Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Daftar Destinasi Wisata di Lombok Timur Super Keren!

Liburan sepertinya masih menjadi aktivitas favorit kaum urban di kala weekend. Salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain terletak berdekatan dengan Pulau Bali dan Pulau Komodo, Lombok menyuguhkan keindahan alam yang bisa menyihir siapa saja yang datang kesana. Wisata di Lombok Timur menyuguhkan keindahan yang sangat mempesona.

Pulau seluas 5.435 km2 ini dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota, yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur. Tiap kabupaten di Lombok memiliki destinasi wisata yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seperti destinasi wisata alam Lombok Timur yang tidak pernah sepi pengunjung.

5 Destinasi Wisata di Lombok Timur

Keunikan panorama alamnya, garis pantainya yang masih alami, tingginya Gunung Rinjani bak pencakar langit, serta atmosfernya yang masih sangat alami, akan memanjakan siapa saja yang mencari suasana berbeda dari kehidupan urban. Bahkan, keindahan Lombok TImur ini sudah diakui di mancanegara. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Lombok Timur yang bisa Anda kunjungi saat ke Lombok.

  1. Tanjung Ringgit
wisata di lombok timur
anjung Ringgit

Terletak di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, destinasi wisata di Lombok Timur yang satu ini dikenal dengan keberadaan mercusuarnya. Meski akses menuju ke Tanjung Ringgit sangat terbatas, namun jalur menuju kesini tidak terlalu sulit karena kondisi jalannya sudah bagus. Panorama yang disuguhkan ketia sampai langsung mengarah pada tebing curam dengan warna laut yang eksotis.

Tempat ini diam-diam juga memiliki sejarah kemerdekaan yang sangat menarik. Saat penjajahan Jepang, tempat ini dijadikan benteng pengintaian oleh tentara Jepang, karenanya di Tanjung Ringgit Anda akan menemukan goa besar, meriam, hingga beberapa sisa-sisa sumur dan gorong-gorong besar.

  1. Pantai Pink Lombok
wisata pantai pink lombok
Pantai pink Lombok

Selain yang berada di NTT, Pantai Pink juga terdapat di Lombok, tepatnya di Desa Pemongkong, Jerowaru. Pantai yang juga disebut Pantai Tangsi ini adalah satu dari hanya sedikit pantai berpasir pink di dunia. Letaknya cukup tersembunyi dari jalan utama, para wisatawan masih harus menempuh sekitar 200 meter dengan jalan tanah. Sesampainya di sana, Anda akan melihat pemandangan tak biasa. Keindahan Pantai Pink Lombok terlihat sempurna dengan hamparan bukit sekelilingnya.

  1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Sembalun adalah nama sebuah desa yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Pada ketinggian sekitar 900 mdpl, terdapat tempat wisata bernama taman wisata Pusuk Sembalun. Pusuk,  dalam bahasa Sasak-Lombok adalah puncak. Tempat wisata ini memberikan panorama indah Pulau Lombok dari ketinggian. Keindahan lainnya yang bisa Anda lihat dati taman wisata Pusuk Sembalun ini adalah hijaunya hutan pegunungan, tebing-tebing curam yang berjejer rapi, hingga suara binatang yang tak sering Anda dengar di kawasan urban.

  1. Kebun Strawberry Sembalun
wisata di lombok timur
strawberry di sembalun

Selain taman wisata Pusuk Sembalun, Anda bisa juga mampir memetik strawberry di Kebun Strawberry Sembalun. Keindahan dan keasrian kebun strawberry ini digadang-gadang menjadi satu-satunya di Lombok. Hanya di Desa Sembalun-lah, Buah Strawberry sukses dipanen. Pasalnya sudah pernah dicoba di wilayah lain di Lombok, namun selalu gagal. Karenanya, jangan lupa bertandanglah ke Kebun Strawberry Sembalun, rasakanlah sensasi makan Strawberry langsung di tempat.

  1. Pulau Pasir
pantai di lombok timur
Wisata Pulau Pasir Lombok

Pulau pasir sebetulnya adalah gundukan pasir di tengah laut yang hanya akan terlihat jika air mulai surut. Jika angin datang dari arah barat daya, maka pulau bisa dikunjungi pada pagi hari. Sementara, pada musim angin selatan, pulau pasir akan terlihat pada sore hari. Karena hanya berupa gundukan pasir, tidak ada kehidupan di pulau ini, yang ada hanya hamparan pasir putih bak merica persis pasir pantai di Tanjung Aan. Namun, ada makhluk hidup lainnya yang menghuni pulau ini, yaitu bintang laut. Anda akan melihat bintang laut dengan berbagai macam warna di sini.

Sempatkan waktu untuk melihat keindahan taman bawah laut disekitar Pulau Pasir dengan snorkeling atau diving. Di sekeliling Pulau Pasir juga terdapat beberapa gili yang bisa Anda kunjungi. Saat air surut, akan ada bentuk jalan pasir yang menghubungkan Pulau Pasir dengan beberapa gili disekitarnya.

Itu dia beberapa informasi tentang wisata di Lombok Timur yang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, agar tempat wisata Lombok selalu terjaga kebersihannya.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp