Kerajinan Desa Sukarara Lombok Yang Cantik di Pandang Mata

Kerajinan Desa Sukarara Lombok kini terkenal sampai ke mancanegara atau penyuruh dunia. Banyak wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara yang mengunjungi Desa Sukarara ini untuk melihat. Membeli dan belajar langsung cara pembuatan kerajinan tenun Lombok.

Keunikan Sejarah Desa Sukarara Lombok

Keseruan Desa Sukarara
Keseruan Desa Sukarara

Sejarah di Desa Sukarara ini wajib untuk Anda ketahui. Dulu zaman nenek moyang hingga sekarang Desa Sukarara ini masih menjalankan tradisininya yaitu, para wanita warga Desa Sukarara ini tidak boleh menikah jika belum ahli dalam menenun. Jadi para wanita disini diwajibkan untuk belajar dan ahli dalam menenun. Tak hanya itu jikalau ada yang menikah, para lelaki yang menikahi wanita di Desa Sukarara ini harus dengan nikah lari. Nikah lari disini bukan berarti nikah dengan cara berlari, namun nikah lari disini di maksudkan nikah dengan cara menyembunyikan wanitanya di rumah sanak saudaranya. Setelah selesai acara persembunyian, akan diakannya peresmian pernikahannya dengan cara yang di sebut nyongkolan adat sasak. Seorang wanita yang menikah di Desa Sukarara ini harus menggunakan kain tenun adat Desa Sukarara di acara peresmiannya. Kain tenun ? yuk kita bahas mengenai kain tenun yang sering di gunakan pada wanita yang baru saja menikah.

2 Kain Tenun Lombok Yang Wajib Anda Punya

Desa Sukarara
Desa Sukarara

Ada dua jenis kain tenun yang paling sering di gunakan untuk pernikahan. Salah satunya bernama kain tenun songket, songket ini terbuat dari benang yang sangat kuat dan menjadikan kain ini tidak mudah untuk robek, kain tenun songket ini bermacam – macam warnanya dan bentuknya, kain songket pada umumnya memiliki gambar atau hiasan yang berwarna kuning emas. Kain songket ini ada yang jenis kw hingga benar – benar asli, kain songket yang di jual di Songket Lombok ini asli dengan kualitas yang OK banget. Yang kedua yang sering digunakan para wanita yang baru menikah adalah kain tenun rangrang, kain tenun rangrang ini terbuat dari warna yang berbahan alami, kain rangrang ini di buat oleh tangan pengrajin ahli yang menjadikan kain ini sangat kuat, tidak mudah robek, tidak mudah luntur dan pastinya memiliki keindahan warna dan gambar yang sangat cantik nan indah untuk di pandang.

Anda ingin memiliki kerajinan tenun yang di buat oleh Desa Sukarara ini ? datang ke Desa Sukarara Lombok dan beli kerajinan tenunnya yang asli tidak mudah luntur serta tidak mudah robek ini sekarang juga !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *