Indahnya Pantai Kuta Lombok Tengah yang Unik

Berbicara tentang Pantai Kuta selalu membuat kita otomatis berpikir tentang Bali. Pantai Kuta memang salah satu pantai paling ramai kunjungan turis di Bali. Tapi kali ini kita tidak akan membahasnya. Pantai Kuta yang akan dibahas adalah Pantai Kuta Lombok Tengah. Ini dia ulasannya untuk Anda.

Pantai Kuta Lombok Tengah yang Sangat Menawan dan Unik

pantai kuta Lombok tengah
pantai kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok Tengah memiliki keindahan yang tak kalah tanding dari pantai pantai lajn yang ada di Lombok maupun Bali. Kita perlu menempuh perjalanan darat selama 90 menit dari Kota Maram. Jaraknya kurang lebih 70 kilometer ke arah tenggara.

Pantai Kuta Lombok Tengah baru berkembang pesat sebagai lokasi wisata Lombok dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut terjadi setelah maraknya pembangunan hotel dan dan fasilitas wisata lainnya di Lombok Tengah. Meskipun pembangunan cukup pesat terjadi di sekitarnya, keasrian pantai ini masih tetap terjaga dengan baik.

Keindahan Pantai Kuta Lombok Tengah dilengkapi oleh adanya Bukit Mandalika. Bukitnya masih tampak hijau ditumbuhi lebat pepohonan. Sementara kegiatan yang dilakukan di pantainya antara lain adalah renang. Adapula fasiitas seperti jetski dan banana boat bagi mereka yang senang akan olahraga air.

Objek Wisata Lain di Sekitar Pantai Kuta Lombok Tengah

  • Desa Sade.
Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Dalam perjalanan menuju Pantai Kuta Lombok Tengah anda akan melewati sebuah desa bernama Sade. Desa tersebut adalah wilayah tinggal suku asli Lombok, yakni Suku Sasak. Ketika melintas, tak ada salahnya untuk mampir.

Desa Sade menyuguhkan kearifan hidup yang dimiliki oleh Suku Sasak. Desa tersebut juga merupakan salah satu sentra penghasil kain tenun khas Lombok. Pembuatan kain masih dilakukan secara manual oleh para perempuan Suku Sasak. Anda dapat sekedar menyaksikan, mencoba membuat atau bahkan membeli kainnya sebagai oleh oleh.

  • Pantai Tanjung Aan.
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Tak jauh dari Pantai Kuta, kurang lebih sekitar 3 kilometer, terdapat pantai yang tak kalah cantiknya. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Aan, sebuah pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Garis pantainya sendiri kurang lebih sepanjang 2 kilometer.

Tanjung Aan adalah pantai yang cocok bagi para penggemar snorkeling. Alam bawah lautnya menyuguhkan pemandangan yang apik. Hembusan angin dan ombaknya juga cenderung tenang. Tak perlu khawatir jika tak membawa peralatan snorkeling karena di sana banyak jasa penyewaan yang bisa anda manfaatkan.

Puncak kunjungan wisatawan di Pantai Tanjung Aan adalah sekitar bulan Februari. Hal tersebut dikarenakan pada Bulan Februari rutin diadakan ritual Bau Nyale. Pada ritual tersebut masyarakat Lombok akan tumpah ruah ke pantai untuk berburu nyale atau cacing laut. Masyarakat percaya bahwa cacing cacing tersebut adalah jelmaan seorang putri yang dahulu kala memutuskan bunuh diri dengan cara menceburkan diri ke laut.

  • Masjid Bayan Beleq.
Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq

Bergerak ke arah utara Pulau Lombok, terdapat sebuah masjid yang tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Masjid ini juga menjadi situs sejarah yang bahkan diabadikan dalam lambang Kabupaten Lombok. Masjid tersebut dikenal dengan nama Bayan Beleq.

Masjid Bayan Beleq didirikan pada abad ke 17 dan merupakan masjid pertama di Pulau Lombok. Masjid ini diyakini sebagai salah satu pusat persebaran Islam di Lombok pada masa lampau. Beleq sendiri dalam bahasa setempat berarti makam. Kata tersebut disematkan karena di dalam masjid ini memang terdapat sebuah makam, yakni makam Gaus Abdul Razak yang gencar menyebarkan islam semasa hidupnya.

Bangunan masjid Bayan Beleq tak ubahnya rumah rumah tradisional Lombok. Ukurannya juga tak terlalu besar, hanya 9×9 meter persegi. Lantai masjid masih berupa tanah yang dilapisi tikar buluh. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, sementara atapnya ditopang oleh bilah bilah bambu. Kini masjid Bayan Beleq tak lagi digunakan untuk kegiatan ibadah sehari hari. Masjid hanya dibuka untuk perayaan hari besar agama islam.

Selain Pantai Kuta Lombok tengah dan tiga tempat di atas tentunya masih banyak destinasi wisata Lombok yang sayang untuk dilewatkan. Mengunjungi Lombok yang kaya akan wisata alam dan sejarah memang tak cukup hanya 1 atau 2 hari saja. Namun jika waktu anda singkat, pastikan untuk memasukkan 4 destinasi di atas dalam daftar tempat yang akan Anda datangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *