KEREN!!! Yuk Rasakan Kesejukan Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Panorama Air Terjun Sendang Gile Yang Bisa Anda Lihat

Air Terjun Sendang Gile merupakan tempat wisata air terjun yang berada di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya ada di kawasan desa Senaru, dan 2 kilometer dari desa Bayan. Tempat wisata ini masih berada di sekitaran Taman Nasional Gunung Rinjani. Hal ini dikarenakan, air terjun ini adalah pintu masuk dari tempat pendakian ke gunung Rinjani. Penduduk setempat sering menyebut air terjun ini sebagai Batu Ko’ atau Batu Kerbau. Karena konon katanya dahulu sendang gile ini merupakan tempat para bidadari mandi ketika turun ke bumi. Namun, ada juga yang bilang jika nama ini bermula dari seorang pemburu singa yang tengah mengacaukan kampung dan ternyata si pemburu malah menemukan air terjun ini, Sehingga penduduk kampung sekitar menyebut Singagila dengan sebutan sengang gile, tetapi, lambat laun pelafalan itu berubah menjadi Air Terjun Sendang Gile. Para penduduk mempercayai bahwa jika mandi ataupun dengan membasuh wajah di Air Terjun Sendang Gile, maka akan membuat seseorang jadi lebih muda satu tahun dibandingkan usia sebenarnya.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air terjun yang memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan kurang lebih 31 meter dari dasar sungai ini mempunyai dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam yang berada di bawahnya, tingkat kedua, pada kolam itu air meluncur ke arah bawah dan membentuk sungai dibawahnya.

Untuk menuju desa Senaru dibutuhkan waktu 2 – 3 jam menggunakan kendaraan roda empat jika ditempuh dari ibu kota Mataram. Ada dua rute yang bisa dilewati wisatawan, yaitu Pantai Senggigi dan Hutan Baun Pusuk utuk menuju ke Air Terjun Sendang Gile.

Untuk dapat masuk ke dalam tempat wisata, para wisatawan dikenakan tiket masuk. Di tempat wisata ini juga disediakan tempat penginapan yang sederhana dan juga melayani jasa pendakian yang sudah memadai. Namun, ditempat wisata ini masih jarang ditemui penjual makanan ataupun minuman.

Demekian penjelasan mengenai tempat wisata Air Terjun Sendang Gile. Semoga bisa menjadi alternatif anda berlibur ber sama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *