Ultimate magazine theme for WordPress.

Liburan di Lombok Ini Yang Wajib Dicoba di Akhir Pekan

Jika kita baru pertama kali mengunjungi Pulau Lombok, pastinya kita akan mengunjungi tempat wisata yang paling ikonik serta terkenal di sana. Liburan di Lombok ini yang wajib dicoba serta jadi pilihan utama wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Hal ini tak lepas dari keindahan alam serta keunikannya yang membuatnya tak bisa ditemukan di tempat lain. Dari sekian banyak tempat wisata di Lombok, dua yang termasuk ikonik ialah Gili Trawangan dan Pantai Pink.

wisata di lombok yang lagi hits
Gili trawangan Lombok

Bahkan, Gili Trawangan terbilang wajib dikunjungi apabila kita tengah berada di Pulau Lombok. Liburan di Lombok terbilang belum lengkap jika belum mengunjungi gili ini. Seperti apa gerangan keindahannya? Berikut penjelasannya.

Daftar Liburan di Lombok Ini Yang Wajib Dicoba

Gili Trawangan ialah gili paling besar di antara tiga gili atau pulau kecil yang ada di sebelah barat laut dari Pulau Lombok. Ketinggiannya di atas permukaan air laut terbilang cukup signifikan. Panjangnya 3 km serta lebarnya 2 km dan populasinya sekitar 800 jiwa.

Liburan di Lombok ini yang wajib dicoba karena lengkapnya fasilitas yang tersedia. Termasuk di antaranya adalah kedai Tir na Nog atau bar Irlandia. Bagian paling padat penduduk dari Gili Trawangan ada di sebelah timur. Trawangan juga memiliki nuansa pesta yang terkesan lebih mewah daripada Gili Air ataupun Gili Meno. Banyaknya pesta yang diadakan tiap malam dengan lokasi yang dirotasi membuat pulau ini tak pernah sepi.

Aktivitas yang populer di kalangan wisatawan ialah scuba diving, snorkelling, kayak hingga selancar. Terdapat pula beberapa tempat untuk wisatawan yang ingin berkuda mengelilingi pulau. Liburan di Lombok ini yang wajib dicoba apabila kita menginginkan suasana yang nyaman dan tenang tanpa berisiknya suara kendaraan.

Ini karena Gili Trawangan terdapat larangan menggunakan kendaraan bermotor. Sarana transportasi yang umum digunakan ialah sepeda serta cidomo, yaitu kereta kuda sederhana. Untuk bepergian dari dan ke tiga gili tersebut, penduduk setempat umumnya akan menggunakan kapal bermotor maupun speedboat.

Kelebihan Gili Trawangan sehingga menjadikannya salah satu liburan di Lombok ini yang wajib dicoba ialah kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit di satu pantai yang sama. Ini karena pantai di Gili Trawangan menghadap timur dan barat dengan jarak yang tak terlalu jauh.

Di sini kita juga dapat melihat kesenian bela diri presean atau stick fighting yang terbilang tradisional. Pertunjukannya biasanya dilakukan di pasar seni Gili Trawangan. Gili Trawangan juga ternyata memiliki sejarahnya sendiri, di mana gili ini awalnya dijadikan tempat pembuangan para narapidana. Baru pada 1970-an pulau ini dijadikan tempat persinggahan orang-orang Bugis asal Sulawesi dan akhirnya terus berkembang menjadi tempat wisata.

Selain Gili Trawangan, liburan di Lombok ini yang wajib dicoba ialah Pantai Pink. Selama ini mungkin kita hanya tahu bahwa Pantai Pink terletak di Flores, NTT. Padahal, pantai yang sama bisa juga ditemukan di Lombok, NTB.

Pantai ini sendiri sebenarnya bernama Pantai Tangsi serta menjadi pantai transit bagi nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar. Nama Pantai Pink diberikan karena pasir pantainya memang berwarna merah muda. Warna ini didapat dari hasil percampuran alami antara pasir pantai yang putih dengan serpihan karang merah muda. Warna pink akan semakin tampak jelas dan cerah pada siang hari akibat bias sinar matahari.

Lokasi persisnya ada di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Keunikannya terutama karena hanya ada tujuh pantai di dunia yang pasirnya berwarna merah muda seperti ini. Dua di antaranya ada di Indonesia, yaitu di Flores dan Lombok. Keindahan Pantai Pink kian sempurna berkat hamparan bukit yang ada di sekeliling pantai.

wisata lombok pantai pink
pantai pink lombok

Untuk bisa menuju Pantai Pink, wisatawan harus membelah hutan lindung Sekaroh dan menempuh jarak kira-kira 10 km dari Desa Pemongkong. Perjalanannya cukup jauh dan mengocok perut karena kondisi jalanan yang tidak rata. Namun semua ini akan terbayar saat kita sampai di Pantai Pink dan menyaksikan sendiri keindahannya. Itulah beberapa tempat liburan di Lombok ini yang wajib dicoba pada akhir pekan.

Kunjungi pantai pink dengan paket wisata lombok 3 hari 2 malam yang bisa membuat liburan Anda lebih seru dan menyenangkan. Dengan mengunjungi tempat liburan di ini yang wajin dicoba diatas.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp