Liburan Ke Lombok? Ini 3 Destinasi Wisata Lombok Barat Wajib Dikunjungi

Liburan ke Lombok bersama keluarga, kekasih, ataupun teman memang menjadi hal yang mengasyikan. Saat liburan ke Lombok, biasanya banyak sekali turis yang lebih suka mengunjungi Lombok Utara. Padahal, destinasi wisata Lombok barat juga tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi.

Sama halnya dengan wilayah Lombok lainnya, di Lombok barat juga terdapat banyak tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Gili Kedis. Selain itu, Lombok Barat juga terkenal dengan aneka wisata yang bersejarah. Ingin tahu bagaimana menariknya wisata di Lombok Barat? Simak ulasan berikut ini.

Gili Kedis : Destinasi Wisata Lombok Barat Andalan Wisatawan

Gili kedis LombokSaat berkunjung ke wilayah Lombok Barat, pastikan diri Anda untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Gili kedis memang menjadi salah satu destinasi wisata Lombok barat yang paling indah dan sangat wajib untuk dikunjungi. Bahkan, tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Pulau Lombok.

Berbeda dengan jenis gili lainnya, Gili Kedis memang tergolong gili yang kecil sekali. Bahkan, Gili Kedis merupakan gili terkecil milik Pulau Lombok. Meskipun sangat kecil, Gili Kedis menyimpan keindahan yang tak ternilai. Keindahan yang ditawarkan Gili Kedis sulit sekali jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya di Pulau Lombok.

Karena luasnya yang kecil, untuk mengelilingi Gili Kedis Anda tidak perlu menyewa sepeda. Luasnya yang hanya sebesar lapangan membuat Anda bisa mengitari pulau ini hanya dalam waktu 5 menit saja. Meskipun begitu, Anda tetap bisa bersenang-senang di pulau ini. Anda bisa berenang, snorkeling, bersantai, ataupun berjemur di pinggir pantai.

Destinasi wisata Lombok barat yang satu ini terletak di Kecamatan Sekotong. Dari Pelabuhan Tawun, Anda bisa menyebrang menggunakan boat hanya dalam waktu 20 menit saja. Saat perjalanan menuju Gili Kedis, Anda akan disuguhi pemandangan indah laut Lombok.

Jika Anda berminat untuk ke Gili Kedis, kami sarankan untuk mempersiapkan beberapa hal seperti makanan dan minuman. Pasalnya, disini akan jarang ditemukan warung atau restaurant penjaja makanan. Di Gili Kedis juga cukup sulit menemui beberapa penginapan untuk bermalam. Kurangnya fasilitas ini disebabkan karena minimnya luas area Gili Kedis.

Destinasi Wisata Lombok Barat Yang Amat Bersejarah

Bosan dengan destinasi wisata Lombok barat yang berbau pantai? Dua wisata ini bisa jadi tempat yang cocok sekali dengan Anda! Taman Narmada dan Pura Lingsar memang sering sekali dijadikan wisata andalan bagi para turis yang gemar akan budaya dan sejarah Pulau Lombok.

Pura Lingsar Dan Taman Narmada
Pura Lingsar Dan Taman Narmada

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada. Destinasi wisata Lombok barat yang satu ini sebenarnya merupakan replika Gunung Rinjani yang dahulu dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem. Beliau membangun Taman Narmada karena kondisinya yang sudah tidak kuat mendaki ke Gunung Rinjani untuk beribadah.

Nama Narmada sendiri diambil dari nama sungai yang ada di India yang memiliki arti sumber kehidupan. Taman Narmada dibangun dengan luas 3 hektar dan menjadi tempat ibadah sekaligus peristirahatan raja-raja saat musim kemarau. Saat ini, Taman Narmada lebih sering digunakan sebagai tempat wisata dan perayaan acara adat.

Di Taman Narmada, Anda akan menemukan banyak telaga yang merupakan replika Danau Segara Anak di Rinjani. Diatas telaga dibangun Pura Narrmada yang memiliki bentuk punden berundak. Pura ini merupakan salah satu pura yang paling tua di Pulau Lombok. Selain itu, Taman Narmada juga memiliki Balai Pertitaan yang terdapat mata air dari Gunung Rinjani langsung.

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Konon, air yang terdapat di Balai Pertitaan bisa membuat orang menjadi awet muda. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan banyak sekali turis yang minum, wudhu, atau sekedar cuci muka dengan air tersebut. Air yang ada dalam Balai Pertirtaan juga sangat dingin sehingga segar sekali saat diminum atau digunakan untuk sekedar cuci muka.

Tak jauh dari Taman Narmada, Anda bisa kunjungi destinasi wisata Lombok barat yang berbau sejarah lainnya, yaitu Pura Lingsar. Pura seluas 26 hektar ini terletak di Desa Lingsar. Pura Lingsar merupakan bangunan bersejarah bagi umat Hindu dan Islam. Bahkan, sampai saat ini Pura Lingsar masih sering digunakan untuk acara adat atau ibadah kedua umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *