Liburan Ala Backpacker ke Wisata Gili Air Lombok

Liburan memang menjadi salah satu hal yang sering sekali ditunggu. Saat liburan, Lombok sering menjadi salah satu tempat wisata terfavorit bagi para turis. Tak hanya turis lokal, turis mancanegara pun rela jauh-jauh hanya untuk melihat keindahan Pulau Lombok. Salah satu hal yang menarik dari Lombok adalah keindahan gilinya termasuk wisata gili air Lombok

Gili Air Lombok
Gili Air Lombok

Gili Air memang bisa dibilang tak seramai Gili Trawangan. Namun, pemandangan di Gili Air juga sangat indah, bahkan gili yang satu ini masih belum sering dikunjungi banyak wisatawan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan Gili Air dengan lebih tenang. Untuk berwisata di Gili Air ternyata juga tidak begitu mahal.

Disana, ada beberapa penginapan yang murah dan terjangkau. Itulah mengapa banyak sekali para backpacker yang tertarik untuk mengunjungi wisata gili air Lombok. Penasaran dengan apa saja yang ada di Gili Air? Berikut ulasannya.

Keindahan Wisata Gili Air Lombok Yang Eksotis dan Mempesona

Bagi Anda yang masih asing dengasn wisata Gili Air, sebenarnya letak wisata yang satu ini tidak begitu jauh dari Gili Trawangan. Gili Air merupakan salah satu gili yang paling terkenal di Pulau Lombok disamping Gili Meno dan Gili Trawangan. Jika Anda lebih suka menikmati pantai indah yang jauh dari keramaian, Gili Air sangat cocok untuk pilihan liburan!

Dibandingkan dengan Gili lainnya, wisata gili air Lombok sebenarnya merupakan yang paling dekat letaknya dengan Pulau Lombok, tepatnya di barat pantai Lombok yaitu di Desa Gili. Gili Air merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya biota laut. Jadi, jangan heran jika Anda melihat banyak turis yang melakukan snorkeling dan diving.

Gili Air Lombok
Gili Air Lombok

Di Gili Air, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti berenang, melihat sunset, bersantai, dan lainnya. Namun, biasanya para turis lebih senang untuk melihat bermacam ikan, kura-kura, dan kuda laut. Disini terdapat banyak sekali spot untuk melihat biota alam tersebut dengan berbagai macam warna.

Banyaknya biota laut yang beranekaragam disebabkan oleh letak Gili Air yang berada di tengah laut. Itulah mengapa masyarakat setempat sering menyebut Gili Air dengan sebutan “”Tengaq Aiq”. Biasanya, Gili Air akan cukup ramai dikunjungi pada bulan Juni – Agustus oleh banyak turis dari bermacam negara seperti Inggris, Italia, Australia, Prancis, dan lainnya.

Akses Dan Fasilitas Wisata Gili Air Lombok

Meskipun masih terbilang sepi pengunjung, akses untuk menuju wisata gili air Lombok cukup mudah. Anda bisa menyebrang menggunakan speed boat dari Pelabuhan Bangsal. Biasanya, untuk sampai ke Gili Air hanya membutuhkan waktu 25 menit saja.

Gili Air Lombok
Gili Air Lombok

Untuk ke Pelabuhan Bangsal, Anda bisa berangkat dari Kota Mataram dengan menggunakan Angkutan Umum, yaitu dengan rute Mataram – Bangsal. Biasanya, untuk angkutan umum akan terdapat dua jalur, yaitu yang melewati Rembiga atau Meninting. Sepanjang perjalanan menuju pelabuhan, Anda akan disuguhi dengan eksotisnya pemandangan Pulau Lombok seperti kawasan Hutan Baun Pusuk, Pantai Lombok, dan lainnya.

Untuk menyebrang ke Gili Air, tarif yang ditawarkan speed boat pun sangat terjangkau sekali, bahkan tidak sampai ratusan ribu rupiah. Itulah mengapa wisata gili air Lombok cocok sekali untuk dijadikan destinasi liburan backpacker. Namun, saat ingin menyebrang, pastikan Anda sudah mengetahui jadwal penyebarangannya terlebih dahulu.

Fasilitas yang ditawarkan Gili Air sebenarnya cukup banyak. Anda bisa menikmati makanan khas Lombok di restaurant, bermalam di hotel atau penginapan, ataupun bersantai di bar. Selain itu, ada pula beberapa warga yang menyewakan sepeda jika Anda ingin berkeliling menikmati indahnya Gili Air.

Bagi Anda yang suka aktivitas air, Gili Air memiliki banyak spot menarik untuk snorkeling dan diving. Tidak terbiasa melakukan diving? Jangan dulu khawatir! Disini Anda juga bisa menyewa jasa pemandu. Jika Anda ingin menghemat, Anda bisa melakukan hal lainnya seperti berenang, berjemur, bersepeda atau bercengkrama dengan warga Lombok yang ramah-ramah.

Berlibur ke wisata gili air Lombok tentu akan menjadi hal yang membuat liburan Anda berwarna. Bagi Anda yang ingin melakukan backpacker ria, Gili Air menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi di Lombok. Selain itu, Aagar liburan Anda lebih lengkap, kunjungilah wisata Lombok lainnya seperti Pantai Kuta, Hutan Baun Pusuk, dan Pura Lingsar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *