Jalan Jalan ke Lombok kunjungi 3 Desa Wisata Ini

Pulau Lombok ternyata menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk diketahui. Berikut ini 3 destinasi wisata budaya yang patut Anda kunjungi apabila jalan jalan ke Lombok. Pulau Lombok adalah salah satu surga wisata di Indonesia selain Pulau Bali yang sudah lebih dulu tersohor hingga mancanegara. Banyak orang yang mengisi liburan dengan jalan jalan ke Lombok karena daya tariknya yang luar biasa. Lombok menyimpan kekayaan alam, budaya serta kuliner yang patut Anda coba.

Wisata Budaya jadi Alternatif Tujuan Jalan jalan ke Lombok

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, salah satunya ada di daerah Lombok. Selain pantai dan gili yang sudah umum dikunjungi pelancong dari luar pulau, wisata budaya juga bisa menjadi pilihan untuk mengeksplorasi kearifan lokal yang dimiliki daerah Lombok. Melihat minat pengunjung yang cukup tinggi akan jenis wisata ini, beberapa desa di Lombok pun dibuat menjadi desa wisata yang dapat menjadi destinasi berlibur yang menarik. Anda bisa mengunjungi dan melihat keseharian masyarakat lokal dari dekat. Masing-masing desa wisata memiliki keunikan tersendiri karena tradisi dan keseharian mereka yang juga beragam

3 Desa Wisata Pilihan jika Anda Jalan jalan ke Lombok

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata budaya yang satu ini, berikut akan dibahas mengenai 4 desa wisata di Lombok yang dapat Anda pilih sebagai salah satu destinasi wisata

  1. Desa Senaru
Jalan Jalan ke Lombok
Desa Senaru

Desa Senaru berlokasi di kaki Gunung Rinjani di wilayah Lombok Utara. Desa ini cukup mudah diakses dari Kota Mataram. Ketika memasuki desa adat ini Anda bisa melihat rumah-rumah warga yang masih terbuat dari kayu dan bambu serta beratapkan daun kering. Desa adat yang ini dipimpin oleh seorang Maloka atau ketua adat ini terdiri atas 20 kepala keluarga yang semuanya beragama islam. Bila berkunjung ke desa ini Anda bisa belajar mengenai tradisi adat senaru dari masyarakat desa, diantaranya tradisi upacara adat yang digelar pada momen-momen tertentu seperti menjelang Idul Fitri, upacara dalam rangka mengkhitankan serta upacara kematian. Ada keunikan lain pada tradisi dan adat istiadat perkawinan di desa ini yaitu tradisi denda kawin. Orang yang akan melangsungkan pernikahan dilarang menyebutkan tanggal pernikahan mereka karena jika pelaksanaannya tidak sesuai dengan tanggal yang pernah diucapkan maka denda kawin pun harus dibayar. Desa yang berlokasi di Kecamatan Bayan, Lombok Utara ini patut anda singgahi jika jalan jalan ke Lombok karena desa ini menyimpan banyak cerita tentang kekayaan adatnya yang menarik untuk digali.

  1. Desa Sade
Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok ini banyak dijadikan destinasi wisata ketika jalan jalan ke Lombok karena memiliki kekayaan budaya yang unik. Desa yang berlokasi di Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini dihuni oleh sekitar 150 kepala keluarga yang tinggal di rumah-rumah adat. Rumah adat di desa sade masih terjaga keasliannya, yaitu berdindingkan anyaman bambu serta beratapkan daun alang-alang yang sudah dikeringkan. Di desa ini juga terdapat lumbung-lumbung padi yang digunakan untuk menyimpan hasil panen warga. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Desa Sade selain berkeliling menikmati suasana desa dan mengobrol dengan warga lokal, diantaranya belajar menenun kain serta melihat atraksi budaya yang disuguhkan oleh masyarakat desa. Anda yang ingin mengunjungi Desa ini bisa menempuh perjalanan sekitar 8 km dari Bandara Internasional Lombok.

  1. Desa Banyumulek
Desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Desa yang terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat ini terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Sebagian besar warga desa berprofesi sebagai pengrajin gerabah yang kemudian dipasarkan hingga ke luar desa ini. Anda akan melihat ada banyak ornamen gerabah di tempat-tempat umum di Desa Banyumulek. Di desa ini Anda bisa belajar membuat gerabah langsung dari tangan-tangan terampil warga. Gerabah yang dibuat oleh warga Desa Banyumulek menggunakan pewarna alami tanpa bahan kimia serta proses pembuatannya masih manual tanpa bantuan alat. Anda juga bisa membeli oleh-oleh gerabah dari toko-toko dan galeri yang berjejer di sepanjang jalanan desa. Karena keunikannya ini, Anda tidak boleh terlewat untuk mengunjungi Desa Banyumulek apabila jalan jalan ke Lombok.

Demikian Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi jika jalan jalan ke Lombok. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *