Beberapa Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana banyak sekali terdapat pulau yang begitu indah dan dijadikan banyak tempat wisata oleh banyak orang.Wisatawan yang datang bukan hanya wisatawan lokal saja, tetapi wisatawan asing juga banyak sekali yang datang berkunjung.Salah satu pulau yang mempunyai banyak tempat wisata adalah pulau Lombok. Banyak sekali destinasi wisata Lombok yang dapat Anda kunjungi jika Anda juga merupakan salah satu dari wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Lombok. Mulai dari wisata alam, wisata agama, wisata budaya, dan wisata kuliner.Nah,berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berkunjung ke Lombok.

destinasi wisata Lombok

  1. Wisata Alam

Dikarenakan Lombok merupakan sebuah pulau, maka Lombok mempunyai banyak sekali wisata alam seperti pantai dan gili.Gili merupakan sebutan untuk pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pulau Lombok.GIli yang paling terkenl adalah Tiga Gili yaituGili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Gili Trawangan ini merupakan salah satu gili yang paling maju dan paling mempunyai banyak penduduk dari gili yang lain. Pelayanan di GiliTrawangan ini juga sudah merupakan pelayanan internasional karena saking banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke GiliTrawangan.Gili Trawangan juga bukan hanya menjadi destinasi wisata Lombok untuk wisatawan asing, tetapi wisatawan lokal juga sangat banyak yang berkunjung.Gili Trawangan juga merupakan gili yang paling maju diantara gili Meno dan gili Air.Untuk menuju ke Gili Trawangan cukup mudah dapat dengan menggunakan motor kapal. Penduduk Gili Trawangan juga cukup banyak daripada kedua gili lain. Sedangkan untuk GiliMeno dan Gili Air masih belum semajuGiliTrawangan, tetapi mempunyai pemandangan yang sama indahnya. Bedanya untuk Gili Air masih belum berpenghuni, sedangkan untuk GiliMeno masih ada penduduk tetapi masih belum banyak ada listrik malam hari.

  1. Wisata Agama

Adapun destinasi wisata Lombok adalah wisata agama.Wisata agama yang ada di Lombok ada Puri Lingsar, dan juga Masjid Bayan Beleq.Puri Lingsar ini merupakan salah satu tempat yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan.Puri Lingsar ini juga merupakan sebuah tempat suci yang menjadi simbol kerukunan dari beberapa agama. Dimana di Puri ini yang notabene merupakan tempat untuk berdoa agama Hindu, tetapi berbeda di Puri Lingsar ini. Adapun beberapa orang yang beragama Islam yang masih agama ibunya juga dapat berdoa di Puri ini.Rasa toleransi yang begitu besar menjadikan tempat ini sangat suci dan sakral.Sedangkan untuk Masjid Bayan Beleq ini merupakan salah satu simbol dari agama Islam di Lombok, dimana Lombok ini memang terkenal mempunyai banyak penduduk yang menganut agama islam. Masjid Bayan Beleq ini terletak di Desa Bayan, dimana bangunannya tidak begitu menyerupai masjid karena terbuat dari bambu.Di sebelah masjid ini terdapat saung lagi yang lebih kecil yang merupakan saung untuk makam salah seorang tokoh agama Islam Lombok yang mendirikan Masjid Bayan Beleq ini.

  1. Wisata Budaya

Untuk destinasi wisata Lombok selanjutnya adalah wisata budaya.Seperti yang diketahui wisata budaya Lombok terdapat salah satunya di Desa Sade, Desa Banyumulek, dan Desa Sukarara.Ketiga desa ini merupakan desa yang masih lekat adat istiadat nenek moyangnya.Seperti Desa Sade yang mengharuskan semua wanita dapat menenun sebelum menikah, dan melakukan adat dengan calon pengantin laki-laki yang menculik calon pengantin wanita sebelum menikah. Kemudian yang paling aneh adalah cara bagaimana masyarakat Suku Sasak ini membersihkan lantainya yaitu dengan menggunakan kotoran kerbau. Cara ini dianggap lebih efektif karena dapat membuat lantai lebihberkilau dan bersih.Desa Sukarara merupakan desa penghasil gerabah yang sudah terjual sampai ke luar negeri. SedangkanDesa Banyumulek merupakan desa yang menghasilkan kain tenunterbaik di Lombok, karena dibuat secara tradisional, dan sama hal halnya dengan masyarakat Desa Sade masyarakatdesa ini juga mengharuskan semua wanita dapat menenun.Destinasi wisata Lombok ini tentu saja banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk membeli gerabah atau kain tenununtuk dibawa pulang.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Lombok yang dapatAnda kunjungi ketika berada di Lombok. Tidak lupa adanya banyak wisata kuliner yang harus Anda coba salah satunya yaitu ayam taliwang. Meskipun sudah banyak beredar di mana-mana namun rasa rempah dari daerah asal Lombok ini sangat berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *