Pantai Ampenan Lombok Yang Unik Dengan Sejarahnya!

Pantai Ampenan Lombok

Pulau Lombok memang menyuguhkan beragam Wisata yang indah, semakin hari pulau Lombok semakin ramai di kunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satu yang dapat Anda saksikan Bersama adalah terletak di ujung sebelah barat pulau Lombok Kota Mataram, yaitu Pantai Ampenan Lombok.

Pantai ampenan ini merupakan salah satu pantai yang paling ramai di kunjungi yang terletak di Kota Mataram. Pantai ini tak pernah sepi di kunjungi oleh para pengunjung terutama para anak muda berbondong-bondong mengunjungi pantai ini. untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak artikel di bawah ini.

Pantai ampenan Lombok ini memiliki sejarah yang unik, pantai ampenan ini dijuluki sebagai Kota Tua Ampenan. Kota tua ampenan ini terletak di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya pada zaman dahulu pantai ini dijadikan sebagai pelabuhan perdagangan dan pusat kegiatan ekonomi, dan banyak didiami oleh suku, agama, dan ras yang beragam.

Pantai Ampenan Lombok
Gambar ksmtour.com

Di kota tua ampenan ini terdapat sejarah dan peninggalan sejarah pada zaman dulu, akan tetapi keunikannya bukan hanya karena bangunan dan kota tua ini saja yang memiliki sejarah, masih ada banyak lagi kota yang membuat kota ini terlihat lebih unik. Kota tua ampenan ini juga dijuluki sebagai Kota Mati namun pada kenyataannya sekarang ini menjadi Wisata Lombok yang indah yang selalu ramai di kunjungi banyak orang.

Setiap bangunan disini masih dipertahankan dalam bentuk aslinya arsitekturnya, akan tetapi terdapat juga bangunan yang sudah di cat kembali dengan warna-warni yang beragam sehingga terlihat lebih cantic dan terlihat hidup. Sebagai dari bangunan yang lain juga masih mempertahan bangunan lama yang masih bersifat kuno. Jadi bagi kalian jangan khawatir jika ingin berfoto menggunakan latar vetro.

Bermacam Suku Dan Etnis

Di kecamatan ampenan ini terdapat masyarakat dari beragam suku, mulai dari suku sasak Lombok, bugis, jawa, arab, dll. Jadi jangan heran jika ada nama kampung disini sama dengan suku dan etnis, walaupun demikian selama bertahun-tahun lamanya para masyarakat tetap hidup rukun dan tentram selalu menghargai antara yang satu dengan yang lainnya.

Di sekitar kota tua ampenan ini terdapat banyak sekali masjid, namun terdapat juga beragam tempat ibadah lainnya seperti vihara. Namun para masyarakat tetap aman dan selalu saling menghargai satu sama lainnya. Pada saat hari raya imlek tiba maka Anda kan menemukan beberapa lampion yang sudah di gantung dan dijadikan sebagai hiasan, hiasan-hiasan ini juga tergantung dari acara umat beragama lainnya.

Bangunan yang ada di kota tua ini juga sangat beragam dan bangunan ini juga di manfaatkan sebagai tempat berdagang dan ada juga yang di jadikan sebagai latar belakang foto, para pengunjung yang mengunjunginya juga kerap kali mengambil gambar di bangunan kuno ini. di dekat masjid pantai ampenan terdapat bangunan yang berbentuk seperti Dome, terdapat pameran lukisan yang terlihat sangat unik dan kren.  

Keindahan pantai Ampenan

Masyarakat yang mendengar pantai ampenan pertama kali pasti akan berpikir bahwa pantai ini sangat kotor karena sangat dekat dengan kota, tetapi jangan salah, pantai ampenan ini sangat bersih dan masih sangat rapi.

Sekarang ini pantai ampenan dijadikan sebagai tempat favorit oleh para pengunjung, di pantai ampenan ini sudah tersedia sangat lengkap berbagai fasilitas, mulai dari musholla, toilet, parkiran yang snagat luas, dan beragam makanan kuliner khas Lombok.

Di pantai ini Anda bisa menikmati sunset yang sangat indah, banyak sekali para pengunjung yang berbondong-bondong mengunjungi pantai ini hanya untuk menikmati keindahan matahari terbenam dan pantai ampenan juga sering dijadikan tempat Nongkrong oleh para pengunjung mulai dari anak kecil sampai dewasa, para pengunjung pun berbondong-bondong bersama pasangannya mengunjungi pantai ini. 

Terdapat juga banyak anak-anak yang sedang melakukan beragam kegiatan seperti bermain pasir, bermain mobil-mobilan, main bola, dan masih banyak lagi kegiatan yang sangat menarik yang bisa Anda lakukan.

Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah lapangan dan panggung yang sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pertunjukan di daerah tersebut. Para anak-anak disuguhkan beragam mainan mulai dari yang gratis dan di sewakan.

Pada saat malam hari beragam hal unik yang bisa Anda lakukan, yang tentunya tidak akan pernah Anda temukan di tempat lain. Mungkin di pantai-pantai lain Anda akan menemukan suasana yang sangat ramai pada siang hari, akan tetapi sebaliknya, di pantai ampenan ini lebih ramai di kunjungi pada saat sore hari dan malam hari.

Di pantai ampenan ini Anda akan menemukan beragam jenis makanan seafood yang bisa membuat perut Anda terasa kenyang, selain itu juga terdapat beragam jenis kuliner lainnya, seperti ikan bakar, sate, pelecing, jagung bakar, dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Salah satu yang membuat pantai ini jauh dari kata kesepian adalah karena pada malam hari ataupun sore hari banyak sekali orang yang kumpul Bersama teman ataupun keluarganya.

Para pengunjung yang mengunjungi pantai ini merasa sangat betah dan nyaman berada di pantai ini. mereka benar-benar menikmati suasana yang asyik di pantai ini. yuukk segera kunjungi pantai ampenan Lombok kota mataram. Dan nikmati beberapa hal unik yang tentunya menyenangkan.

Share:

Artikel Terbaru