Mengenal Objek Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Lombok dikenal karena keindahannya berupa hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Kekayaan biota laut Lombok juga menjadi primadona bagi wisatawan. Diantara banyaknya pantai yang terhampar di Pulau Lombok, Objek Wisata Pantai Pink Lombok menjadi salah satu yang terkenal karena keunikannya.

Cerita di balik Nama Objek Wisata Pantai Pink Lombok

wisata pantai pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Sebenarnya nama asli dari pantai ini yaitu Pantai Tangsi. Pantai ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dan dikelilingi oleh perbukitan hijau di sekitarnya. Di sekitar pantai ini juga banyak terdapat gili atau pulau kecil yang cantik. Pantai Tangsi lebih dikenal sebagai Pantai Pink karena karakteristik pasir pantainya yang unik. Pasir pantai ini terlihat berwarna kemerah-merahan ketika terkena air dan diterpa sinar matahari karena ada banyak serpihan karang merah yang tercampur dengan pasir pantai.

Warna pasir yang kemerahan ini akan semakin jelas terlihat dari atas perbukitan di sekitarnya. Warna pink di pasir pantai ini terlihat berbeda pada pagi, siang dan sore hari. Hal ini terkait dengan pancaran sinar matahari yang memantulkan warna merah dari serpihan karang yang bercampur dengan pasir. Semakin sore warna kemerahan pada pasir Pantai Pink akan terlihat semakin jelas.

Akses Menuju Objek Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Lokasi Pantai Pink yang berada di daerah Lombok Timur ini bisa dicapai dengan perjalanan kurang lebih 2,5 jam dari Kota Mataram. Anda juga bisa mencapai lokasi ini langsung dari Bandara Internasional Lombok dengan perjalanan yang lebih singkat yaitu sekitar 1,5 jam. Jalan menuju Pantai Pink masih belum terlalu bagus sehingga membutuhkan perjuangan lebih.

Rute menuju Pantai Pink ini melewati kawasan hutan lindung sehingga Anda akan merasakan udara yang sejuk dan segar selama perjalanan. Lokasi menuju pantai ini ditandai dengan penunjuk arah yang ada di tepi jalan utama. Penunjuk ini akan mengarahkan Anda untuk turun dari jalan utama menuju jalan tanah untuk mencapai lokasi Pantai. Semua perjalanan melelahkan melewati rute dengan jalan yang tidak mulus ini akan terbayarkan begitu Anda menginjakkan kaki di Pantai Pink. Panorama alam yang indah akan membayar lunas semua penat di perjalanan tadi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Lokasi Wisata Pantai Pink Lombok

Ada banyak pilihan kegitan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di objek wisata ini, diantaranya:

  1. Snorkeling

Seperti pantai lainnya di Pulau Lombok, Pantai Pink juga memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Terumbu karang aneka warna serta berbagai hewan laut lainnya bisa dilihat pada kedalaman laut yang dangkal. Pesona bawah laut ini bisa dinikmati melalui kegiatan snorkeling. Anda bisa membawa peralatan snorkeling dari rumah ataupun meminjam di persewaan. Di sekitar kawasan pantai ini terdapat persewaan peralatan snorkeling yang menyediakan keperluan Anda.

  1. Menjelajah Goa Peninggalan Jepang

Yang unik di Pantai Pink ini adalah adanya goa sisa peninggalan zaman dahulu. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 50 meter dan aman untuk dimasuki pengunjung. Sebelum memasuki goa ini jangan lupa membawa senter atau alat penerangan lainnya karena kondisi goa yang gelap.

  1. Berkeliling Pulau dengan Perahu

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa di sekitar pantai ini terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik. Anda bisa berkeliling menjelajahi gili-gili tersebut dengan menyewa perahu nelayan. Ada banyak nelayan yang menawarkan jasa untuk mengangkut pengunjung dengan kapasitas per perahunya sekitar 10 orang.

  1. Menikmati pemandangan dari berugak di atas bukit

Di atas perbukitan yang mengililingi pantai ini terdapat hamparan padang hijau. Anda bisa menikmati pemandangan padang hijau dan birunya laut dengan pasir pink ini dari atas berugak-berugak yang disediakan, sungguh suasana yang jarang bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Berlibur ke wisata Pantai Pink Lombokini pasti akan memberikan pengalaman tersendiri. Pemandangan unik dengan pantai kemerahan ini tidak bisa dengan mudah ditemukan di daerah lain. Jangan lupa mempersiapkan segala perbekalan yang dibutuhkan untuk menjamin kenyamanan liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *