Makanan Khas Lombok Utara yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Setelah asyik berlibur dengan keindahan wisata alam, tentunya kurang lengkap tanpa mencicipi wisata kuliner khas daerah. Jika Anda sedang berlibur di Lombok, Anda tidak akan kecewa bila Anda mencicipi beberapa makanan khas dari Lombok Utara. Namun, jika Anda masih bingung untuk menentukan makanan apa yang akan patut untuk dicoba di Lombok Utara, artikel ini akan membantu Anda. Artikel ini akan menjelaskan dan memberikan rekomendasi untuk Anda beberapa makanan khas Lombok Utara yang sayang jika Anda lewatkan.

Beberapa Makanan Khas Lombok Utara

Makanan yang dapat Anda coba di Lombok, tentunya akan sangat beragam. Karena beragamnya makanan yang ada, bukan tidak mungkin Anda akan kebingungan untuk memilih makanan di tempat wisata. Untuk memecahkan kebuntuan Anda tersebut, terdapat beberapa makanan khas Lombok Utara yang dapat Anda coba. Dan tentunya makanan ini tidak akan mengecewakan lidah dan perut Anda, berikut makanan khas Lombok Utara yang dapat Anda cicipi :

  1. Sate Tanjung

Bila Anda biasanya mencicipi sate daging ayam ataupun Kambing, Sate Tanjung adalah sate daging Ikan. Makanan khas dari Desa Tanjung, Lombok Utara ini memiliki rasa yang gurih dan pedas. Sate ini dulunya merupakan makanan yang hanya disajikan pada acara keagamaan atau hajatan perkawinan. Namun saat ini, Anda sebagai wisatawan pun dapat mencicipinya. Makanan ini dapat Anda jumpai di sepanjang jalan di Kota Tanjung, pada siang sampai sore hari. Tidak seperti sate kebanyakan, Sate Tanjung disajikan tanpa saus apapun. Karena sebelum ikan dililitkan, ikan direndam dalam bumbu rempah yang pedas. Bumbu inilah yang menjadikan Sate Tanjung menjadi primadona bagi wisatawan. Bagaimana, Anda sudah cukup penasaran? Anda wajib mencobanya.

  1. Plecing Kangkung Opak-Opak

Makanan khas Lombok Utara yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Plecing Kangkung Opak-Opak. Sudah jelas dari namanya bahwa makanan ini terkomposisi dari sayuran Kangkung. Plecing Kangkung disajikan dengan parutan kelapa dengan tekstur yang lembut dan ditambahkan sambal pedas diatasnya. Plecing Kangkung nampaknya sudah familiar di telinga Anda. Namun ada yang berbeda, yakni cara penyajiannya yang menggunakan Opak-Opak. Opak-Opak adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari ubi batang. Untuk mendapatkan cita rasa yang luar biasa, biasanya Plecing Kangkung yang telah dimasak diletakkan di tengah-tengah Opak-Opak dan disajikan. Sambal pedas dan kerupuk yang garing, tentunya akan semakin lengkap dengan sepiring nasi hangat. Sudah cukup membuat Anda semakin kelaparan ditengah wisata Anda?

  1. Ares

Makanan ini terbuat dari pelepah pisang atau gedebong pisang yang kemudian diberikan santan. Hampir sama dengan Sate Tanjung, makanan ini awalnya hanya dikonsumsi oleh Suku Sasak pada saat acara pernikahan. Namun untuk saat ini, Anda dapat mencobanya di beberapa restoran yang terdapat di Lombok. Makanan ini akan sangat nikmat, ketika Anda menyatapnya dengan nasi putih hangat dan disaat kelelahan berwisata. Makanan ini akan memuaskan rasa lelah dan rasa lapar Anda dan Anda akan siap untuk berwisata kembali.

  1. Ayam Taliwang
taliwang khas lombok
taliwang khas lombok

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan makanan ini. Walaupun tidak secara spesifik dijelaskan bahwa makanan ini berasal dari Lombok Utara. Namun makanan ini dapat Anda temukan disetiap daerah di Lombok. Dan telah menjadi makanan khas Lombok Utara ataupun daerah-daerah Lombok lainnya. Makanan ini dibuat dari daging ayam yang digoreng atau dibakar, yang kemudian diberikan bumbu pedas. Untuk Anda pencinta pedas, tentunya jangan sampai melewatkan makanan ini.

Beragam makanan yang dapat Anda temui di Lombok. Namun jika Anda belum mencoba ke empat makanan khas Lombok Utara ini, sepertinya Anda kehilangan sesuatu. Untuk Anda yang telah kehilangan kesempatan mencoba makanan-makanan ini. Anda wajib untuk menyusun kembali jadwal liburan Anda dan jangan lupakan untuk mencoba makanan ini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa makanan khas Lombok Utara yang wajib dan perlu untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi ataupun referensi Anda untuk menikmati wisata di Lombok. Selamat berlibur dan selamat menikmati wisata kuliner yang ada di Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *