Mengenal dan Melihat Kehidupan Suku Sasak Di Desa Sade

Bila anda suatu saat berlibur ke Pulau Lombok, sempatkanlah mampir sejenak di Desa Sade yang berada di Lombok Tengah.  Desa wisata ini menawarkan pengalaman unik kepada wisatawan dengan melihat dari dekat kehidupan sehari – hari suku Sasak, suku asli yang mendiami Pulau Lombok.  Lokasinya juga tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL).  Anda hanya membutuhkan waktu 20-30 menit saja untuk mencapai Desa Sade dan merasakan denyut nadi suku Sasak di desa ini.

Desa Sade memiliki luas lebih kurang 6 Hektar dan ditinggali oleh 152 kepala keluarga.  Hanya ada 152 rumah disana dan pemerintah daerah setempat bersama – sama dengan pemangku adat desa memang mempertahankan keaslian adat istiadat lokal di desa ini. Desa tradisional yang bersih dan tertata rapi.  Begitulah kesan pertama saat memasuki desa ini.  Untuk mengelilingi desa ini dapat ditemani seorang pemandu yang merupakan pemuda desa setempat.

Yuk Kunjungi Segera Keindahannya Sekarang

Desa Sade
Desa Sade

Untaian kain berjajar rapi dan aneka cendramata khas Lombok ditawarkan hampir di setiap rumah yang ada di desa ini.  Anda dapat memilih aksesoris setempat seperti kalung, gelang ataupun wadah perhiasan sebagai oleh – oleh dari Lombok. Beberapa motif yang sering menghiasi aksesoris tersebut biasanya berupa cicak, simbol keberuntungan menurut masyarakat setempat.

Selain kain tenun ikat yang dikerjakan secara tradisional, benang untuk menenun pun biasanya dipersiapkan sendiri oleh suku Sasak dengan cara dipintal.  Setelah selesai dipintal,benang pun ditenun sehingga menjadi kain tenun ikat dengan berbagai motif dan corak.

Setelah puas melihat proses pembuatan kain tenun ikat dan proses pemintalan benang yang dikerjakan oleh warga setempat, anda pun melanjutkan berkeliling desa wisata ini.  Rumah suku Sasak ini seluruhnya terbuat dari bahan – bahan alami.  Dindingnya dari anyaman bambu dan atapnya dari rumbia.  Sementara lantainya juga hanya beralaskan tanah.  Satu lagi keunikan rumah suku Sasak ini adalah lantai rumahnya dilumuri oleh kotoran kerbau sehingga lebih liat.  Tetapi yang uniknya tidak mencium bau atau aroma kotoran kerbau selama berada di dalam rumah.

Demikianlah hal yang unik mengenai Desa Sade Lombok, penasaran dengan cara pembeuatan kain tenunnya??? Ayo maksimalkan liburan anda di Lombok dengan mengunjungi wisata Desa Sade Sasak bersama wisata Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *