Nikmati Kuliner Lombok Yang Bikin Ketagihan

Menikmati makanan adalah persoalan yang sangat tidak membosankan. Pastinya semua orang sangat menyukai makanan khas apalagi jika anda mencoba Kuliner Pulau lombok dengan citarasa yang sangat berbeda dan bikin anda ketagihan. Ada banyak macam makanan khas Lombok yang nantinya bisa anda temui tidak hanya di pinggiran jalan tapi juga di setiap tempat wisata yang anda kunjungi di Lombok. Sebagian besar makanan khas Lombok ini memiliki rasa pedas yang berbeda dan lebih gurih, karena itulah yang menjadikannya berbeda dengan makanan khas lainnya di Indonesia.

Kuliner khas Lombok dari Sayuran

Tidak hanya daging, tapi kuliner dari Lombok ini juga terbuat dari sayuran. Misalnya adalah plecing kangkung yang biasa disajikan bersama ayam taliwang. Plecing kangkung ini hanya sayur kangkung yang direbus dan diatasnya disiram dengan sambal yang khas. Adapun lainnya adalah sayur berkuah yaitu ares yang terbuat dari pohon pisang muda dan memiliki rasa yang sangat unik di lidah.

Makanan lainnya adalah beberuk terong yaitu makanan yang dimasak dengan sayur terong yang disiram dengan sambal tomat yang pedas. Selanjutnya adalah makanan Kelaq Sebie yang merupakan sayuran dari bahan dasar cabe rawit hijau dicampur dengan bawang merah, bawang putih, terasi, santan kental dan juga garam yang disiramkan pada terong dan kacang panjang

Kuliner Lombok terbuat dari bahan dasar daging

Ada banyak makanan khas Lombok yang diolah dengan menggunakan bahan dasar daging. Diantaranya adalah:
1. Ayam Taliwang

Inilah kuliner paling utama dari Lombok yang pastinya sudah tidak asing lagi. Ayam taliwang ini adalah makanan yang mirip seperti ayam bakar tapi memiliki rasa pedas dan bumbu yang berbeda dengan ayam bakar lainnya. karena itulah ayam taliwang ini banyak diminati dengan rempah yang sangat khas.
2. Sate Bulayak

Wisata Kuliner khas Lombok
Wisata Kuliner khas Lombok

Sate in iterbuat dari bahan dasar daging sapi yang disiram dengan sambal kacang khas Lombok. Adapun bumbunya adalah bahan dasar kacang, santan dan rempah khas.
3. Sate Tanjung
Merupakan jenis sate yaitu terbuat dari ikan laut berupa ikan cakalang atau ikan langoan yan dibakar lalu disajikan di atas opak singkong.
4. Sate Rembiga
Sate ini dibuat dari bahan dasar daging sapi yang sangat empuk dan tak berbau karena telah direndah terlebih dahulu selama 3 jam di dalam bumbu rempah bawang putih, gula dan cabe rawit.

Kuliner Khas Lombok berupa Olahan Nasi

Makanan kuliner lombok memang sangat beragam, adapun lainnya adalah olahan nasi yang bisa anda temui di beberapa kawasan wisata sebagai makanan bungkus yang sangat lezat. olahan nasi ini diantaranya adalah nasi puyung yang merupakan nasi putih disajikan bersama dengan daging dan juga dengan kentang goreng kremes, kacang kedelai goreng dan juga sambal khusus.

Selain itu, terdapat pula Nasi Sukaraja yang merupakan nasi campur. Didalamnya terdapat banyak lauk yang bisa dipilih seperti sayuran dengan bumbu khusus dan santan kental. Yang khas dari nasi ini adalah karena dibuat secara tradisional diatas tungku tanah dan kayu bakar.

Dengan berbagai makanan kuliner khas Lombok yang sangat lezat tersebut tentu bisa menemani acara berlibur anda jadi lebih seru dan sangat menyenangkan, sehingga anda tidak akan bosan berada di Lombok tapi justru akan ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *