebenarnya merupakan bagian dari wilayah Lombok Barat tepatnya di Kecamatan Kediri, namun karena lokasinya yang dekat dengan Desa Sade dan Desa Sukarera maka desa wisata ini juga patut anda dikunjungi. Desa Banyumulek terkenal dengan kerajinan gerabah dan menjadi mata pencaharian utama para penduduknya.Gerabah yang terbuat dari tanah liat ini terlihat unik karena motifnya dan bahan pewarna yang digunakan berasal dari pewarna alami seperti dedaunan. Penduduk di sini juga bersedia untuk mendemonstrasikan cara pembuatan dari gerabah yang telah mendunia ini kepada para wisatawan. Desa wisata Banyumulek dapat menjadi penutup yang lengkap dalam perjalanan wisata Lombok Tengah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *