Pantai Tebing Lombok Yang Unik Karena Letusan Gunung Tua

pantai tebing lombok

Pulau Lombok memang memiliki banyak pantai yang indah dengan segala keunikan tersendiri, salah satunya adalah pantai tebing Lombok. Akhir-akhir ini banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi pantai tebing Lombok ini. anda bisa mengunjungi pantai tebing ini sebagai tujuan liburan anda.

Keindahan alam pulau lombok memang tidak bisa anda pungkiri lagi, wisata Lombok sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Ini dia keindahan dan keunikan yang disuguhkan oleh pantai tebing lombok.

pantai tebing lombok
Pantai Tebing Lombok

Sejarah singkat mengenai pantai tebing lombok. Sebenarnya tebing indah ini berasal dari hasil letusan dahsyat gunung rinjani tua atau samalas pada tahun 1257. Hal ini tertulis dalam sebuah artikel hasil penelitian 15 peneliti yang meneliti gunung api dunia yaitu ketua tim Franck Lavigne yang berasal dari universitas paris, australia, dan prancis.

Letusan gunung rinjani tua ini dinilai terbesar pada periode 7.000 tahun terkahir, dan muntahan gunung ini materialnya mencapai 40 km kubik, sedangkan tebing yang ada di pantai tebing ini disebut sebagai salah satu letusan gunung tua samalas di lombok utara.

Pantai tebing lombok ini terletak di Dusun Luk, Desa sambi bangkol, Kec gangga, Kab Lombok Utara NTB. tepatmya terletak di jalan utama yang menghubungkan antara Desa bayan dan Kota Mataram. Jarak kota mataram menuju kecamatan gangga ini sekitar 57Km, sehingga anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Dari jalan raya menuju anda akan menemukan jalan tanah sepanjang 200 meter sebagai pintu masuk. Sebelum anda sampai di pantai anda akan harus memparkir kendaraan anda di tempat parkir yang sudah disediakan. Pantai tebing ini memiliki keunikan tersendiri yang bisa menarik minat para wisatawan supaya berkunjung ke pantai tebing ini. inilah beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi pantai tebing ini.

“ menjelajahi Pantai “ hal yang wajib anda lakukan ketika mengunjungi pantai tebing ini adalah menjelajahi pantai. Anda bisa menjelajahi pantai ini dengan berjalan kaki, anda b isa menikmati indahnya pasir pantai yang ada di pantai tebing ini, pasir di pantai tebing ini berwarna hitam namun memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut.

Bahkan anda bisa berjalan di atas pasir ini tanpa menggunakan alas kaki, dan jangan lupa untuk mendekati tebing yang terletak di pinggir pantai ini. kebanyakan para wisatawan yang mengunjungi pantai tebing ini mengambil beberapa gambar di depannya, jadi jika anda berkunjung ke pantai tebing ini jangan lupa untuk mengambil moment indah ini.

“ Berenang “ air pantai di pantai ini sangat terkenal bersih dan jernih, dan menyuguhkan pemandangan laut yang begitu mempesona, di pantai ini juga terdapat terumbu karang dengan beragam jenis serta ikan-ikan kecil yang siap menyambut kedatangan anda ketika berenang, seolah-olah ikan kecil ini menghampiri anda ketika berenang.

Air lutpun sangat tenang dan cukup dangkal, dan sangat cocok bagi anda yang ingin berenang. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan air laut ini.

“ Memancing “  pantai tebing lombok juga sangat populer sebagai tempat untuk memancing, di pantai ini anda kan menemukan banyak nelayan yang sedang memburu ikan. Bagi anda para wisatawan yang ingin memancing di pantai tebing ini anda diwajibkan membawa peralatan untuk memancing karena terdapat bebrapa spot bagus yang bisa anda jadikan tempat memancing.

Jangan khawatir karena penduduk setempat juga akan menunjukkan beberapa spot indah ini karena para penduduk sangat bersahabat dengan para wisatawan yang mengunjungi pantai tebing ini.

“ Berpoto “  banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi pantai ini hanya untuk berfoto bersama keluarga ataupun sahabat dan pasangannya, karena di pantai tebing ini terdapat spot foto yang sangat bagus yang cocok dijadikan view atau latar belakang mengambil gambar indah.

Share:

Artikel Terbaru