Fakta-Fakta Menarik Tentang Objek Populer Gili Trawangan Lombok

Di liburan panjang hari raya biasanya menjadi waktu yang tepat untuk mengajak seluruh anggota keluarga berlibur ke tempat-tempat wisata populer. Bagi Anda yang berada di Nusa Tenggara Barat Gili Trawangan Lombok bisa jadi tujuan Anda berlibur bersama keluarga besar. Lokasi wisata ini sudah sangat populer ke seantero Indonesia bahkan hingga luar negeri. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah eksotisme alamnya yang luar biasa indah. Anda yang menyukai wisata alam bertema pantai dan laut akan sangat pas jika menghabiskan waktu liburan di Gili Trawangan.

Beberapa Hal Menarik Tentang Gili Trawangan Lombok yang Belum Banyak Diketahui

Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan

Keindahan Gili Trawangan Lombok memang sudah tidak perlu untuk dipertanyakan. Wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke pulau terbesar yang berada di bagian ujung pulau Lombok ini tentu sudah mengakui keindahan alam yang disajikan di lokasi ini. Akan tetapi, di balik keindahannya, ternyata pulau ini menyimpan cerita tersendiri. Ada beberapa fakta menarik yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum maupun wisatawan yang berkunjung. Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Arti kata Gili Trawangan

Nama Gili Trawangan ini punya arti tersendiri yang berasal dari bahasa lokal Lombok. ‘Gili’ berarti pulau kecil sedangkan ‘trawangan’ berasal dari kata ‘terangang’. Dulunya Gili ini disebut sebagai Gili Terangang yang berarti pulau penyu. Nama itu disematkan karena pulau ini sering digunakan sebagai tempat bertelur oleh kawanan penyu. Akan tetapi kata ‘terangang’ ini dirasa cukup sulit diucapkan sehingga lambat laun namanya berubah menjadi ‘trawangan’ yang masih memiliki arti serupa.

  1. Sebagai Pulau Tahanan

Konon, dulunya pulau ini difungsikan untuk tempat penampungan tahanan/narapidana. Para narapidana pemberontak tersebut yang diasingkan di Gili Trawangan akhirnya menetap dan menjadi penduduk asli pulau ini.

  1. Penduduk masih memegang teguh peraturan adat

Para penduduk lokal Gili Trawangan Lombok masih memegang peraturan adat dengan sangat teguh salah satunya peraturan tegas tentang pelaku pencurian. Apabila ada orang yang tertangkap mencuri di lokasi ini maka sanksi tegas akan langsung diberlakukan. Para pencuri yang tertangkap ini akan dijatuhi hukuman berupa diarak berkeliling pulau dengan membawa tulisan yang berisi pengakuan bahwa dirinya seorang pencuri. Sanksi sosial ini diberlakukan kepada semua pelaku pencurian baik wisatawan lokal maupun asing tanpa ada pengecualian.

  1. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor

Jika Anda berkunjung ke Gili Trawangan maka Anda akan melihat bahwa di pulau ini Anda akan sulit menemui kendaraan bermotor yang berlalu lalang dan dikendarai oleh wisatawan. Aturan ini memang sudah ada dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat dan wisatawan. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan cidomo, kendaraan tradisional serupa andong untuk berkeliling di sekitar pulau. Di Gili Trawangan Lombok ini tersedia banyak angkutan cidomo yang bisa dinaiki sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan dengan masalah transportasi selama berlibur. Selain menggunakan cidomo, Anda juga bisa memilih jenis transportasi lain yaitu sepeda kayuh. Ada persewaan sepeda di dalam pulau ini yang menyediakan banyak pilihan kendaraan roda 2 tanpa mesin ini.

  1. Para penduduk lokal pulau membuat rumah-rumah di tengah pulau

Seperti diketahui bahwa lokasi Gili Trawangan ini memang sudah banyak dikembangkan sebagai tujuan wisata berkelas internasional. Ada banyak fasilitas umum seperti hotel, restauran maupun fasilitas lain yang dibangun di atas lahan di sekitar pantai. Tingginya kebutuhan lahan untuk pariwisata ini membuat penduduk lokal menjual tanah miliknya dan memutuskan untuk hidup berkumpul dengan penduduk lainnya di bagian tengah pulau Gili Trawangan.

  1. Ada banyak kucing lucu yang berkeliaran di sekitar pulau

Penduduk lokal Gili Trawangan sangat menghargai makhluk hidup termasuk hewan. Di pulau ini keberadaan hewan seperti kucing dibiarkan bebas berkeliaran.Kucing-kucing penghuni pulau ini dibiarkan hidup dan berkembang biak sehingga Anda yang suka kucing akan bisa menemukan hewan lucu ini dan bermain-main dengan mereka.

6 fakta unik tentang Gili Trawangan Lombok tadi memang belum banyak diketahui sebelumnya. Beberapa hal menarik tadi bisa membuat Anda semakin ingin berkunjung dan melihat langsung keindahan yang dimiliki pulau ini. Sebagai wisatawan yang baik sudah seharusnya Anda juga ikut menghargai aturan lokal serta seluruh makhluk hidup yang ada di pulau. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *