Objek Wisata Taman Narmada, Pesona Wisata Lombok

Pulau Lombok memang sebuah pulau yang amat mempesona. Banyak hal menarik dari wisata Lombok yang dapat membuat para wisatawan tentu akan terpesona dibuatnya. Selain menarik dari segi objek wisata alamnya, salah satu objek wisata dari pulau Lombok yang juga sangat menarik adalah objek wisata Taman Narmada.

Taman Narmada
Taman Narmada

Objek Wisata Taman Narmada, Pesona Wisata Lombok ini memang lekat kaitannya dengan kisah zaman – zaman kerajaan pada zaman dahulu. Pembangunan objek wisata Taman Narmada ini juga tak lepas dari kisah para raja zaman dahulu. Dan salah satu raja yang membangun Taman Narmada yang konon katanya taman ini merupakan sebuah tempat ritual dan tempat pemandian para raja ini adalah Raja Anak Agung Gede Ngurah Karangasem. Taman Narmada yang dibangun oleh Raja Anak Agung Gede Ngurah Karangasem ini dibangun tepatnya tahun 1727 M. Namun memang tahun pembangunan ini sedikit ada perbedaan dari pendapat – pendapat lainnya yang ada mengatakan bahwa sebenarnya mulai pendirian Taman Narmada sebagai tempat ritual para raja ini adalah tahun 1805.

Konon menurut cerita penamaan Narmada pada taman yang dibangun ini adalah berasal dari nama sungai suci yang terdapat di India. Taman Narmada yang memiliki konsep indah ini merupakan konsep yang memadukan nuansa Gunung Rinjani di tengah pusat kota. Berdasarkan cerita Taman Narmada dibangun dengan konsep nuansa Gunung Rinjani di tengah pusat kota karena dahulu raja yang memiliki umur renta ini akan menjalani prosesi pekelan atau kurban di puncak Gunung Rinjani yang ketinggiannya sekitar 3.726 meter akan tetapi karena usia yang renta tidak sanggup untuk naik ke puncak gunung yang tinggi akhirnya sang raja memerintahkan kepada arsitek untuk membangun sebuah taman dengan nuansa Gunung Rinjani di tengah pusat kota kediamannya dan dibangunlah Taman Narmada yang indah ini.

Wisata Taman Narmada
Wisata Taman Narmada

Sampai saat ini Taman Narmada masih menjadi taman yang dianggap sakral di pulau Lombok dan kini telah menjadi sebuah objek wisata yang dibuka untuk dapat dikunjungi masyarakat luas dari daerah Lombok atau luar daerah bahkan luar negeri. Nah, bagi anda yang memang ingin berwisata alam namun tidak memiliki cukup banyak waktu tentu dapat menikmati nuansa pemandian sekaligus nuansa alam yang hampir menyerupai gunung di Taman Narmada sehingga tentu perjalanan wisata anda akan sangat menyenangkan. Di bagian bawah taman ini terdapat 3 buah kolam yang dialiri oleh mata air jernih dan membentuk seperti sebuah danau sehingga tentunya akan banyak nuansa alam yang mampu kita rasakan di Taman Narmada ini.

Itulah Objek Wisata Taman Narmada, Pesona Wisata Lombok yang dapat menjadi alternatif kunjungan kita ketika di Lombok. Semoga informasi kali ini menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *