Indahnya Tempat Wisata di Lombok Tengah

Wilayah Lombok yang terkenal akan wisata pantainya adalah Lombok Tengah. Tempat wisata di Lombok Tengah menawarkan pesona pantai yang berbeda dari pantai lain di Indonesia. Namun bagi anda yang tidak terlalu menyukai pantai, jangan khawatir karena masih terdapat pilihan wisata lain yang menarik untuk disinggahi.

  1. Pantai Tanjung Aan Lombok

Salah satu tempat wisata di Lombok Tengah adalah Pantai Tanjung Aan Lombok. Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal di Lombok dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Akses menuju pantai juga cukup mudah, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil maupun motor. Pantai Tanjung Aan beralamat di Desa Pengembur, Pujut, Lombok Tengah. Jarak yang ditempuh lebih dekat apabila berangkat dari Bandara Internasional Lombok yaitu sekitar 40 menit sedangkan perlu waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Mataram.

gambar Tempat wisata di Lombok Tengah

Pantai ini memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai lain yaitu adanya pasir putih yang halus seperti tepung dan pasir putih agak kekuningan dengan tekstur kasar dan bentuk menyerupai merica. Pantai yang dikelilingi bukit ini cocok digunakan untuk diving, snorkeling, surfing atau berenang di tepi pantai.

Wisatawan yang ingin melihat birunya Samudera Hindia dan panorama di sekitarnya secara berbeda, dapat melihat melalui bukit yang berada di sekitar area pantai. Tak lupa wisatawan harus mengunjungi destinasi wisata berupa Batu payung yang dekat dengan Pantai Tanjung Aan. Terdapat nelayan yang menawarkan jasanya untuk mengantar wisatawan ke lokasi sebuah batu yang mirip payung tersebut. Batu payung dapat menjadi spot foto yang indah sebagai kenangan telah mengunjungi tempat wisata di Lombok Tengah.

  1. Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya Bali, Lombok juga memiliki pantai bernama Pantai Kuta Lombok. Jarak pantai ini dengan Pantai Tanjung Aan sangat dekat hanya berkisar 3-4 km. pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai ini juga tergolong pantai yang ramai karena sudah banyak penjual di sekitar pantai dan bagi wisatawan yang ingin menginap tidak perlu khawatir, karena terdapat hotel ataupun guest house yang dekat di daerah Pantai Kuta Lombok. Dengan aksesnya yang mudah, Pantai Kuta Lombok dapat menjadi pilihan utama sebagai tempat wisata di Lombok Tengah. Jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan view dan momen indah di Pantai Kuta Lombok.

Bagi para wisatawan yang menyukai olahraga air, Pantai Kuta Lombok merupakan pilihan yang tepat. Wisatawan dapat berselancar, mencoba banana boat, dan jet ski.Banyak peralatan yang disewakan di sekitar pantai. Pantai dengan pasir putih halus ini menawarkan keindahan alam yang tak biasa dengan adanya bukit bernama Mandalika yang menawan dan terkenal akan legendanya. Melalui Bukit Mandalika, wisatawan dapat melihat pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda. Selamat mencoba menikmati pesona panti dari atas bukit.

  1. Desa Adat Sade dan Sukarara

Bagi wisatawan yang jenuh dengan wisata pantai, terdapat pilihan lain dari tempat wisata di Lombok Tengah yaitu desa adat Suku Sasak. Dua desa yang berdekatan tersebut adalah Desa Sade dan Desa Sukarara. Desa Sade berada di wilayah Desa Rambitan, Pujut, Lombok Tengah sementara Desa Sukarara terletak di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Kedua desa tersebut merupakan penghasil kain tenun khas lombok. Tak heran apabila memasuki desa tersebut, wisatawan diberi suguhan pemandangan berupa deretan toko yang menjual hasil kain tenun. Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Lombok, kain tenun atau songket ini dapat menjadi pilihan istimewa.

Wisatawan juga dapat mencoba menenun menggunakan alat tenun tradisional yang unik dan berbeda ini dengan arahan dari penduduk desa. Kegiatan menenun sudah menjadi identitas tersendiri khususnya bagi para perempuan di desa tersebut. Selain itu, anda tidak akan jenuh apabila berwisata di Desa Sade dan Sukarara karena pemandangan yang indah dan terasa sejuk dengan rumah adat khas Suku Sasak yang berjejer secara berdekatan. Dengan berbagai keunikannya, desa adat sebagai tempat wisata di Lombok Tengah ini harus anda kunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *