Menjelajahi Sejarah Taman Narmada Lombok Yang Menarik

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Taman Narmada Lombok. Berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Tengah, taman ini menyuguhkan panorama yang indah, dengan suasana yang damai dan tentram. Banyak hal yang Anda dapatkan bila berkunjung ke tempat ini, salah satunya adalah pengetahuan, mengenai kejaan Kerajaan Karangasem, dan sejarah terbentuknya Taman ini. Berikut adalah beberapa informasi yang patut Anda ketahui, sebelum berkunjung ke taman ini.

Aksesibilitas ke Taman Narmada Lombok

Taman Narmada LombokTaman ini berjarak sekitar 10 km dari Kota Mataram, agar perjalanan Anda lebih tenang, aman, dan nyaman. Anda dapat menggunakan jasa Wisata Lombok untuk mendapatkan penawaran terbaik. Taman ini dibuka mulai pukul 7 pagi samapai 18.00 WITA dan buka setiap hari.

Sejarah dan Fungsi Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem, yang pada saat itu adalah raja dari Kerajaan Karangasem. Tempat ini dibangun atas dasar keinginan sang raja untuk memiliki replika Gunung Rinjani, yang biasa digunakan sebagai tempat upacara, yaitu ritual pengorbanan, yang diadakan setiap purnama kelima Tahun Saka (Oktober-November), karena beliau sudah tua dan tidak kuat lagi mendaki Gunung Rinjani. Selain berfungsi sebagai tempat pemujaan, salah satu taman di lombok ini juga dijadikan tempat peristirahatan dan pemandian bagi para raja-raja.

Fasilitas di Taman Narmada

Taman Narmada LombokPengunjung yang datang ke Taman Narmada, langsung terpana oleh kolam yang berada di tengah Taman. Air kolam ini berasal dari mata air Gunung Rinjani. Airnya bersih, jernih, dan mengandung banyak mineral. Inilah kolam tempat pemandian para raja zaman kerajaan dulu. Masyarakat setempat percaya, bahwa siapapun yang membasuh muka dan meminum air kolam itu menjadi awet muda.

Selain itu, terdapat pula Pura Klasan yang sering dijadikan tempat pemujaan bagi penduduk setempat. Anda boleh memasuki Pura tersebut, untuk sekedar mengabadikan momen, namun tidak untuk yang sedang haid. Hal ini menjadi peraturan yang wajid dipatuhi.

Terdapat juga permainan outbond yang disediakan seperti flying fox. Jika Anda lapar, Anda dapat membeli makanan tradisional Lombok, yaitu sate bulayak, bulayak artinya lontong dan satenya adalah daging sapi. Sebelum pulang sempatkan membeli oleh-oleh khas Lombok di Balai Petirtaan, tempat bertemunya tiga sumber mata air. Dijamin wisata Anda ke Taman Narmada Lombok akan sangat berkesan dan tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *