3 Gili Lombok Tujuan Wisata yang Mulai Naik Daun

Jika menyebut kata ‘gili’ di Lombok mungkin yang tersirat di benak Anda adalah Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air yang memang sudah cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata selain ketiga gili tersebut masih ada beberapa gili Lombok lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Memang, gili-gili selain ketiga gili tadi berukuran jauh lebih kecil, akan tetapi keindahan alamnya tentu tidak kalah cantiknya. Bahkan, liburan di gili-gili kecil bisa memberikan nuansa yang berbeda bagi Anda.

Gili Lombok yang Tidak Terlalu Ramai Namun Patut Dikunjungi

Mengunjungi lokasi wisata yang sudah tersohor kadangkala membawa beberapa ketidaknyamanan tersendiri seperti jumlah pengunjung yang terlalu banyak dan membuat lokasi terasa penuh sesak. Hal ini pun bisa terjadi ketika Anda mengunjungi lokasi-lokasi wisata populer di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mengantisipasi hal ini tidak ada salahnya Anda coba mengunjungi lokasi wisata lain yang tidak terlalu ramai tapi tetap bisa memuaskan liburan Anda. Di Lombok terdapat beberapa pulau/gili kecil yang bisa Anda kunjungi, berikut ini 3 diantaranya :

  • Gili Sudak
Gili Lombok
Gili Sudak Lombok

Gili yang satu ini berlokasi di Dusun Batu Kijuk, Desa Medang, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Anda bisa mencapai Gili Sudak dengan menempuh perjalanan dari Kota Mataram ke Dusun Batu Kijuk. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menumpang perahu motor selama kurang lebih 15 menit. Sesampainya di gili Sudak Anda akan melihat bahwa pulau ini masih alami dan sangat terjaga keindahan dan kebersihannya. Di pulau ini sudah terdapat bangunan-bangunan terbuat dari kayu yang memang diperuntukkan bagi para wisatawan. Air laut di Gili Sudak sangat jernih membuat terumbu karang dan ikan-ikan yang berada di dasar pantai dapat terlihat dengan jelas dari atas.

Di Gili Lombok ini ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan seperti berenang santai di pantai yang berombak tenang, berjalan-jalan mengelilingi pulau, diving, snorkeling ataupun sekadar duduk bersantai menikmati pemandangan dan angin sepoi-sepoi. Ketika hari mulai senja, Anda bisa melihat indahnya matahari terbenam dari pinggir pantai di Gili Sudak. Indahnya matahari terbenam ini bisa Anda abadikan karena pemandangan yang tercipta benar-benar mampu memanjakan mata Anda.

  • Gili Nanggu
Wisata Gili Nanggu Lombok
Wisata Gili Nanggu Lombok

Gili Lombok selanjutnya yang tidak kalah cantiknya adalah Gili Nanggu. Gili Nanggu ini masih berlokasi di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pulau ini memang sudah dikenal wisatawan namun masih belum seramai gili lain yang sudah lebih dulu populer. Jika beruntung, Anda bisa merasakan pengalaman liburan serasa di pulau milik pribadi apabila pengunjung sedang tidak terlalu ramai.

Di Gili Nanggu Anda juga bisa menikmati keindahan pantai maupun alam bawah lautnya. Pantai di gili ini juga memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih seperti kebanyakan gili lain di Lombok. Selain bermain air atau berjalan-jalan, di lokasi ini Anda juga bisa berkemah bersama rombongan. Untuk dapat merasakan pengalaman bermalam di Gili Nanggu Anda terlebih dahulu perlu mengantongi izin dari penduduk setempat.

  • Gili Kedis
Gili kedis Lombok
Gili kedis Lombok

Gili Lombok terakhir yang akan dibahas adalah Gili Kedis. Pulau ini berukuran sangat kecil dan memiliki bentuk menyerupai lambang cinta. Saking kecilnya, Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 5 menit untuk mengelilingi pulau ini. Lokasinya masih berada di Kecamatan Sekotong tidak jauh dari Gili Sudak dan Gili Nanggu. Mengunjungi Gili Kedis ini serasa berkunjung ke pulau pribadi karena pulau ini berukuran kecil dan dikelilingi oleh laut yang indah. Karena ukurannya yang kecil, tidak ada penduduk yang menghuni pulau ini dan pedagang ataupun fasilitas umum yang ada juga sangat minim. Akan jauh lebih baik jika Anda membawa bekal makanan, minuman dan perlengkapan pribadi sendiri.

Nah, itu tadi 3 Gili Lombok yang tidak kalah seru untuk dijadikan tujuan berlibur Anda dan keluarga. Mengeksplorasi Lombok memang selalu menyenangkan dengan berbagai potensi kekayaan alam yang dimilikinya. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan dan kondisi fisik yang baik agar liburan dapat berjalan menyenangkan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *